Kawasaki Ninja 250R Meramaikan Sirkuit Sentul

Jakarta, 6 April 2010. Anda punya motor Kawasaki Ninja250R? Hmm.. tak ada salahnya kalau anda harus coba jajal di sirkuit Sentul untuk melihat sejauh mana kemampuan motor tersebut, apalagi kalau motor anda tersebut sudah menggalami modifikasi ganti knalpot, ganti ban, ganti foot-step, ataupun spare-part lainnya biar motornya tambah kenceng.

Ketika ajang balapan INDOPRIX (Sabtu 3 April) dan INDOSPEED (Minggu 4 April) berlangsung, boleh dikatakan geliat sirkuit Sentul mendadak menjadi ramai dan padat karena diturunkannya balapan khusus untuk kelas Kawasaki, baik dikelas 150cc (2T) atau dikelas 250cc (4T). Bicara soal motor Kawasaki Ninja 150cc (2T) memang sejak dulu sudah sering dipakai balapan, jadi motor 2T ini sudah gak heran lagi.

Lain cerita dengan motor Ninja 250R (4T) yang relatif baru, dan sewaktu dibeli harga motornya mencapai angka 50 juta. Masalahnya apa iya tuh motor cuma jadi pajangan dirumah saja? Betul atau tidak, kebanyakan pemilik motor Ninja 250R masih pada ‘sayang-sayang’ dengan motornya, karena relatif baru dan jarang mau dipakai buat aktifitas harian, apalagi dipakai balapan di sirkuit Sentul!

Kalaupun sudah mengalami modifikasi, paling banter kebanyakan dipakai buat gaya-gaya doang. Betul gak sih? Ya sudah.. yuk sekarang kita lihat sirkuit Sentul yang dapat terekam oleh kamera SL.com, dan ternyata disela-sela balapan INDOPRIX dan INDOSPEED tersebut, OMR Kawasaki punya ajang tersendiri, dimana pintu balapan kini makin terbuka lebar khususnya bagi para pemilik Kawasaki Ninja 250R 4T menjajal motornya dengan kecepatan tinggi. Diantara mereka ada yang datang bersama klub dan komunitas, dan ada pula bergabung dalam sebuah tim, dan yang tak kalah menarik ada yang datang sendirian alias privateer.

OMR (One Make Race)

Balapan motor Kawasaki yang berlangsung di Sentul kemarin memang disebut sebagai balapan OMR Kawasaki yang langsung dibabat sebanyak dua seri, baik untuk kelas 1500cc dan 250cc. Hanya saja balapan motor Kawasaki tersebut di barengi dengan ajang INDOPRIX (Sabtu), dan INDOSPEED (Minggu). Pihak ATPM PT Kawasaki Motor Indonesia, Freddyanto Basuki pun menilai event ini sukses.

“Yang penting jumlah pesertanya makin banyak, artinya gelaran macam ini makin diminati, balapannya juga rapih. Ada pemikiran untuk dikembangkan jika ajang ini menjadi tingkat regional dan internasional,” ungkap Freddy ketika itu hari Sabtu lagi sibuk karena kehadiran brand ambassador Kawasaki Edge, artis cantik Titi Kamal.

Privateer

Bagi mereka yang bawa bendera sebuah tim, atau klub dan komunitas, harus bersedia membayar sewa paddock, namun yang datang sebagai privateer cukup buka paddock sendiri di halaman parkir, alias dilokasi open space (ruang terbuka tanpa atap).

Seorang peserta privateer yang sempat ditemui lagi duduk berteduh dibawah pohon, di area diparkiran mobil, karena ia tak menyewa paddock sempat berujar: “Gue sih emang datang sendirian aja Om, gak bawa nama tim atau sponsor. Tujuan gue ikut balapan, ya.. cuma mau tau aja sejauh mana sih kemampuan motor ini dibandingkan dengan motor Ninja 250 yang lain.

“Ya.. dari pada tuh motor cuma dijadikan pajangan dirumah, mendingan gue jajal dulu, sekedar mau tau aja!”  tambah pria matang yang kemudian memperlihatkan sosok motor Ninja 250R warna hijau tahun 2009 yang sepintas tampil masih standar, tapi jeroannya tidak dijelaskan secara rinci.

Sementara itu, seluruh perlengkapan balapnya terlihat lagi dijemur dan ia datang ke Sentul hanya menyewa mobil mini pick-up. Jelas terlihat bagaimana semangatnya ikut balapan, walaupun sosok orang tersebut sudah tidak muda lagi, paling tidak ia bukanlah jagoan di kandang. Demikian pula ketika race Ninja 250R mau dimulai, terlihat dari balik helm, wajah para pembalap Ninja tersebut banyak yang sudah berumur, tampaknya mereka menjalankan balapan hanya sekedar refreshing dan hobi. Seorang pria bule tua pun ada yang ikut.

