Panasonic Luncurkan Kamera Terbaru LUMIX: Canggih!

Jakarta, 4 Mei 2010. Hari gene nggak punya kamera digital? Walah.. apa kata dunia?  Saat ini adalah “era digital” yang sudah mendunia, karena kemudahan digital ini maka kegiatan potret-memotret adalah hal yang biasa. Entah itu untuk keperluan pekerjaan, pribadi, keluarga, apalagi mereka yang suka dengan narsisme atau upload foto pribadi di facebook, hm.. sudah pasti butuh kamera digital.

Untuk menjawab keinginan konsumen yang memang suka dengan kegiatan motret-memotret, serta buat mereka yang butuh alat kamera digital yang paling mudah, gampang, dan bisa mendapatkan hasil yang memuaskan atau kualitas gambar yang maksimal, maka PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali meluncurkan kamera digital Seri LUMIX yang terbaru pada hari Selasa, 4 Mei 2010 bertempat di Songket Room Hotel Four Season, Setiabudi, Jakarta.

Acara launching product dihadiri secara terbatas oleh kalangan media, dan disini terlihat jelas jika PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali ingin meramaikan pasar kamera digital di Indonesia dengan meluncurkan serangkaian produk terbaru Lumix & Camcorder. Peluncuran produk terbaru seri LUMIX  ini sekaligus menunjukkan komitmen Panasonic untuk selalu menghadirkan inovasi teknologi serta mengukuhkan posisi sebagai pemain utama di industri digital tanah air.

Setelah melihat secara dekat pada acara launching tersebut, penulis blog SL.com mencatat beberapa hal, antara lain bahwa rangkaian produk Lumix yang diluncurkan ada enam seri, namun yang mendapat penekanan hanya empat produk sebagaimana dipaparkan oleh Dharma Panaraya selaku Network Product Manager PT PGI.

Dharma memaparkan masing-masing dari setiap produk, serta keunggulan dan kelebihan dari semua produk seri terbaru kamera digital LUMIX ini, antara lain meliputi LUMIX DMC-GF1, yaitu salah satu dari rangakaian produk dengan System Camera LUMIX G Series yang sudah mengadaptasi teknologi lensa berbasis micro-four-third. Konon kamera GF1 ni menjadi kamera SLR terkecil dan teringan di dunia. Tampaknya kamera ini memang harus dicoba langsung oleh SL.com.

Wuih.. ternyata canggih juga produk seri terbaru LUMIX setelah mendapatkan presentasi langsung dari seorang fotografer top, Arbain Rambey yang dikenal punya kllinik fotografi setiap hari Rabu di harian Kompas. Ternyata Arbain sebelumnya sudah mendapatkan kesempatan untuk uji-coba untuk beberapa kamera seri LUMIX yang terbaru melalui tugas dan perjalanannya ke Pulau Komodo, Kuwait dan negara Eropa.

Arbain Rambey, wartawan/fotografer Harian KOMPAS

Rangkaian produk yang kedua yang diluncurkan adalah kamera digital LUMIX DMC-F3 dan LUMIX DMC-F2. Kedua kamera ini merupakan entry-stylish model dengan lensa 12.1 dan 10.1 megapixel dengan kemampuan merekam gambar bergerak full HD. Pada saat acara peluncuran ini, terlihat ada empat gadis cantik yang meliuk-liuk membawa kamera LUMIX yang siap untuk difoto oleh semua fotografer media yang hadir. Wah.. bikin gerah semua yang hadir di hotel bintang lima ini, alias pada bingung gadis mana yang harus lebih dulu difoto.

Sedangkan kategori produk ketiga,  PGI meluncurkan kamera digital jenis LUMIX DMC-FP1. Menurut uinfo yang didapat, kamera ini adalah kamera digital dengan desain stylish nan ramping dan sangat cocok buat mereka yang ingin tampil gaya. Kamera ini dilengkapi dengan lensa 12.1 megapixel yang cukup memenuhi untuk kebutuhan konsumen yang memiliki kesadaran atas gaya dan kualitas produk. Paling tidak pengguna kamera ini nggak ketinggalan jaman, ngikutin trend masa ini yang penuh dengan corak, dan warna-warni kehidupan.

Kategori produk keempat yang juga diluncurkan oleh Panasonic LUMIX adalah kamera yang memiliki daya zoom super, yaitu LUMIX TZ10. Kamera ini sudah dilengkapi dengan kemampuan super zoom (12x optical zoom & 16x intellegent zoom), serta kemampuan merekam film HD, dan juga dilengkapi oleh perangkat GPS (global position system) yang langsung diterima dari satelit.

