Visit Pabrik Motor TVS: Good Impression!

6 Juni 2010. Lagi, blogger “Komunitas Blogger Otomotif Indonesia (KoBOI)” mendapat kesempatan baik dari PT TVS Motor Company Indonesia. Perusahaan ini adalah bagian dari TVS Group, yang dikenal sebagai grup industri besar yang didirikan tahun 1911. Kesempatan baik tersebut adalah berkunjung kepabrik motor TVS di Karawang, Jawa Barat, hari Sabtu 5 Juni 2010.

Pada hari Sabtu tersebut pukul 07.30 WIB ada 15 orang blogger KoBOI yang suka menulis tentang industri otomotif Indonesia berkumpul di Starbuck Coffee TIS di Jl. M.T. Haryono. Tempat ini memang kerap dipakai member KoBOI sebagai meeting-point jika ada kunjungan ke pabrik-pabrik yang berada di luar DKI Jakarta. Paling tidak blogger dapat menikmati satu gelas kopi ditambah breakfast sandwich sebelum keberangkatan dengan bus yang disediakan oleh panitia.

Udara pagi cerah dan lalu-lintas tol lancar, mengantarkan blogger KoBOI dengan bus mewah Blue Bird tiba di tujuan pukul 09.15 yaitu dipabrik sepeda motor TVS. Alamat pabrik PT TVS Motor Company Indonesia (TVS MCI), di Kawasan Industri Suryacipta City A Surya Madya I Kay. 1-30, Desa Kutanegara, Cikampek, Karawang Timur 41361, Jawa Barat.

TVS Perusahaan Besar

Good impression! Itulah kesan pertama melihat dari kejauhan pabrik motor ini ditempat yang sangat luas dan sangat tenang. Secara lokasi, pabrik ini jauh dari keramaian namun memiliki prospek jangka panjang  untuk berkembang. Kabarnya perusahaan induk TVS yang berasal dari negara India, punya 30 anak perusahaan dan sudah berpenghasilan 4 miliar US Dolar dan memiliki 45,000 karyawan di seluruh dunia. Wouw.. ini jelas perusahaan besar!

40 hektar luas tanah Pabrik PT TVS Motor Company Indonesia di Karawang, Jawa Barat

Sebagai perusahaan besar berkaliber internasional, maka tak heran ketika kami rombongan blogger akan masuk di area pabrik, harus meluput semua peralatan handphone yang mana peralatan gadget tersebut harus ditinggal di pos sekuriti.  Walah.. selama berarti berada di dalam pabrik sama sekali tak bisa kontak-kontak dengan pihak luar. Sudah tentu ini adalah kebijaksanaan management perusahaan dengan alasan keamanan.

Lagian, pemeriksaan sekuriti pun sangat ketat, dimana semua tas semua anggota KoBOI yang ikut serta dibuka. Yang pasti untuk rokok dan korek api tidak boleh dibawa masuk. Terlihat area parkir mobil, motor berada di luar pagar pabrik. Sedangkan bus Blue Bird yang kami tumpangi harus parkir dipinggir jalan. Sungguh ketat pemeriksaan di pintu pabrik TVS ini dan butuh waktu 15 menit di sekitar pintu masuk!

Rombongan blogger berjalan kaki kedalam halaman pabrik, dan diterima disebuah ruangan yang berseberangan dengan proses produksi. Wellcome drink dan sambutan hangat dari staff  TVS MCI membuat rombongan blogger menjadi lebih rilex. Tak lama kemudian seluruh jajaran pimpinan TVS MCI memasuki ruangan dimana acara presentasi, serta tanya-jawab sudah bisa dimulai sekitar pukul 9.40 WIB.

Usia TVS Group 100 Tahun

Dalam pemaparan presentasi yang dipimpin langsung oleh BLP. Simha, Presiden Direktur PT TVS MCI memperjelas pandangan para blogger KoBOI tentang bagaimana dan seluk-beluk kehadiran TVS Group di Indonesia.  Pabrik ini adalah bagian kecil dari induk perusahaan TVS Group telah dipercaya oleh 30 juta pelanggan di seluruh dunia, dimana mereka punya penghasilan USD 915 juta. Mantap!

Sebagaimana sudah ditulis diatas, TVS didirikan tahun 1911, dan tahun 2011 ini akan memasuki perayaan ulang tahun yang ke-100. Selamat buat TVS Group semoga eksistensi-nya semakin diperhitungkan dan diterima secara luas oleh masyarakat dunia.

Selain ini fakta-fakta yang ada tentang TVS, bahwa group ini punya tiga pabrik besar berkaliber dunia dengan fasilitas modern di India, antara lain di Hosur seluas 70 ha, Mysore 110 ha, Himachal Pradesh 20 ha, dan yang terakhir dan yang terbesar adalah berada di Kawasan Industri Suryacipta City, Karawang, Jawa Barat, Indonesia dengan luas tanah 40 HA.

