Test Ride Honda Scoopy Retro Modern

7 Juni 2010. Artikel ini melanjutkan tentang Honda Scoopy dengan tajuk “Soopy Safety Ride Experience With Bloggers” dimana 15 orang blogger Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (KoBOI) meramaikan acara Honda Scoopy di Parkir Selatan Senayan, Jakarta (Sabtu 5 Juni 2010). Saat itu blogger KoBOI mendapat kesempatan test-ride motor Honda Scoopy.

Pada acara tersebut ATPM Honda di Indonesia melalui PT Astra Honda Motor (AHM) bekerja sama dengan main-dealer PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menggelar ajang gathering bersama blogger KoBOI sekaligus melakukan test-ride motor baru Honda Scoopy di lintasan trek balap test-ride atau mini sirkuit Senayan yang khusus didesain hanya untuk motor Honda Scoopy. Sungguh, trek yang disediakan sangat kecil dan pendek, yang  dibutuhkan adalah skill bawa motor skutik khususnya kelincahan menikung.

Sebagai catatan, motor Honda Scoopy adalah motor skutik dengan mesin 110cc milik Honda Beat. Jadi, performa mesin ini sama dengan motor skutik Honda Beat. Yang membedakan hanya dari segi desain dan model dengan mengusung konsep model retro-modern.

Motor ini bukan motor jadul (jaman dulu) ataupun bukan motor klasik, tapi modelnya saja yang mirip-mirip motor jadul atau motor klasik, tapi bernuansa modern. Silahkan diamati foto Honda Scoopy ini dengan brand Honda Scoopy Uniquely & Happy.

Helm Retro Modern & Paket Asesories

Kita ketahui bahwa saat membeli motor, saat ini konsumen akan mendapatkan helm secara gratis. Nah, untuk pembelian motor Honda Scoopyy pabrikan PT AHM menyediakan helm khusus, unik benuansa retro-modern. Hanya saja, sayang sekali SL.com tak melihat helm ini diacara gathering kemarin. Mudah-mudah foto helm retro-modern bisa ditampilkan di hlaman blog ini. Sudg tentu dengan SNI.

PT AHM sudah mempersiapkan paket aksesories untuk konsumen Honda Scoopy. Kabar baiknya, AHM memberikan apresiasi terhadap seribu pembeli pertama Honda Scoopy berupa sertifikat dan paket aksesories gratis senilai Rp.330 ribu. Paket aksesories ini terdiri dari ring silver pelapis speedometer, mini visor, headlight kit garnish, dan tail light garnish yang bernuansa krom.

Dengan aksesories tersebut, dijamin tampilan motor Honda Scoopy makin keren, tampil beda, dan yang pasti motor tambah unik mengikuti selera anak muda retro-modern. Kabarnya AHM sedang berupaya mendesain beberapa perlengkapan aksesories lainnya seperti jok dan windshield yang bisa dibeli secara optional (pilihan), dan tentunya dengan menambah sejumlah biaya.

Desain & Warna Pilihan

Honda Scoopy yang sempat bikin kaget di kalangan industri sepeda motor di Indonesia, serta menjadi bahan pertanyaan di kalangan media dan blogger ini, semula ditujukan untuk segmen pasar kawula muda yang suka dengan gaya retro-modern. Namun, sebuah kejutan dari daftar pemesan, rupanya motor ini dipesan pula oleh semua kalangan, secara usia sepertinya tidak ada batas. Tua dan muda, laki dan perempuan boleh saja membawa motor ini.

“Semua orang pasti ingin tampil muda! Apalagi bagi mereka yang sudah merasa tua sah-sah saja menjadi gaul seperti anak muda lagi. Kapan lagi bisa gaul seperti anak muda? Cuma pas main dimotor dan inilah motor skutik yang tepat untuk dimiliki. Honda Scoopy ini bisa dipakai oleh siapa saja,” demikian ujar sales di counter Honda Scoopy sambil menunjukkan daftar cicilan pembelian dengan cara leasing.

Secara desain tampaknya motor ini bakal menjadi trendsetter bagi industri modifikasi yang doyan merubah, mendesain ulang, atau juga mengecat ulang dengan gaya dan kebutuhan konsumen. Desain membulat ini memang cukup unik, yaitu mulai dari bodyline, desain lampu depan, lampu sein, kaca spion, dan lampu multireflektor.

Tersedia tiga warna unik bodi Honda Scoopy yang ditelurkan oleh AHM yang bakal  mendukung citra dan gaya hidup seseorang khususnya bagi mereka yang bakal punya motor ini, yaitu Classic White (tampil mewah bergaya klasik), Retro Pink (tampil ceria bergaya retro, dan Vintage Violet (tampil ekslusif bergaya vintage). Wah.. keren juga nih warna motor ini. Warna klasik modern.