Nah, produk yang satu ini memiliki keunggulan mencatat lokasi pemotretan, ini memang sangat bagus buat mereka yang doyan motret, tapi hati-hati jika lokasi pemotretan ingin disembunyikan tampaknya bisa jadi gawat. Ya, kita harus akui kalau kecanggihan memang sangat memudahkan, tapi bisa juga menjadi bumerang bagi yang suka nakal. Just to remind you the bad-guys..

Sementara untuk kategori produk Camcorder, Panasonic juga meluncurkan Camcorder H95 dengan kemampuan 78x optical zoom. Hanya saja, sayang sekali untuk produk yang satu ini tidak dijelaskan dalam presentasi, tapi produk dapat dilihat langsung melalui display product didalam sebuah ruangan khusus, yang juga disediakan tiga buah studio mini untuk ajang pemotretan bagi ke-empat model yang ada. Wah.. lumayan deh akhirnya SL.com bisa motret dari dekat untuk ke-empat model yang cantik nan seksi itu.

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia, Ichiro Suganuma, mengatakan dalam sambutan Bahasa Indonesia bahwa rangkaian dari kegiatan peluncuran produk-produk Panasonic ini yang memang sudah dilakukan sejak awal tahun 2010 adalah merupakan bagian dari program menyambut 50th Anniversary Perusahaan Panasonic.

“Tahun 2010 ini merupakan peringatan tahun emas Panasonic Gobel Indonesia. Salah satu bentuk penghargaan kami terhadap loyalitas dan apresiasi masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Panasonic, kami meluncurkan rangkaian produk baru. Sejumlah produk yang telah diluncurkan diantaranya 3DHD TV, AC Eco Patrol dan kamera digital LUMIX,” kata Ichiro Suganuma.

Vice President PT Panasonic Gobel Indonesia, Rinaldi Sjarif, menambahkan peluncuran produk Panasonic ini merupakan langkah strategis perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan inovasi produk terbaru secara berkelanjutan.

“Hal ini juga sejalan dengan komitmen perusahaan dalam menyediakan produk dan pelayanan berdasarkan ide-ide yang akan memperkaya hidup masyarakat konsumen. Kami  optimis inovasi produk-produk ini disambut hangat dlan mendapatkan antusiasme yang tinggi dalam pemasaran,” kata Rinaldi.

“Kami saat ini mendukung kegiatan komunitas konsumen pemakai kamera LUMIX, hal ini bisa dilihat melalui jaringan internet, dimana kami punya komunitas facebook ‘LUMIX Indonesia’. Bahkan, kami juga membuka pintu selebar-lebarnya bagi mereka para pengguna kamera LUMIX untuk meng-upload foto-foto karya terbaiknya melalui www.kompas.com/lumixcorner” kata Dharma dalam sesi tanya jawab dengan kalangan media.

“Tak menutup kemungkinan kami pun akan kembangkan dengan jaringan komunitas fotografi LUMIX dengan bentuk yang lain. Pada saat ini adalah era digital, dan kami pun akan menjawab semua kebutuhan konsumen dengan teknologi digital,” tegas Dharma yang sedang dikerumuni oleh para wartawan.

By the way, selamat ya buat para pemenang undian yang mendapatkan kamera terbaru Seri LUMIX. Lumayan tuh.. dari pada beli yang memang belum ketahuan soal daftar harga-nya. Sementara itu, SL.com tak mendapat hadiah undian, tapi paling tidak mendapat amplop yang isinya adalah “SD Card Lumix Community” dengan kapasitas 2GB. Kayaknya sih dapat dua biji.. wah.. lumayan buat motret-motret yang lebih buanyak lagi.

Sekilas Panasonic Gobel

Di Indonesia, Panasonic memiliki sejarah yang sangat panjang clan melekat di hati rakyat Indonesia. Dimulai dengan kehadiran radio ‘tjawang’ oleh Almarhum Drs. H. Thayeb Moh. Gobel pads tahun 1954, TV pertama di tahun 1962, hadirnya merek National di tahun 1970, sampai pada akhirnya mengganti nama National dan menggunakan nama Panasonic di tahun 2004.

