BEBEK BELUR: Kolaburasi Akting Dua Generasi

7 April 2010. Yups.. sepertinya teman-teman sepertinya sudah pernah melihat cuplikan film BEBEK BELUR yang mana ceritanya terinspirasi dari iklan populer sepeda motor Yamaha yang di selama ini diperankan oleh Komeng, Didi Petet, Deddy Mizwar, Torro Margens, Ida Kusuma, Rima Melati, Tessa Kaunang, dan lain-lain.

Iklan televisi motor Yamaha yang selama ini dilihat oleh pemirsa adalah menceritakan kehidupan desa, dimana saat itu ada sebuah kondangan yang akan digelar, dan tiba-tiba panggung panggung hancur berantakan gara-gara melesatnya sebuah motor bebek Yamaha yang ditunggangi oleh Komeng. Cerita tersebut adalah iklan pendek yang kerap ditayangkan media televisi yang berdurasi dalam hitungan detik.

Nah, tadi malam Selasa, 6 April 2010 SL.com mendapat undangan dari Yamaha Indonesia  melalui biro iklan, dan ternyata disana ada 4 orang rekan blogger KoBOI yang ikut serta dalam undangan tersebut. Selain itu, hadir pula sejumlah wartawan dari kalangan media cetak maupun media elektronik, untuk sama-sama mengikuti press-conference yang dilanjutkan nonton bareng atau gala premier film BEBEK BELUR berdurasi 108 menit yang berlangsung di Djakarta Theatre, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Inti dari pada cerita film BEBEK BELUR ini adalah menceritakan sebuah kehidupan di desa Cibebek dimana didalam kehidupan sehari-hari kerap muncul berbagai masalah yang lucu, dan disini pihak Yamaha Indonesia telah menunjuk sebuah production house “The Agency & Square Box Film” untuk merealisasikan cerita desa ini kedalam sebuah film layar lebar.

Film komedi ini diperankan oleh sejumlah bintang film senior yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, sama seperti yang sering muncul di dalam iklan Yamaha di media televisi, hanya saja sosok Komeng sang-bintang iklan Yamaha “uhuy… yang compang-camping” kali ini tidak ikut serta terlibat di dalam film BABAK BELUR dikarenakan kesibukannya yang sangat padat dan jadwalnya tak sesuai dengan agenda pembuatan film.

Tak ketinggalan pula, para pemeran film BEBEK BELUR ini mendapat dukungan dari beberapa pemain baru yang juga menjadi pemeran utama, yaitu Mario Irwinsyah dan Rini Yulianti. Sedangkan nama selebriti lain yang ikut dalam film ini, ada grup lawak Bajaj, Ully Arta, Joshua Pandelaki, Slamet Rahardjo, Thessa Kaunang, Sam Bimbo, Valentino, Jajang C Noer, Nana S Patah, Sigit hardadi, dan masih banyak lagi. Sebagian besar dari mereka hadir dalam acara press conference yang berlangsung di Djakarta Theatre.

Setelah SL.com menonton film ini, dan terlihat ada dua generasi yang berbeda sedang beradu dalam sebuah akting film Bebek Belur. “Ya.. disana ada artis lawas, dan artis baru, dimana mereka kami padukan dalam film komedi. Lihat saja, disana ada Slamet Rahadjo, artis sekaligus sutradara dimana saya banyak belajar dari mereka yang senior,” ujar Adrianto Sinaga sang sutradara yang mampu menghadirkan deretan artis dua generasi berbeda.

SL.com semula mikir akan banyak motor Yamaha yang bakal ditonjolkan dalam film ini. “Kami tidak akan menyisipkan potongan humor seperti halnya di iklan motor Yamaha, bahkan kami tidak mendapat pesan-pesan khusus dari pihak Yamaha agar Yamaha lebih menonjol. Tidak ada!” ujar Adrianto saat ditanya oleh SL.com.

Usai menonton, ternyata apa yang dikatakan Adrianto benar juga. Yang pasti, sepeda motor yang dipakai dalam film ini memang merek Yamaha, tapi secara brand tidak ditampilkan secara menyolok. Sama seperti film barat “Transformer” disana kita ketahui mobil yang dipakai adalah merek Chevrolet, tapi isi film yang lebih banyak ditonjolkan adalah aksi robot. Pandangan dari blogger Edo Rusyanto, seperti biasa ia lebih banyak bertanya soal pemakaian helm, karena ia sebagai seorang pakar Safety Riding memang pantas bertanya soal keselamatan berkendara dari sejumlah artis yang dijumpainya.

Profile

Adrianto Sinaga dikenal sebagai seorang sutradara kelahiran Medan. Karirnya pernah ikut mensukseskan banyak film, antara lain 30 Hari Mencari Cinta (2004), Tusuk Jelangkung (2003), Titik Hitam (2002) dan juga berperan sebagai Production Designer. Keahlian Art Directornya pun pernah dibuktikan dalam film Eliana, Eliana (2002) dan Ada Apa Dengan Cinta (2001).

Film BEBEK BELUR ini merupakan karyanya yang kedua dalam debutnya sebagai sutradara, setelah pada tahun 2007 ia menyutradarai sekaligus menulis skenario untuk fillet ‘Hantu’.

Mario Irwinsyah sejatinya bukanlah pemain baru di dalam industri film layar kaca (sinetron). Namun untuk urusan film layar lebar, BEBEK BELUR merupakan film yang pertama baginya. Ia adalah anak dari artis Ida Leman yang dulu dikenal dengan nama Mario Pratama ini dikenal sebagai artis serba bisa. Selain menjadi pemeran di FTV, Mario juga aktif menjadi presenter di sebuah acara Reality Show di sebuah stasiun televisi swasta.

Rini Yulianti artis cantik dan masih muda ini berperan sebagai tokoh “Sari” yang akan dikawinkan secara paksa karena orangtua-nya yang matre, dan ia sebenarnya sudah pernah berperan di FTV. Namun untuk urusan film, judul BEBEK BELUR merupakan film yang ketiga setelah ia bermain film dengan judul “Doa Yang Mengancam” dan “Roh”.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

3 thoughts on “BEBEK BELUR: Kolaburasi Akting Dua Generasi

  1. ini bukan film pertamanya mario.. ada jagad x code, sesaat dalam pelukan, dan masih banyak lg.. coba tolong di ralat.. lalu di hapus message saya ini.. terima kasih

    • @rangga, thanks utk infonya. Soal pengetahuan artis dan dunia film memang masih kurang bagi SL.com. Komentar anda tak perlu dihapus. Harap maklum.

  2. gawat juga DSC_1547.jpg,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

Leave a Reply