Mau Tau Teknis Adu Irit Honda Revo 110cc?

Jakarta, 29 Maret 2010. Lomba adu irit Honda Revo 110 cc seri-kedua yang berlangsung di ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat (Minggu 28 Maret 2010) berlangsung cukup meriah, walaupun diselingi sedikit turun hujan tapi gangguan ini sama sekali tak menyurutkan semangat para peserta yang ikut berlomba adu irit dengan jumlah sekitar 150 orang.

PT ASTRA HONDA MOTOR (PT AHM) bekerjasama dengan PT Wahana Makmur Sejati sebagai distributor penjualan sepeda motor merek Honda untuk wilayah DKI Jakarta-Tangerang telah membuat acara ini tidak semata-mata hanya untuk perlombaan adu irit, tapi juga menggelar hiburan panggung dan juga tersedia aneka ragam booth/stand, arena bermain anak-anak, hingga arena Safety Riding. Bagi mereka yang datang bersama keluarga terasa lengkap, karena semua sarana dan prasarana terletak dalam satu area di halaman parkir timur ITC Cempaka Mas.

Dalam perlombaan adu irit Honda Revo kali ini (sebelumnya berlangsung di Surabaya, baca artikel ini), sebuah motor Honda Revo dengan kondisi standard dari pabrikan ditunggangi oleh Budi Satryo telah mencatat angka terbaik konsumsi bahan bakan bensin 1 liter untuk 103,215 km. Dengan demikian Budi dinobatkan sebagai pemenang pertama.

Jika mau dibandingkan dengan pemenang di Surabaya, Bambang Gunawan, jelas hasil 103,215 km/liter ini memang jauh lebih kecil dari angka fantastis 187,908 km/liter.

Bisa jadi hal ini terjadi karena berbagai faktor, antara lain kondisi jalan yang lebih padat, dan peserta di Jakarta beberapa kali melewati tanjakan fly-over yang membutuhkan tarikan gas lebih kencang. Tapi bagaimanapun juga, menurut SL.com jika hasilnya bisa mendapatkan 1 liter per 100 km keatas, maka ini bisa dikatakan sebagai motor irit.

Sampai disini barangkali para pembaca blog ini masih penasaran, memang-nya bagaimana sih hitungan artau rumus yang dipakai, serta teknis dilapangan? Beruntung SL.com menyaksikan sendiri bagaimana teknis perlombaan adu irit Honda Revo, mulai dari are paddock, timbangan, garis start, garis finish, dan timbangan akhir.

Sebagai gambaran umum, SL.com mencatat sebuah Honda Revo 110cc yang ‘masih baru’ atau gress dari pabrik dan belum ada STNK/plat nomor dengan catatan odometer 1.3 km. Angka ini terlihat sama untuk semua ke-12 unit motor baru yang telah disediakan oleh PT AHM, dan motor ini hanya khusus digunakan oleh kalangan media (wartawan) atau undangan. Ketika sampai di garis finish, secara rata-rata motor ini pun sama-sama mencapai angka 18.5 km. Maka, total jarak tempuh motor baru ini hanya 17.2 km.

Inilah dia hitungan atau rumus-nya: Berat jenis bahan bakar jenis premium Pertamina = 714 gram/liter. Menurut panitia, mereka membeli bahan bakar (BB) premium di tiga tempat SPBU Pertamina, tapi yang dipilih adalah BB yang memiliki berat jenis paling berat. 1 liter = 714 gram atau 1 gram = 1/714 liter. Jarak tempuh = 18.2 km (odomometer finish dikurangi dengan angka saat start). Pemakaian BB = 192.7 gram (timbangan awal dikurangi dengan timbangan akhir)

Hitungan:
= 18.2 km/(192.7 x 1/714 liter)
= 18.2 km/0.269887955 liter
= 67.43539 km/liter

Kesimpulan akhir = 1 liter BB premium untuk 67.4 km

Faktor penentu: 1. Berat jenis bahan bakar, semakin berat semakin baik; 2. Pemakaian gas dan operan gigi yang smooth/halus; 3. Kondisi lalu-lintas; 4. Usia motor; dan 5. dan lain-lain

Untuk rute adu Irit Honda Revo yang berlangsung di Jakarta dimulai dari ITC Cempaka Mas melewati kawasan Sunter, Kemayoran, Cempaka Putih dan berakhir kembali di ITC Cempaka Mas. Menurut rekan-rekan media, bahwa rute yang ditempuh memang penuh dengan kelokan, kemacetan, bahkan ada beberapa tanjakan fly over ini berjarak sekitar 18.5 km.