Blogger KoBOI di depan pabrik TVS Karawang, Jawa Barat (Sabtu 5/6/10)

Kabarnya, pabrik di Karawang ini merupakan pabrik yang pertama dan satu-satunya yang berada di luar negara India. Wah.. seharusnya masyarakat Indonesia harus bangga dengan keehadiran TVS di Tanah Air.

Dalam literatur atau referensi bacaan yang dibagikan kepada blogger, tercatat TVS Motor Company telah menerima penghargaan Deming Prize untuk Total Quality Management dari Union of Japanese Scientists & Engineers. Perusahaan ini juga telah menerima TPM Excellence Award dari Japan Institute of Plant Maintenance.

Divisi R&D Perusahaan ini yang terdiri dari lebih dari 400 ahli teknologi, merancang inovasi-inovasi revolusioner, antara lain VT-i (Variable Timing Intelligent) dan Economy-power mode, dan memegang lebih dari 80 paten. TVS Motor Company memproduksi berbagai sepeda motor dan skuter dan mengekspor produknya ke 40 negara, termasuk TVS Apache yang telah meraih penghargaan dan Scooty Pep+.

Selayang Pandang PT TVS Motor Company Indonesia

Bapak Simha mengenakan baju seragam biru TVS menjelaskan PT TVS Motor Company Indonesia (PT TVSMCI) yang merupakan pusat pabrik untuk kawasan di Asia Tenggara mewakili TVS Motor Company India. Simha memperkenalkan jajaran direksi, yang mana salah satunya adalah Dharmady Tuatja, Chief Operating Officer PT TVS MCI yang baru bergabung sejak 1 Mei 2010.

Menurut Simha, PT TVSMCI telah mendirikan fasilitas pabrik terintegrasi termasuk engine assembly, vehicle assembly, fasilitas testing dan pengecatan di atas tanah 40 ha di Kawasan Industri Suryacipta City di Karawang, Jawa Barat, dengan kapasitas terpasang untuk 300.000 sepeda motor.

Bahkan PT TVS MCI berencana untuk menambah fasilitas riset dan pengembangan lokal di kemudian hari. Yang pasti perusahaan ini akan selalu berkomitmen pada kualitas produksi berkelas intenasional dari fasilitas manufaktumya di Indonesia.

Blogger KoBOI mendengar prsentasi sekaligus tanya-jawab dengan jajaran direksi PT TVS MCI

Simha menambahkan bahwa perusahaan PT TVS Motor Company Indonesia telah melakukan investasi awal sebesar 50 juta US Dollar yang dilanjutkan dengan menambahkan sejumlah 40 juta US Dollar investasi tambahan dalam rangka memperluas jaringan di Indonesia, sehingga mampu memberikan pilihan produk dan layanan yang lebih luas kepada masyarakat Indonesia. Hampir 100 juta US dollar investasi TVS di Indonesia, dan ini sebuah angka investasi yang sangat besar untuk proses jangka-panjang.

Sumber data: http://edorusyanto.wordpress.com/

Pabrik PT TVS MCI di Karawang juga sebagai pusat produksi motor TVS Motor Company India untuk kawasan Asia Tenggara, saat ini sudah ekspor ke Filipina dan Iran. Perusahaan ini sudah bergabung di AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) sejak Maret 2010. Hal ini bukti perwujudan komitmen PT TVS MCI di industri motor Indonesia.

Dharmady diberikan kesempatan untuk menambahkan inforrmasi bagi blogger KoBOI yang sangat serius berada di dalam ruangan, bahwa menurut Dharmady produk TVS sudah memiliki 4 (empat) elemen penting, antara lain: Features, Model, Power dan Kualitas. Namun demikian, masalah netorking dengan bengkel dan penjualan di Indonesia masih perlu dikembangkan.

Yang pasti kehadiran Dharmady di perusahaan TVS ini akan membawa angin segar dan ini sebagai momentum yang tepat untuk melangkah maju dan membawa produk motor TVS di Indonesia semakin dikenal dan disukai oleh masyarakat luas.

Produk Baru: TVS Neo X3i

Usai pemaparan tentang perusahaan, maka acara selanjutnya adalah penjelasan tentang kehadiran produk baru dari TVS, yaitu sepeda motor kelas bebek TVS NEO x31 yang akan launching Senin, 7 Juni 2010 di Jakarta.

Penjelasan tentang produk sepeda motor baru ini dipaparkan langsung oleh Benny Widyatmoko, General Manager Marketing PT TVS MCI. Pada prinsipnya sepeda motor ini merupakan pengembangan dari produk sebelumnya TVS Neo 110 cc, namun saat ini sudah memiliki beberapa tambahan yang lebih disukai oleh konsumen Indonesia. Apa saja kelebihannya, hal ini akan diulas pada artikel terpisah.

Produk TVS Neo X31 merupakan varian terbaru dari PT TVS Motor Company Indonesia yang mana sudah menjual motor di Tanah Air sejak kehadirannya di Indonesia 16 Juli 2007. Pabrik TVS ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Produk sepeda motor yang sudah beredar antara lain TVS Neo 110 cc, TVS Apache RTR Single Disc 160 cc, TVS Apache RTR Dual Disc 160 cc dan TVS RockZ 125 cc.

