Review Riding Yamaha Xeon 125 di Bali

30 Mei 2010. Meyambung artikel sebelumnya (lebih baik dilihat dulu) maka dibawah ini adalah review atau tinjauan atas pendapat pribadi SL.com sebagai salah satu peserta acara Media Touring Yamaha Xeon 125. Review disini adalah murni sebagai independent blogger saat ikut acara PT Yamaha Motor Manufaturing Indonesia yang berlangsung di Bali, Sabtu 29 Mei 2010.

Motor skutik Yamaha Xeon 125 mengusung mesin 125 cc dan dirasakan langsung oleh SL.com memiliki performa yang lebih baik, dan lebih sempurna yang kabarnya diadaptasi dari teknologi super canggih. Sebagai perbandingan, disini SL.com hanya bisa meng-compare dengan motor skutik Yamaha Mio tahun 2005 yang dimiliki oleh SL.com dirumah. Memang sih.. performance-nya jauh antara Mio 2005 dengan Xeon 125 ini.

Terasa motor Xeon 125 memiliki bodi yang lebih besar, jok lebar. Untuk tarikan mesin terasa lebih melesat di tarikan bawah dan menengah. Hanya saja, dalam acara Media Touring ini, SL.com tak bisa geber motor karena ikut rombongan besar, dan maaf ini demi keamanan dimana rombongan besar melintasi di keramaian jalan disekitar jalan Nusa Dua Selatan, Ngurah Rai, dan Kuta.

Dapat dirasakan secara langsung oleh SL.com kalau motor Yamaha Xeon 125 ini punya mesin yang responsif. Ini terbukti disaat SL.com lepas gas, dimana tangan kanan dimainkan sejenak untuk jepret-menjepret alias pegang kamera sambil bikin foto. Namun ketika tangan kembali ke handle gas, maka motor pun punya akselerasi yang baik, dan spontan. Motor langsung melejit untuk kembali dalam barisan konvoi Yamaha Xeon 125. Mantap!

Motor Yamaha Xeon 125 dijual dengan harga OTR Rp. 15.5 juta di kawasan Jabodetabek memiliki model lebih sporty, dan penampilan yang juga lebih stylish mengikuti selera anak muda masa kini. Sebagai motorsport bisa juga untuk motor ini. Tampaknya motor ini bakal menjadi trend sebagai motor skutik masa kini. Entahlah.. kita lihat saja bagaimana perkembangannya.

Tapi yang pasti motor ini bisa dikendarai oleh semua kalangan, baik orang-tua, wanita maupun pria.Kabarnya motor ini sudah diminati oleh masyarakat luas dan yang sudah masuk daftar indent mencapai angka 3000 tersebar di seluruh nusantara Indonesia. Sepertinya motor ini langsung di terima oleh pasar sejak launching 30 April 2010 lalu.

Untuk handling terasa nyaman, dimana SL.com tidak perlu cari-cari posisi yang enak, tinggal nangkrin dan duduk dimotor, kunci start dibuka dan engine starter dimainkan, dan langsung gas digeber. Melihat bagian dek, atau tempat pijakan bagi pengemudi terasa luas. Apalagi SL.com pakai sepatu nomor 42, kedua kaki menapak dengan mantap sambil riding dengan lincah.

Untuk suspensi tidak ada masalah, karena jalan yang dilewati adalah jalan mulus dan bagus. Lagian di Bali, mana ada sih jalan yang rusak, jalan berlobang atau jalan omponh semacam jalan di pinggiran Jakarta. Jadi, untuk suspensi sudah pas, hanya saja riding motor Yamaha Xeon 125 ini sambil boncengan belum dicoba. Soalnya, panitia acara tidak siapin boncenger.

BOD (Board of Dircetor) dari PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia ikut sebagai peserta di acara touring, serta mereka memberikan penjelasan terperinci soal keunggulan dan fitur terbaru Yamaha Xeon 125. Penjelasan soal keunggulan disampaikan usai makan siang di Hotel Nikko Bali Resort & Spa.

Foto lengkap suasana acara penjelasan dan tanya-jawa dengan kalangan media bisa dilihat di photo gallery (silahkan klik).