Untuk fitur-fitur dari Honda Scoopy, dan sebenarnya hal inipun sudah menjadi perlengkapan standard bagi kebanyakan motor Honda, antara lain disediakan kunci pengaman bermagnet otomatis (auto secure keys shutters), tuas pengunci rem (brake lock), dan standard samping otomatis (side stand switch), dan ada juga choke otomatis.

Review Test Ride

Secara umum motor Honda Scoopy memang enak dikendarai. Bagi SL.com yang memiliki tinggi badan 176 dan berat badan 76 kg ini, tidak merasakan ada masalah yang cukup berarti. Motor ini ringan.

Jika motor ini ingin dipakai untuk keperluan harian dengan melihat tingkat kemacetan Jakarta yang semakin parah, maka motor Honda Scoopy ini masuk dalam kategori well recommended.

Mengapa? Motor ini sebenarnya lincah khususnya disaat berbelok atau menikung patah. Sangat cocok buat selap-selip di jalanan macet. Hari gini koq masih ada juga yang doyan dengan jalanan muacet! Naik motor aja deh. Maap nih.. kompor mulai panas.

Beberapa teman blogger KoBOI mengalami kesulitan menikung tajam karena stang kemudi motor Honda Scoopy disaat dibelokkan banyak yang menyentuh lutut kaki pengemudinya. Tapi bagi SL.com punya cara sendiri, yaitu disaat mau berbelok, atau menikung secara patah dan gimana caranya untuk menghindari sentuhan antara stang kemudi dengan bagian lutut kaki, maka lutut kaki segera dilebarkan atau dibuka (seperlunya).

Sebenarnya ada pengaruh positif saat melebarkan atau membuka lutut  kaki disaat menikung, yaitu untuk menjaga keseimbangan saaat menikung, serta membantu handling disaat berbelok.

Ibaratkan saja membawa motor ini dengan teknik knee down, tapi tidak perlu bungkuk atau juga tidak perlu lutut harus menyentuh jalan. Yang penting jaga keseimbangan dengan buka tutup bagian lutut kaki,  maka kelincahan selap-selip dijamin dapat dinikmati dengan Honda Scoopy.

Soal tarikan dengan jarak pendek, cukup bagus. Soal pengereman, untuk jarak jauh atau jarak pendek, maupun kondisi rem mendadak dan motor Honda Scoopy sangat mumpuni.

Selanjutnya lihat foto-foto SL.com dalam aksinya menjajal motor skutik Honda Scoopy dengan lincah. Honda Scoopy is uniquely and happy!

PHOTO GALLERY

Foto Model Cantik Honda Scoopy

[nggallery id=98]

14 thoughts on “Test Ride Honda Scoopy Retro Modern

  1. minjem fotonya bro… huehehe…

  2. Ulasanya lengkap,
    makasih banyak Bro untuk perkenalannya kemarin, saya sampai didampingi untuk dikenalkan dg temen2 blogger yang lain,
    nice 2 meet U 🙂

  3. nice picture bro…

  4. Sayang, warnanya kurang bervariasi. Cuma tiga warna saja.

  5. meet_hana says:

    nice report! warnanya lucu-lucu, apalagi yang violet. sayang ni tp, klo kaki kepentok stang. hehe

  6. rahul-kanna says:

    Cakep amat nih motor, gak perlu modif aja udah retro banget. Kalau desainnya oke begini, wajar aja kalau banyak yang pesan. Apalagi para penggemar retro, pasti jingkrak kegirangan 🙂

  7. powerpuffgirlz says:

    Yang badan kecil ada BeAT dan Scoopy, badan gede ada Vario dan vario Technoa plus skrg tampil lebih keren lagi dengan PCX…Emang Honda itu pilihan semua..Bravo!

  8. Scoopy memang matik yang menyenangkan, selain cantik dan Imut, Scoopy juga enak dikendarai, waktu Launching nyoba Scoopy, seneng banget.

  9. waw.. honda mengeluarkan motor retro….scoopy… pasti seru nie.. honda memang selalu lebih unggul….. always the best and be the best

  10. :2thumbup waw.. honda mengeluarkan motor retro….scoopy… pasti seru nie.. honda memang selalu lebih unggul….. always the best and be the best

  11. […] dengan tema: Riding Experiencen Honda New Mega Pro. Acara semacam ini sama dengan riding experience Honda Scoopy dan Honda PCX 125 yang melibatkan sejumlah blogger dimana acara ini sengaja tidak digabungkan […]

  12. […] jumlah peserta blogger yang ikut test ride lebih banyak  dari pada acara serupa, seperti test ride Honda Scoopy dan Honda PCX. Kenapa ya? Mungkin karena blogger datang dari kalangan bikers yang menunggang motor […]

  13. gan, tolong test ride and review dong matic VIAR VIOR yg blm lama dilaunching, tq bos.

  14. Wah scoopy generasi pertama nih

Leave a Reply