Jaringan Distribusi TVS di Indonesia

Dari waktu ke waktu perusahaan TVS ini terus menambahkan jaringan pemasaran dan servis ditingkat Regional Distributor di seluruh Indonesia. Saat ini sudah jumlah 14 (empatbelas) tingkat Regional Distributor (Main Dealer) yang telah hadir di Jadetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Kalimantan dan Sulawesi.

Bahkan sampai saat ini perusahaan TVS telah memiliki 500 outlet yang memberikan layanan servis/bengkel dan suku cadang orisinil untuk pelanggan di Indonesia.

Total Dealer: Perusahaan saat ini mempunyai 100 dealers. Setiap dealer memberikan layanan 3S (Sales, Services, Spare parts). Semua dealer dikembangkan sesuai dengan standar identitas perusahaan (corporate identity standard).

I Care Call Center:  Ini merupakan toll free 0-800-1-900-700 untuk memberi informasi dan kepuasan layanan konsumen yang lebih tinggi.

Pelatihan Karyawan

TVS Motor Company Indonesia telah membangun sembilan pusat pelatihan di Indonesia yang bedokasi di Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Pekanbaru, Lampung, Banjarmasin, dan Makassar. Pusat pelatihan tersebut telah melatih lebih dari 1800 orang dalam memberi servis untuk TVS Neo 110 cc, TVS Apache RTR Single Disc 160 cc, TVS Apache RTR Dual Disc 160 cc dan TVS RockZ 125 cc.

Sourcing

Saat ini PT TVSMCI telah menggunakan lebih 50% kandungan lokal dalam komponen sepeda motomya, yaitu bagian plastik, fabrikasi dan suku cadang aluminum. Perusahaan mempunyai rencana untuk meningkatkan kandungan lokal hingga 80% pads akhir tahun ketiga.

Catatan:

Saat kunjungan kedalam proses produksi motor TVS, semua peserta blogger KoBOI yang ikut serta tidak diperbolehkan mengambil foto-foto. Harap maklum jika tidak ada foto di dalam proses produksi. Disana kami melihat sendiri bagaimana motor TVS dirakit, diuji, ditest, dan motor yang siap dilempar ke pasar. Bahkan kami melihat beberapa contoh motor asal India yang unik dan beda dengan selera konsumen Indonesia.

Sesi tanya-jawab cukup seru, namun tulisan diatas sudah merangkum beberapa pertanyaan dan jawaban yang dibahas pada pertemuan dengan direksi PT TVS Motor Company Indonesia. Soal Safety Riding, perusahaan akan menerapkan masalah ini dengan cara yang beda dari perusahaan yang lain. Soal strategi perusahaan, maupun desain, model dan promosi perusahaan punya cara sendiri.

Satu hal yang perlu dicatat bahwa perusahaan TVS Motor Company Indonesia sangat serius menggarap pasar dan industri motor di Indonesia. Jangan dipandang sebelah mata, bisa jadi ini motor TVS merajalela dipasar dan menjadi sebuah persaingan dengan perusahaan yang sudah lebih dulu eksis.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

10 thoughts on “Visit Pabrik Motor TVS: Good Impression!

  1. Pertamax 🙂
    wah ane jadi tau sejarah TVS om
    makasih atas inponya om 🙂

  2. Thank you very much for the pics bro! 🙂
    Look good in it! 🙂
    Xixixi.

  3. […] Pada acara kunjungan blogger KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) kepabrik  TVS hari Sabtu 5 Juni 2010, ternyata pada saat itu blogger KoBOI juga memperoleh informasi tentang produk terbaru TVS, yaitu sepeda motor bebek TVS Neo X3i. Tidak cuma sekedar informasi, tapi juga mendapat kesempatan untuk test-ride di dalam areal pabrik TVS yang memiliki luas 40 HA. Baca artikel sebelumnya disini. […]

  4. Best Internet Shop Online Best Product in cheep rate Try This Web Site: Abualabdain.com Buy Online with Home delivery..Best Rate

    http://www.abualabdain.com

  5. […] perlu kuatir lagi, karena TVS adalah pabrik motor 3 besar di negara asalnya. Selain itu, pabrik TVS di Karawang Jawa Barat akan menjadi pabrik utama untuk penjualan motor TVS di wilayah Asia Timur. Beruntung SL.com sudah […]

  6. […] menyediakan kuis sederhana dengan hadiah pertama “Tas Ransel KAIROS” (diperoleh dari acara ini). Hadiah kedua adalah “Helm Baru MDS Half Face” (diperoleh dari acara ini). Syarat ikut […]

  7. artikel yg sngt bagus,tq bro ……trus pertahankn gy artikel anda ….

  8. […] bagian dari industri sepeda motor di India yang melakukan investasi besar serta memiliki fasilitas Pabrik TVS seluas 40 HA sebagai pusat produk terintegrasi penuh di Kawasan Industri Suryacita City. Karawang, […]

  9. Thank you very much for the pics bro!
    Look good in it

    CLIPMAFIA BEST Entertainment Video Portal

Leave a Reply