“Hasil ini merupakan hasil yang riil karena melewati jalan umum yang memang biasa dilewati oleh masyarakat Jakarta, bukan jalur khusus yang tidak ada traffic-nya,” ujar Senior Manager Technical Service Departement PT Astra Honda Motor (AHM) Handy Hariko, di sela-sela Adu Irit Revo di ITC Cempaka Mas, Jakarta, Minggu (28/3/2010).

Hasil pemenang seri kedua adu irit Honda Revo di Jakarta 28 Maret 2010: 1. Budi Satryo (103,215 km); 2. M.Lukman Hakim (90,242 km); 3. M.Husain (89,805 km); 4. Gloria (88,702 km); dan 5. Mafruchi Amir Fauzi (85,438 km).

Masih penasaran dengan perlombaan ini? Silahkan saksikan sendiri atau jajal Honda Revo, entah itu milik sendiri, punya teman, punya ortu, siapapun bisa dipakai asalkan dalam kondisi standard. Untuk seri ketiga akan berlangsung di Bandung, 11 April 2010 mendatang. Ikutan yuk..

Please follow and like us:

10 thoughts on “Mau Tau Teknis Adu Irit Honda Revo 110cc?

  1. kenapa ya ahm kok nggak sekalian ngadain adu irit sampai mogok biar lebih fair atau paling nggak dikisaran jarak 60km ke atas. Karena faktor perkalian nggak mencerminkan aktual pemakaian.

    • jhony hidayat says:

      betul sama sama diisi 1 liter coba jarak tempuh jauh mana,,, jangan asal adu irit, trus pake teori sendiri.. karuan saja..

  2. kijokobodo says:

    mana nie Yamaha yang katanya ada motor yg iritttt…

    ayo donk, jgn mau ketinggalan…

    jgn omong doank.. buktikan…

  3. Are Kaltim says:

    Hondaaa Emang lebih irit….kalau ada yang bilang lebih irit ayo buktiian aja…….

  4. […] di pintu masuk parkiran motor Basement 2 (baca artikel ini). Ketika SL.com menghadiri acara “Lomba Adu Irit Honda Revo” Minggu, 28/3 di ITC Cempaka Putih, lagi-lagi SL.com melihat outlet Mr. Helm yang berada pas di […]

  5. […] Maret 2010. Coba anda perhatikan geliat ATPM di saat punya acara besar, sebagai contoh disaat acara “Lomba Adu Irit Honda Revo” Minggu 28 Maret 2010 yang lalu, pada saat itu pihak ATPM Honda melalui main dealer Honda […]

  6. Muhamad Kardan says:

    Dalam lomba adu irit Revo 28 Maret 2010, ada juga yg sampai habis bahan bakarnya , karena rute yg di tempuh tdk tahu jalannya jadi muter – muter begitu mau finish di bantulah pake dorong ,,,,, ha ha ha ituyg paling lucu

  7. powerpuffgirlz says:

    Honda semakin menguatkan image irit, bukan hanya pengujian lewat test koyo gini tapi juga masyarakat bisa buktiin sendiri artinya ga omong tok tapi bisa dicoba sendiri di lapangan…Well done Honda!!

  8. Aku juga punya motor honda revo 110, dan aku masih ragu, mengapa, ketika baca-baca artikel di internet, bahwa konsumsi bahan bakar 1 liter bensin honda revo 110 itu hanya kurang lebih 40 km, padahal di acara lomba adu irit mencapai 67,4 km untuk 1 liter bensin, honda revo 110, oleh karena itu mana yg benar ya, trim’s.

  9. untuk jarak tempuh 1 ltr revo 110cc standarnya brapa ya?》
    karena revo 110 rakitan tahun 2012 milik saya, bensin 2 ltr hanya dpt menempuh jarak 70 km.
    jika diseting irit apakah akan bikin rusak mesin?
    trims.

Leave a Reply