HTML Safety Riding Course: Tingkatkan Etika Berkendara

20 April 2010. Tertib lalu-lintas dan safety riding (keamanan berkendara) sebenarnya adalah hal yang pokok, wajib, dan mutlak diterapkan oleh setiap pengendara sepeda motor. Hanya saja, pengetahuan warga masyarakat soal ini dinilai masih rendah atau kurang.

Lantas, siapakah pihak yang harus turun kelapangan memberikan teori dan edukasi, baik seminar, diskusi atau pelatihan dilapangan? Kemudian siapakah pihak yang mau secara terus menerus melakukan sosialiasasi dan kampanye soal pentingnya keamanan berkendara sepeda motor? Haruskah dari pihak Kepolisian, pihak Departemen Perhubungan (Dephub), atau isntansi yang lainnya?

Hm.. rasanya terlalu lama kalau hanya menunggu action dari pihak Kepolisian atau pihak Dephub, karena bagaimanapun juga geliat keamanan berkendara ini harus segera disosialisasikan secara terus menerus. Pemberian edukasi harus dilakukan secara serentak, biar lebih greget, bisa dikenal, serta diketahui secara luas oleh warga masyarakat khususnya mereka para pengguna jalan umum dan kendaraan bermotor roda dua.

Nah, melihat permasalahan ini, paling tidak komunitas sepeda motor Honda Tiger yang tergabung dengan nama HTML (Honda Tiger Mailing List) sudah punya program kerja yang khusus tentang edukasi dan juga pelatihan Safety Riding yang memang senantiasa diberikan kepada anggota HTML itu sendiri, dan juga terbuka untuk kalangan umum. Program Safety Riding ini sudah ada sejak komunitas HTML berdiri diawal tahun 2000.

Progam kerja milik HTML yang disebut dengan HSRC (HTML Safety Riding Course), sebenarnya sudah lama dijalankan, dan sudah beberapa kali diadakan teori dan pelatihan. Program HTML SRC ini sudah menjadi ciri khas dari komunitas HTML yang kerap mendahulukan Safety Riding didalam setiap aspek berkendara sepeda motor, baik untuk aktifitas harian ataupun  kegiatan touring.

Pada hari Minggu, 28 Maret 2010 yang lalu, terekam sebuah kegiatan  edukasi Safety Riding yang ditunjukkan melalui foto-foto, yaitu kegiatan rutin HTML dengan sebutan program Safety Riding Course dengan memilih lokasi acara di kawasan Lenteng Agung , Jakarta Selatan (teori), Kampus UI Depok (praktek), dan touring singkat dengan sebutan Group Riding Course menuju kawasan Pemda Bogor (pulang pergi).

Acara HTML SRC kali ini, diikuti oleh 90 orang bikers yang terdiri dari mayoritas anggota HTML itu sendiri, dan diikuti pula oleh beberapa orang bikers dari klub dan komunitas tetangga, sebut saja dari HORNET 4 orang bikers, CHEMONY 4 orang bikers, ASTRA BIKERS 2 orang bikers, Independent/Privateer 3 orang bikers, dan juga ada peserta dari YRC. Namun yang menarik adalah, kehadiran peserta dari HTML Lampung yang jutsru menurunkan personilnya sebanyak 21 orang bikers.

Sebagai tamu pembicara, hadir Briptu Washington dari Polres Depok, Sedangkan acara dibuka oleh Bro Idhoy Herlambang, SekJend HTML Nasional. “Mari kita tingkatkan kesadaran berkendara motor melalui Safety Riding Course, agar edukasi Safety Riding ini bisa diteruskan dan ditiru oleh masyarakat luas. HTML harus jadi pelopor, sekaligus jadi contoh yang baik dalam etika berkendara,” kata Bro Idhoy dengan tegas.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

10 thoughts on “HTML Safety Riding Course: Tingkatkan Etika Berkendara

  1. umum boleh ikut gak yaa..

  2. wuih..ada ninja sapa tuh…

    *pura2 bego*

  3. […] Dalam acara ini, sekaligus ada pula acara pembagian Stiker NRA (Nomer Anggota Resmi). Acara ini hanya khsusu bagi mereka yang sudah berhak untuk mendapatkan NRA, dan acara ini sudah menjadi tradisi HTML disetiap acara besar selalu diberikan sesia pembagian NRA yang memang kerap ditunggu-tunggu oleh anggota baru, khususnya mereka yang sudah ikut HTML SRC (Safety Riding Course). […]

  4. Are Kaltim says:

    Great Job Brother Keep Safety Riding

  5. extensa86 says:

    luar biasa komunitas Honda.. sukses selalu bro..!

  6. gak diragukan lagi, Honda punya komunitas yang selalu memikirkan aspek keselamatan si pengendara. kampanye safety riding HONDA sukses!

  7. goldenboy says:

    hal yang mutlak diperlukan saat ini yaitu mengenai kampanye safety riding. dan HTML sudah menjalankan itu. gud job broo..!

  8. Wasington Tarigan says:

    Kapan lagi diadakan acara seperti ini, interst banget…..

  9. Hermawanto says:

    Kapan diadakan lagi acara seperti ini?
    Umum bisa ikut?
    Ditunggu kabarnya ya….

    • Rencananya tanggal 28 bulan ini nanti akan ada lagi acara serupa, dan yang akan jadi tuan rumahnya HTML Bekasi

Leave a Reply