Tim Balap

Lain cerita yang datang sebagai sebuah tim, jelas ini lebih lengkap, baik sarana maupun dukungan yang tersedia dari pihak sponsor. Contohnya, sebuah tim dari  ‘Chemonk Modified’ yang siap turun dengan beberapa motor. Selain motor Ninja 205 4T, Chemonk juga turun dalam kelas Ninja 150cc 4T, bahkan ada juga sebuah motor balap Yamaha R6 yang juga siap diturunkan untuk kelas Supersport.

Beberapa motor Ninja 250R sempat difoto oleh SL.com dari arah pitlane, dan sosok Andri “Chemonk” Irwan yang dikenal sebagai tim leader, sekaligus pemilik ‘Chemonk Modified’ akhirnya muncul di pitlane. Saat bertatap muka dan jabat tangan, ia tak banyak  melakukan percakapan dengan SL.com kecuali saling bertukar kartu nama, dan Andri hanya mempersilahkan SL.com masuk ke dalam paddock-nya untuk melihat-lihat secara dekat. Terlihat ada 3 unit motor Ninja 250R siap diturunkan serta beberapa unit Ninja 150 cc, dan terakhir Yamaha R6.

Sentul Terbuka Untuk Balapan

“Siapapun yang punya motor Kawasaki Ninja, baik 150cc ataupun 250cc boleh saja diadu dalam arena balapan. Baik mereka datang bersama klub dan komunitas, ataupun privateer silahkan saja datang ke Sentul. Hubungi kami para petugas agar diatur soal waktu latihan dan jadwal balapan,” demikian ujar Tinton Soeprato pimpinan dan pengelola sirkuit Sentul beberapa waktu lalu pada sebuah briefing singkat.

Adapun pesan yang ingin diungkapkan oleh Tinton, bahwa pihak pengelola sirkuit Sentul ingin sekali meramaikan balapan, dan Kawasaki yang sudah terkenal sebagai motor berkarakter balap, diharapkan mau ikut meramaikan sirkuit. Tentunya, semua pembalap harus mengikuti aturan yang berlaku, antara lain mendaftar, menyesuaikan waktu latihan, membayar, dan mengerti soal denda atau sanksi yang berlaku.

So my friend, apakah Anda benar punya motor Kawasaki Ninja250R? Hmm.. tak ada salahnya kalau anda mau coba jajal di sirkuit Sentul. Jangan mau kalah dengan motor bebek underbone yang sudah sering balapan, bahkan motor jenis Matic, Pulsar, Minerva, Honda Tiger, dan Honda CB150 sudah pernah menjajal sirkuit Sentul. Nah, sekarang bagaimana dengan motor Ninja250R anda?

Chemonk Modified

Untuk anda yang masih ragu dengan Ninja 250R-nya dan anda ingin berkonsultasi bagaimana motornya bisa ikut balapan di Sentul, silahkan hubungi Chemonk Modified, Jl. Asyirot No. 2A 09/03, Kebayoran Lama, Jakarta Barat. Telp/Fax. (021) 5349508.  Website: www.chemonk-modified.com. E-mail: chemonk2@yahoo.co.id. Selain modifikasi, Chemonk juga melayani painting, auto detailing, parts, service & tune up, jetting, racing equipment, dan sticker cutting.

HASIL LOMBA

Untuk seri 1: juara pertama adalah Adrian R(3DI racing IRM Ridiatma), kedua Hendra R (Sportising Racing), ketiga Danu Andry W (Sprtising Racing). Untuk seri 2: juara pertama adalah Nico Julian (Anjany CLR Racing), kedua Ricky Ristan (Mililoto Racing), dan ketiga M. Zupri (BMS FDR racing).

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

11 thoughts on “Kawasaki Ninja 250R Meramaikan Sirkuit Sentul

  1. pertamax…. 😛

    Nice info Om Stephen 😀

  2. tinggal nunggu waktu kapan nih bro SL turun balapan 🙂

  3. keren2 motornya bang….cuma kurang sedikit bumbu UG 😀

  4. kapan nih Honda , Yamaha , Suzuki mengeluarkan 250 cc melalui ATPM Indonesia

  5. wah..postingannya kompor banget nih..jadi pengen ngulik ninja..tapi sayang kalo rusak..buat disayang2 aja deh..hihihi

  6. wah mantap om…jadi mupeng moge neh..:D

  7. yang doyan racing silahkan coba di circuit………..yang doyan sambil menikmati alam ya touring aja daghhhh…….kalo cuma dipajang doang malah gak awet heh…heh….

  8. insya Allah saya mau beli N250 nih..
    tp saya takut kebut2 an, kalo cuma liad balapan its ok kan..

  9. aidil ihsan hasibuan says:

    ada juga ini rencana beli ninja 250r ini, desain dan performanya bagus juga

  10. FYI
    Profile Andri Irwan sebagai pemilik Chemonk Modified ada di artikel ini:
    https://stephenlangitan.com/2011/02/andri-irwan-pemilik-chemonk-modified/

  11. keren2 mtr ny……….

Leave a Reply