HTML Kopdar Romantisme Palbut: Refleksi Abbey Road

Jakarta, 2 Mei 2010. Kopdar HTML Palbut yang berlangsung Jumat malam 30 April 2010 adalah kopdar romantisme, namun ajang ini direfleksikan dengan album band legendaris “The Beattles Abbey Road”. Hal ini benar saja, jika beberapa member HTML melakukan aksi menyebrang ‘zebra cross’ di ujung Jl. H. Agus Salim tepatnya dipersimpangan Jl. Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Mantap!

Refleksi member HTML melakukan menyebrang jalan ini, sebenarnya dapat dimaksudkan untuk mengajak warga masyarakat, dan khususnya anggota komunitas HTML (Honda Tiger Mailing List) agar tetap patuh pada peraturan pemerintah UULAJ N0. 22/2009, yaitu biker HTML agar selalu menghormati penyebrang jalan, patuh tidak melewati garis putih, selalu mendahulukan penyebrang jalan, menjaga etika berkendara, dan lain sebagainya.

Refleksi “Palbut Zebra Cross” yang terekam dalam foto gallery ini awalnya adalah joke (bercanda) yaitu ingin meniru foto aksi para pemusik The Beattles saat menyebrang jalan di Abbey Road, Inggris yang hingga kini foto tersebut menjadi sebuah sejarah. Nah, mudah-mudahan saja acara kopdar HTML di Palbut juga punya sejarah dan dapat dikenang oleh seluruh member HTML khususnya mereka yang sudah memiliki NRA (Nomer Resmi Anggota)  yang sudah mencapai nomor urut hingga 2.500 lebih.

Sejarah HTML dan Palbut

HTML dan Palbut dimulai saat kopdar perdana, dimana tahun 2002 (cmiw) para user atau member milis (mailing list) Honda-Tiger@yahoogroups.com melakukan pertemuan darat, yang belakangan dikenal dengan istilah kopi darat (kopdar). Lokasi pertemuan perdana yang dipilih adalah warung makasar diujung Jl. H. Agus Salim Sabang, tepatnya  traffic-light Jl. Kebon Sirih, disamping Holland Bakery.

Salah satu menu makanan makasar yang menjadi favorit anak-anak HTML adalah minuman segar Es Palubutung, yang belakangan disingkat jadi Palbut.  Akhirnya kata Palbut ini menjadi simbol atau kode jika member HTML ingin kopi darat. Mulai dari warung makanan makasar inilah, maka HTML kerap bertemu untuk membangun organisasi HTML yang besar. Setiap hari Jumat malam adalah puncak keramaian dari kopdar, yang belakangan hari Jumat malam disahkan sebagai kopdar resmi HTML di Palbut, berikutnya adalah hari Sabtu malam (malam minggu) yang berlokasi di Parkir Timur Senayan.

Sejalan dengan perkembangan ibukota DKI Jakarta, dan juga perkembangan dari organisasi komunitas HTML itu sendiri, yang mana semakin lama semakin besar, bahkan sudah terbentuk pula simpul-simpul wilayah HTML, yang pada akhirnya kopdar HTML itu sendiri pun lebih banyak terkonsentrasi sesuai dengan wilayah di seluruh wilayah Jabodetabek.

Seperti sudah disebut diatas soal perkembangan kota, pada tahun 2008 Jl. Agus Salim Sabang mengalami renovasi trotoar, yang efeknya warung makasar dengan bangunan non-permanent ini terpaksa harus digusur oleh Pemda DKI Jakpus. Alhasil, lokasi kopdar HTML di Palbut sebagai tempat rutin nongkrong-nya bikers HTML sudah tak nyaman lagi, dan sejalan dengan waktu, maka lambat laun kopdar Palbut pun akhirnya sepi dan hilang.

Jika mau berkenan sejenak melihat dua foto diatas, terlihat Holland Bakkery masih ada. Dan disebelah kanannya dari arah pandangan foto, ada tiang-tiang bangunan yang belum selesai, dan disitulah dulu lokasi warung makasar yang sarat dengan barisan bikers HTML khususnya dihari Jumat malam.