Adapun beberapa keunggulan dari motor Yamaha Xeon 125 ini antara lain:

  1. Diasyl Cylinder: Untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil, lebih tahan terhadap aus yang tinggi. Yamaha memberikan garansi 5 tahun atau 50 ribu km.
  2. Throttle Position Sensor: Membuat pengapian motor sesuai dengan kondisi bukaan karburator dan RPM. Sehingga motor akan mendapatkan akselerasi yang lebih baik, serta bahan bakar lebih effisien.
  3. Forged Piston: Piston yang dibuat dengan sistim teknologi TEMPA. Terbuat dari bahan alumunium dan sangat kuat, serta memiliki daya tahan tinggi. Yamaha memberikan garansi 5 tahun atau 50 ribu km.
  4. Liquid Cooled. Disediakan agar temperatur mesin motor lebih terkontrol, serta memiliki tekanan kompresi lebih tinggi. Akhirnya tenaga motor bisa lebih maksimal, dan bahan bakar juga lebih effisien dan suhu motor pun tetap stabil.
  5. Baggage Capacity: Memiliki desain jok lebih nyaman dan kapasitas bagasi yang lebih luas. Hal ini terbukti, ketika SL.com saat start touring mendapatkan seluruh perlengkapan motor ‘gear & apparel biker’ sudah tersedia di dalam bagasi motor. Luas bagasi lumayan besar.

Motor Yamaha Xeon 125 ini mengusung mesin 4 langkah, 2 valve, SOHC berpendingin cairan dengan posisi silinder tunggal mendatar, serta kapasita volume 124 cc. Kapasitas tangki bensin 4.1 liter. Sayang, SL.com tidak bisa mengukur soal konsumsi BBM, karena jarak touring yang dilewati sangat pendek. Lagian acara media touring ini bisa disebut sebagai acara fun, dan bisa rame-rame ngumpul bersama kalangan media/wartawan dari berbagai kota yang jumlahnya mencapai 50 orang lebih.

Untuk melepas lelah, Yamaha Indonesia memberikan fasilitas hiburan bagi seluruh peserta berupa fasilitas relaxation Bali Ratu Spa, Jl. Kartika Plaza No. 18, Kuta. Wouw.. suatu kejutan baru dari Yamaha Indonesia, dimana seluruh peserta, jajaran pimpinan dan BOD PT YMKI ikut merasakan kenikmatan pijat spa selama satu jam. Lumayan… badan seger lagi euy.. 🙂

Usai menjalani spa tersebut, rombongan Media Touring Yamaha Xeon 125 berlanjut menuju lokasi pemandangan sunset, sekaligus makan malam dikawasan Uluwatu yang cukup jauh dari Kuta. Yups.. nantikan artikel selanjutnya!

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

8 thoughts on “Review Riding Yamaha Xeon 125 di Bali

  1. irvie_cix says:

    wah, kayaknya seru tuh..

  2. […] 31 Mei 2010. Disela-sela para peserta Media Touring Yamaha Xeon 125 yang berlangsung di Bali, 29-30 Mei 2010 ternyata ada sosok seorang lady biker berparas cantik dan […]

  3. wow, manteb banget ulasannya om

    tapi kenapa mesinnya ga 4 valve kek MX dan Vixy yah:bingung:

  4. […] 2 Juni 2010. Usai acara “Media Touring Yamaha Xeon 125″ di Bali kemarin, 29-30 Mei 2010, beruntung seluruh peserta yang terdiri dari para wartawan dan […]

  5. […] Motor Kencana Indonesia (YMKI). Tidak salah lagi jika Pulau Dewata Bali menjadi tujuan “Fun Media Touring 2010″ yang terkenal sebagai tujuan wisata dari manca negara, maka sudah pasti Yamaha Indonesia memberikan […]

  6. […] Masuk kedalam booth Yamaha, terlihat semua motor Yamaha dipajang dengan apik dan menarik, baik untuk beberapa motor import dan juga motor pabrikan lokal Yamaha, disini sudah termasuk penampilan motor skutik terbaru Yamaha Xeon 125 yang pernah dijajal oleh SL.com bersama rombongan media wartawan di Bali. Ulasan tentang Yamaha Xeon 125 silahkan baca artikel ini. […]

  7. […] 31 Mei 2010. Melanjutkan artikel tentang perjalanan Media Touring Yamaha Xeon  125, dimana usai kami menjalani istirahat di lokasi spa di Bali Ratu Relaxation & Esthetic Spa, […]

Leave a Reply