Sampai saat ini Panasonic di Indonesia tetap merupakan merek elektronik paling terkemuka dengan sederet produk inovatif, mulai dari TV plasma, Kamera, AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan yang lainnya. Untuk informasi lebih lanjut mengenai perusahaan, merek Panasonic, clan aktivitas globalnya, kunjungi http://www.panasonic.co.id/

Note:

Artikel mengenai detail spesifikasi produk dan pemotretan model ala SL.com akan dibuat dengan artikel terpisah. So, nantikan artikel selanjutnya tentang kamera terbaru seri LUMIX dari Panasonic. Mudah-mudahan SL.com dapat kesempatan untuk test-produk, paling nggak bisa buat artikel khusus test-produknya. Begitu kan pak Dharma? No HP-nya sudah dicatat nih.. 0855-8894xxx.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

17 thoughts on “Panasonic Luncurkan Kamera Terbaru LUMIX: Canggih!

  1. jeng kelin says:

    termasuk prosumer / DSLR sich bro?
    lensanya bisa di ganti2 ga?

  2. saya punya yang pocket TZ1. emang dah lawas banget sih… 🙂
    tapi sampe sekarang masih oke2 aja. zoom optic jg dah 10x.

    eh sekarang muncul TZ10… ehm menarik sih.
    tapi mending SLR deh. saatnya naik “kelas” 🙂

  3. […] Jakarta, 5 Mei 2010. Halaman blog ini mencoba memaparkan keunggulan teknlogi yang dimiliki oleh kamera digital yang terbaru dari Panasonic seri LUMIX yang baru saja diluncurkan oleh PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kemarin hari Selasa, 4 Mei 2010 bertempat di Songket Room Hotel Four Season, Setiabudi, Jakarta. Artikel launching disini. […]

  4. Pak, kebetulan sy juga liat, tp sepertinya untuk model F3 dan F2 tidak dapat merekam gambar bergerak Full HD. Untuk model F3 bisa merekam gambar bergerak HD sedangkan untuk F2 tidak bisa merekam gambar bergerak.

    • @agung, kemarin saya belum sempat pegang2 kamera terbarunya.. mudah2an ada sesi khsusu product review /test-product dari PT PGI, sehingga setiap kamera bisa diulas lebih dalam lagi.

  5. Yang seri waterproof FT1/TS1 ngga keluar baru ya?

    Lagi naksir sama Panasonic Lumix FT1 (http://www.cnet.com.au/panasonic-lumix-dmc-ft1-339294668.htm) buat camera touring. Waterproof (kl tiba2 hujan), shockproof (suka kebentur2 tanki), kualitas gambar Lumix & bisa HD movie recording. Semua yang ane butuhkan dalam camera buat touring.

    Sempet punya Olympus Mju 770 SW yang juga waterproof & shockproof, tp ane jual lagi karena kualitas gambarnya ngga begitu bagus, movie recordingnya cuma 15 fps, & menunya ngga touring friendly (operasional 1 tangan sambil naik motor).

    Sempet naksir bentuknya Casio EX-G1 (http://www.dpreview.com/news/0911/09111801casioexg1.asp). Fitur juga lumayan cocok, tapi dulu pernah pake Casio Exilim kurang bagus hasilnya.

  6. […] artikel prosesi acara launching tersebut bisa dibaca disini, dan untuk info tentang spesifikasi produk kamera digital LUMIX itu sendiri bisa dibaca disini. […]

  7. Yang di foto bro SL yang Panasonic LX3, itu juga sangar banget2x!!!
    Itu pakai Leica lens, f nya 2.0! Konon ini seperti Avanza – Xenia dengan Leica D-Lux 4, barang persis sama, brand nya aja beda.
    Masih dibuat nggak bro? Ada discount kah? 🙂

  8. Saya nunggu-2in yang FT2/TS2 weatherproof camera, naksir berat lihat specnya! (Dustproof, Shockproof, Freezeproof and Waterproof!)

    Sayangnya di toko-2 elektronik terkemuka disini (Surabaya) adanya cuman yang seri lama FT1, itupun tidak ready stock, dan harganya kalo saya tanya-2 kurang lebih malahan sama dengan harga MSRT (Manufacturer’s Suggested Retail Price) FT2/TS2 di luar negri, kecewa deh

    Sampe saya bela-2in kapan hari tlpn ke Salesnya PT PGI, hahaha

    Takutnya FT1 dihabisin stoknya dulu baru FT2 direlease kali yah di Indonesia? 🙁

    Bagi yg punya info FT2/TS2 dijual dimana dan harga berapa tlg beritahu saya dong

    Thanks a lot!

Leave a Reply