Reuni Romantisme

Sesuai dengan program BOS (Board of Sarasehan HTML periode 09/11), bahwa bulan April 2010 diselenggarakan sebuah acara “Romantisme Palbut” dengan PIC HTML dari Simpul WIlayah Jakarta Barat. Dalam ini, HTML mengajak dan menghimbau kepada seluruh pengurus dan juga member HTML untuk dapat hadir di acara kopdar yang cukup langka tersebut.

Beruntung SL.com bisa hadir di lokasi acara ini yang sudah tiba lebih awal  sekitar pukul 19.00 WIB pas ujung Jl. H. Agus Salim. Ketika itu terasa masih sepi, namun lambat laun teman-teman bikers HTML pun hadir. Hanya saja lokasi kopdar sudah bergeser ke seberang jalan dari lokasi yang lama. Sebuah warung makan yang lengkap dengan berbagai menu, menjadi tempat kopdar.

Bro Dinar founder HTML dengan NRA HTML 001 turut hadir, demikian pula NRA 002 Bro Jojo juga hadir pada kesempatan tersebut. Malam itu semua rekan yang ada dilokasi berharap agar semua teman-teman yang lama dan yang baru bisa turut hadir.Yang lucu adalah, ketika bro Dinar (HTML 001) memperkenalkan bro Jojo (HTML 002) kepada anggota member HTML NRA diatas angka 2,000.

Entahlah, melalui perkenalan spontan tersebut apakah mereka orang baru sudah saling kenal dengan sosok bro Jojo? Malah ada yang iseng berkomentar, diusulkan kalau perlu dibuat saja barisan anggota HTML khusus hanya untuk ajang perkenalan, dimulai dari nomor urut 001 dan seterusnya. Wouw..

Terlihat peluk hangat bagi bagi mereka yang sudah lama tak bertemu, apalagi  bagi mereka yang kenal akrab, bahkan canda dan tawa menjadi ciri khas kopdar HTML terasa sangat kental. Semua menyadari akan kesibukan setiap individu member HTML. Lagian juga anggota lama HTML banyak yang sudah berkeluarga, sehingga “alasan” tidak bisa datang dan minta izin pulang cepat karena keluarga dapat dimaklumi.

Harapannya agar kopdar dengan tema reuni romantisme ini tetap dijalankan. Memang tak perlu lagi kopdar setiap minggu di Jl. Sabang, namun yang lebih penting adalah dibuat sebuah program rutin yang lebih fleksible. Akhirnya SL.com pun meninggalkan lokasi ini untuk pulang kerumah pukul 23.00 WIB. Alasan keluarga bro. Lagian sudah gak kuat sampai subuh. Harap maklum ya.. :-))

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

12 thoughts on “HTML Kopdar Romantisme Palbut: Refleksi Abbey Road

  1. wew, ada cewe-cewenya juga, mantap om 🙂

    eh pertamax yah gw 😀

  2. wew.. deket ma kopdarnya the others nih.. hehehe

  3. om…jdi pen k palbut lgi….photo lgi ahh…hehe

  4. Mantaf liputannya, sukses terus Bro

  5. nggak perlu sering2…tapi selalu berkesan 😉

  6. om itu kok photonya ke bawah maksude apaan tuh yang pake baju putih

  7. mynameisdaust says:

    Om Stephen emang tophhh daaaahhhhhhhhhhh….!!!!!!!!!!

  8. terima kasih atas artikel nya pak Stephen.

    Kapan kapan kita ketemu lagi di Palbut dan lanjutan reportasenya.

    SL.com ajibbb

  9. cinta_dinda says:

    HTML emang gak ada matinya ya, ada aja ide unik untuk buat acara, kayaknya semua anggotanya kompak banget, udah kaya’ keluarga.

    Pokoknya maju terus deh HTML, jadilah inspirasi buat Club motor yang lain 🙂

  10. cinta_dinda says:

    Go HTML, tunjukkan terus kreativitasmu 🙂

  11. powerpuffgirlz says:

    Mantaps…Acaranya HTML fun banget ya!

  12. cinta_dinda says:

    Setujuuuuuu…..:-)

Leave a Reply