Aksi Jawara Freestyler Jorian Ponomareff di Manado

Jakarta, 26 Mei 2010. Manado heboh! Mungkin ini kesan yang dapat dilihat ketika sang bintang free-styler atau stunt-rider dunia asal Prancis bernama Jorian Ponomareff datang ke Manado untuk beraksi di sela-sela acara “U Mild U Bikers” yang berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu 22-23 Mei 2010 lalu di kawasan Mega Mas Jl. Boullevard, Manado Sulawesi Utara.

Pria asal Montpellier, Perancis ini sebenarnya adalah bintang utama dalam film dokumenter dunia tentang stunt-rider berjudul “Untouchable”. Film hasil karya sutradara kenamaan Michael Pollack ini mengisahkan perjalanan Jorian mengelilingi dunia untuk melakukan aksi-aksi akrobatik di atas motor besar bersama dengan stunt-rider papan atas lainnya dari beberapa negara.

Sejak pemutaran perdana dunia film “Untouchable” pada bulan Februari 2010 yang lalu, nama Jorian Ponomareff yang awalnya hanya dikenal di tanah kelahirannya Perancis, langsung melejit hingga ke seluruh dunia. Bintang sensasional baru di ajang stunt-rider internasional ini berhasil menarik perhatian para penggemar otomotif, maupun stunt-rider motor dunia, hingga para sponsor olahraga otomotif.

Saat ini Jorian Ponomareff dinobatkan sebagai stunt-rider paling terpopuler dunia di internet. Popularitasnya ini juga didukung dengan beragam prestasi dunia yang telah diraihnya. Sejak tahun 2008, Jorian sudah berhasil menjuarai ajang “Stunbike Show of France Championship” selama 3 tahun berturut-turut.

Di tahun 2009, is pun berhasil menduduki peringkat runner up dalam ajang kompetisi “Stuntober Fest (Stuntwars)” di Orlando, Florida dan juga meraih “Urban Moto World Championships” di Romania.

Kombinasi dari bakat ajaib yang dipadu dengan kreatifitas dalam bergaya bebas di atas motor telah membawa pria penggemar serial TV Amerika ini berkeliling daratan Eropa dan juga sebagian wilayah daratan Amerika untuk mempertunjukan aksi uniknya bergaya bebas di atas motor.

Jorian mempertunjukan aksinya kepada penggemar otomotif di Indonesia dalam gelaran festival akbar bikers “U Mild U Bikers Festrack 2010” di Manado. Ia telah menyuguhkan pertunjukan free-style yang kreatif dan menarik. Pria kelahiran 19 Mel 1987 ini berbagi ilmu dan pengalamannya dengan free-styler lokal melalui “Local Freestyle Coaching Clinic & Exhibition Contest”.

SL.com bertemu dan berkenalan langsung dengan Jorian di tenda media pada hari Sabtu sore 22 Mei 2010. Sedianya ia akan beraksi pada sore hari, namun karena turun hujan jadwalnya menjadi mundur.  Ia sempat katakan kalau trek basah ia tidak akan turun. Namun pada pukul 21.00 WIT, Jorian mau memberanikan diri beraksi sebagai seorang jawara free-styler kelas dunia, walaupun trek masih basah karena hujan di sore hari.

Dalam aksinya Jorian memainkan motor besar berwarna biru, sedikitnya memiliki kapasita mesin 600 cc. Ia tiba-tiba muncul dari ujung jalan dalam kecepatan yang tinggi. Jorian tiba-tiba berdiri dan naik di motornya sambil lepas tangan, sedetik kemudian dia merubah posisinya duduk diatas tangki sambil mengangkat roda depan setinggi-tingginya.

Ada banyak aksi yang disugyuhkan Jorian selama 20 menit, namun belakangan motornya mengalami masalah pada kebocoran radiator. Dalam aksinya, Jorian sempat membuat penonton tegang dan menahan nafas. Meski begitu, Jorian yang murah senyum ini masih saja bergaya bahkan melambaikan tangan. Ini bukan sirkus, melainkan atraksi akrobatik diatas motor alias freestyler yang dimainkan oleh seorang Jorian Ponomaref.

Mochammad Balya selaku Marketing Area Manager PT. H.M Sampoerna Tbk. wilayah Manado mengatakan, dengan didatangkannya Jorian hal ini merupakan salah satu bukti dan komitmen dari U Mild untuk terus mengapresiasi para penggemar otomotif roda dua di tanah air, dan juga memberikan pengalaman yang lebih meriah dan unik, khususnya bagi para konsumen merek rokok U Mild.

“Memasuki tahun kelima penyelenggaraan, event “U Mild U Bikers Festrack 2010″ hadir lebih segar dan menghibur, serta mampu mengeskpresikan semangat persaudaraan diantara para bikers. Konsumen U Mild di Manado diberikan suguhan festival bikers yang lebih unik, meriah dan lebih melibatkan bikers dalam setiap aktivitas event-nya,” kata Balya, panggilannya.

Tak hanya menonton aksi yang memicu adrenalin dari Jorian, para bikers yang hadir di Manado juga dapat kesempatan berbincang langsung dengan Jorian diacara “meet and greet Jorian”.  Khusus bagi free-styler lokal, mereka beruntung mendapatkan coaching clinic langsung dari sang juara dunia free-styler ini. SL.com sendiri melihat Jorian memberikan arahan kepada free-styler lokal setelah hujan reda.

“Tak hanya tampil sebagai bintang tamu, Jorian juga berbagi ilmu tentang gaya dan aksi-aksi yang telah membawanya menjadi juara dunia kepada semua free-styler lokal agar bisa terjadi transfer ilmu. Harapannya free-styler asal Indonesia bisa naik kelas dan menjadi barometer, tidak cuma menjadi tamu di negerinya sendiri,” tandas Balya.

Digawangi oleh club IFA (Indonesia Freestyle Association), para penggila adrenalin stunt di Manado mampu memberikan teknik-teknik terbaru yang dipentaskan oleh Jorian. Eduard Royke Laluw, ketua dari IFA mengatakan para free-styler lokal telah mengambil kesempatan baik ini, serta mempelajari dengan seksama beberapa teknik baru yang disugguhkan oleh Jorian.

“Pelajaran positif yang kami peroleh dari kedatangan free-styler internasional adalah terjadinya transfer teknik dan ilmu dari mereka,” jelas Royke. Dia berharap dengan begitu suatu saat free-styler Indonesia bisa mendapatkan apresiasi dari masyarakat, tak lagi dipandang sebelah mata sebagai hobi jalanan, namun menjadi sebuah profesi yang dihargai seperti halnya Jorian Ponomareff.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

One thought on “Aksi Jawara Freestyler Jorian Ponomareff di Manado

  1. […] Bagi para penggemar olahraga akrobatik di atas motor, seorang International Stuntrider pun diundang oleh U Mild, yaitu Aaron Twite dari Amerika Serikat.Untuk putaran di Manado bulan Mei yang lalu adalah jawara freetyler Jorian Ponomareff. […]

Leave a Reply