HTML Cinta Bumi: Tanam Pohon Di Gunung Pancar

25 April 2010. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang kegiatan komunitas HTML (Honda Tiger Mailing List) di Kantor Camat Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat, dan artikel ini sebagai kelanjutan ketika HTML tanam pohon di Gunung Pancar (854 meter). Hal ini sebagai bukti kesadaran bikers HTML akan lingkungan hidup, serta prihatin terhadap pencemaran udara di bumi yang makin kritis.

Sebagai referensi, menurut data yang dipaparkan oleh Pengkajian Ozon dan Polusi Udara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bahwa Provinsi Jawa Barat menduduki peringkat polusi udara tertinggi di Indonesia. Dari semua penyebab polusi udara yang ada, emisi transportasi terbukti sebagai penyumbang pencemaran udara tertinggi di Indonesia, yaitu sekitar 85%.

Hal ini disebabkan oleh laju pertumbuhan kendaraan bermotor yang tinggi. Sebagian besar kendaraan bermotor menghasilkan emisi gas buang yang buruk, baik akibat perawatan yang kurang memadai ataupun penggunaan bahan bakar berkualitas buruk. Itulah sebabnya dimana-mana terjadi pemanasan global, serta perubahan iklim yang bisa memperburuk kehidupan manusia dibumi.

Salah satu cara mengatasi masalah diatas, adalah menghijaukan kembali kawaasan hutan atau gunung yang sudah gundul. Setidaknya usaha tanam pohon harus dilakukan oleh setiap manusia dibumi ini.  Sadar sebagai elemen masyarakat yang berkaitan erat dengan masalah diatas, maka komunitas HTML melakukan sebuah aktivitas sekalligus mendukung Hari Bumi yang diperingati tanggal 22 April yaitu “HTML Loves Earth: Two Wheels Two Trees” (HTML Cinta Bumi: Roda Dua, Dua Pohon).

Kegiatan tanam pohon di Gunung Pancar adalah sepenggal bukti nyata yang bisa diberikan oleh komunitas HTML yang memiliki anggota di mailing list sekitar 6 ribu orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Sebagai bikers Honda-Tiger yang memiliki prinsip “smart-riding” dengan mengerahkan ratusan anggotanya untuk ikut secara bersama melakukan tanam pohon yang berlangsung Sabtu, 24 April 2010.

HTML mendapat kaveling khusus pada sebuah lembah atau “vallley” dengan luas sekitar 5 ribu meter persegi dengan titik pohon sekitar 250 lubang yang akan ditanam. Tingkat kemiringan lembah sekitar 45 derajat, namun demikian semangat HTML bersama tamu undangan terlihat sangat antusias untuk melakukan tanam pohon.

Acara ini mendapat dukungan langsung dari Polisi Hutan  Departement Kehutanan dan perusahaan swasta antara lain, PT Astra Honda Motor (AHM), PT Wahana Makmur Sejati (WMS), PT Topindo Atlas Asia (Pelumas Top1), dan Kentucky Fried Chicken (KFC) yang mana terlihat staff perusahaan tersebut ikut serta bergabung di Gunung Pancar yang sarat dikelilingi pohon pinus.

“Ini merupakan suatu kegiatan yang sangat positif, dimana komunitas motor Honda sekang sangat peduli dengan lingkungan dan alam sekitarnya. Harapan kami aktifitas ini bisa menjadi contoh buat klub dan komunitas bikers lainnya, dan diharapkan agar terus berkembang sehingga bumi yang kita cintai ini bisa tetap hijau,” papar Bro Andri, PT AHM yang khusus menangani kegiatan klub dan komunitas motor Honda.

“Wah.. acara HTML ini memang luar biasa dan bikin kejutan. Oke banget dan berjalan sukses. Kami dari perlumas TOP 1 Indonesia sangat senang bisa bergabung dan mendukung acara HTML seperti ini, selain dari pada sama-sama meng-kedepankan Go Green, dan tentu saja kerjasama ini diharapkan bisa berlanjut terus. Bravo HTML,” kata Rindra Scorino Putra, PT Topindo Atlas Asia yang ikut menamam pohon.

So my friends, jika anda berkunjung ke Gunung Pancar, jangan lupa mampir ke “Lembah HTML” atau “HTML Valley” selain dari pada pemandangan pohon pinus, disitu ada juga pohon yang baru ditanam yang nantinya akan menghijaukan kawasan Gunung Pancar. Coba ambil waktu sejenak duduk di lembah tersebut, harapannya anda mendapatkan ide-ide cemerlang, mirip dengan “Silicon Valley” di California tampat lahirnya kehidupan orang-orang sukses dibidang IT.

Secara keseluruhan acara “HTML Loves Earth: Two Wheels Two Trees” bisa dibilang memang sukses. Panitia inti yang telah terpilih dan sudah bekerja keras mensukseskan acara ini, mulai dari awal hingga akhir acara adalah HTML Wilayah Jakarta Utara. Terima kasih kepada HTML Jakarta Utara yang sudah membuat acara ini berjalan dengan lancar.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

10 thoughts on “HTML Cinta Bumi: Tanam Pohon Di Gunung Pancar

  1. […] Jakarta, 24 April 2010. Pada hari ini SL.com mengikuti acara ‘HTML Loves Earth: Two Wheels Two Trees” (HTML Cinta Bumi: Roda Dua, Dua Pohon) yang diadakan di Kantor Camat Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sedangkan puncak acara berlangsung di Gunung Pancar berjarak 10 km dari kantor camat ini (acara tanam pohon dengan artikel terpisah). […]

  2. Mantap bro, alangkah indahnya kalo semua orang mencintai lingkungan, tanaman, pohon, hutan… semoga segera bertobat orang2 yg suka menghancurkan hutan.

  3. excellence work to HTML North Jakarta and other regions HTML as well

  4. what are further action to conserve this effort? anyway HTML goes green must be support

  5. deri permana says:

    wah…akhirnya bisa mejeng juga di SL.com
    mohon izin copy fotonya om SL

    thanks

  6. cinta_dinda says:

    2 jempol deh buat para bikers HTML, karena masih mau memikirkan kelestarian lingkungan, patut jadi contoh nih buat bikers yang lain dan untuk anak2 muda. Maju terus HTML

  7. Are Kaltim says:

    Lingkungan indah Community ku Indah

  8. meet_hana says:

    salut banget buat HTML.. menanam pohon ini bisa jadi bukti bahwa bikers peduli lingkungan, which is good, karena seperti tulisan di atas, motor merupakan kontributor polusi udara yang cukup besar..dukung terus kegiatan community!!

  9. […] yang terletak di kawasan Desa Karang Tengah Citeurup, Kabupaten Bogor pada saat mengikuti acara “HTML Cinta Bumi 2010: Tanam Pohon Di Gunung Pancar” Sabtu 24 April 2010 […]

Leave a Reply