Penampilan Perdana Ducati Indonesia Racing Team

Jakarta, 5 April 2010. Kehadiran “Ducati Indonesia Racing Team” di arena balapan di Indonesia memang masih seumur jagung, tapi penampilan tim ini pada balapan kelas nasional, IRS INDOSPEED RACE SERIES 2010 Seri I boleh dibilang sangat baik. Balapan itu sendiri berlangsung di Sirkuit Sentul Jawa Barat hari Minggu 4 April 2010 yang disaksikan oleh sebagian warga masyarakat penyuka otomotif balapan.

Pembalap Ducati yang diturunkan untuk kelas Superbike adalah Matteo Guerironi (42 tahun), ia mampu menjadi pertama setelah menyelesaikan 12 putaran. Sedangkan, pembalap muda berbakat kelas Supersport, Dimas Eki Pratama (17 tahun) masuk urutan ke-empat setelah menyelesaikan 20 putaran dengan balapan yang sangat ketat bersaing dengan seorang pembalap lainnya untuk mendapakan garis finish. Kedua pembalap Ducati ini menggunakan motor berkelir putih polos sehingga mudah dikenal ketika turun berlomba di sirkuit.

Inilah penampilan mereka yang pertama kali sejak tim ini diperkenalkan kepada publik pada bulan Oktober 2009 lalu bersamaan dengan peluncuran produk baru dari Ducati, yaitu Ducati Streetfighter dan Ducati Superbike 1198. Selain itu, tim Ducati yang masih baru ini  sempat beberapa kali ditonjolkan melalui event-event khusus, antara lain disaat ajang Indonesia Series of Motor Sport 2009, kemudian disaat grand Opening Showroom Ducati di Bengkel Cafe kawasan SCBD Jl. Jend. Sudirman, Jakarta. Sejak dari acara-acara tersebut membuat publik makin penasaran bagaimana kiprah tim yang baru dibentuk ini.

“Ini memang race Ducati yang pertama dan resmi yang bisa disaksikan oleh publik dan para pencinta balap motor balap.  Kami turunkan motor Ducati yang terbaru dengan pembalap berpengalaman Matteo dikelas Superbike pakai Ducati 1198, dan Dimas di kelas Supersport pakai Ducati 848. Khusus untuk Dimas, ia memang belum berpengalaman, tapi kami melihat dia punya style jadi seorang pembalap berbakat diwaktu mendatang. Mereka sepenuhnya kami dukung agar menjadi pembalap berprestasi, sehingga mampu menggairahkan balapan motor sport di Tanah Air,” ujar bro A.S. Nugroho selaku Team Leader Ducati Indonesia yang juga menjabat sebagai President Director PT Supermoto Indonesia (ATPM Ducati Indonesia).

Ducati Indonesia Serius

Tampaknya keseriusan Ducati Indonesia ikut balapan motor memang tidak main-main diajang balapan INDOSPEED ini. Tim ini selayaknya memang harus ditiru dan diperhitungkan, selain mereka telah menurunkan dua pembalap bayaran, tim ini juga telah mempersiapkan balapan dengan sejumlah latihan. Harus diakui biaya operasional balapan bermerek Ducati cukup mahal, tapi balapan tetap jalan.

Tak lupa dibalik kehadiran mereka ke Sentul, ada sebuah tim khusus yang solid terdiri dari manager, assisten manager, mekanik, support, kru, fotografer, dan cameraman. Bahkan tugas cameraman adalah merekam semua kegiatan balapan, wawancara, dan sebagainya bukan sekedar untuk keperluan pribadi, tapi nantinya akan ditayangkan di salah satu media TV.

Tak itu saja, pitstop sirkuit Sentul yang semula hanya tampil standard, ini disulap dengan karpet merah, dan ruangan diperluas dengan bilik khusus berwarna putih ditambah dengan poster-poster dan logo Ducati menambah kemeriahan pitstop Ducati semacam balapan ajang MotoGP atau WSBK. “Wah.. serasa berada di balapan internasional,” ujar tamu yang  lagi berkunjung ke area paddock Ducati.

Setelah membandingkan dengan pitstop milik tetangga, terlihat pitstop milik Ducati sangat exklusif, bahkan didalamnya tersedia kulkas minuman segar, serta buah-buahan pisang segar. Sosok umbrella girls dengan tiga gadis berkostum merah secara khusus disediakan oleh tim Ducati sendiri, ini beda dengan tim lain karena adanya sponsor dari sebuah brand tertentu.

Mudah-mudahan dengan hadirnya Ducati di ajang balapan nasional, paling tidak hal ini dapat menggairahkan balapan motor kelas Supersport dan Superbike di sirkuit Sentul. Harus kita akui geliat balapan kelas motor besar memang belum mendapat dukungan penuh dari ATPM atau pabrikan motor Jepang, antara lain Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki. Setahu SL.com pabrikan saat ini Jepang masih fokus pada balapan motor bebek INDOPRIX.

PHOTO GALLERY

 

Please follow and like us:

One thought on “Penampilan Perdana Ducati Indonesia Racing Team

  1. […] muncul di di lintasan sirkuit adalah anak muda umur belasan tahun, contohnya Dimas Eki Pratama dari Ducati  Indonesia Racing Team yang baru berusian 17 tahun turun dikelas Supersport bersama pembalap tangguh nasional, yaitu M. […]

Leave a Reply