Mengenal Lebih Dekat DAYTONA & RS TAICHI

Jakarta, 15 Maret 2010. Yuk mari kita mengenal lebih dekat dengan produk  asal Jepang yang punya nama Daytona dan RS Taichi, apa dan bagaimana kehadirannya di Indonesia. Sebagai orang yang punya hobi motor, sudah pastilah paham dengan nama Daytona, apalagi buat mereka yang gemar dengan modifikasi motor.

Pada umumnya nama Daytona dikenal sebagai pemasok spare-parts, atau suku cadang sepeda motor dan juga perlengkapan asesories motor yang bertujuan untuk menambah keyakinan para pemilik motor agar semakin PD “percaya diri”.

Kenapa demikian, biasanya motor keluaran pabrikan dengan kondisi standard akan dipandang sebagai barang umum (hal biasa). Tapi, disaat motor sudah disentuh, dimodifikasi, atau didandani dengan suku cadang merek Daytona, maka motor tersebut akan memiliki nilai lebih.

Percaya atau tidak percaya, soal modifikasi memang tidak ada matinya, yang tidak lain modifikasi punya tujuan untuk menambah penampilan, lebih gaya dan membuat motor jadi beda dengan keluaran standard. Biasanya, secara fungsi, spare-part yang diganti adalah sama, tapi karena ini produknya asal Jepang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit, yang penting gaya dan motor kerap dilirik orang.

Kebetulan, saat SL.com sedang melakukan kunjugan ke showroom Motoritz, disana bisa bertemu langsung dengan pejabat-pejabat penting Daytona di Indonesia, antara lain Isao Amano, President Director PT Daytona Azia, merangkap Director Asian Department.  Kemudian ada juga Fariz Aldino, Research and Development Marketing PT Daytona Azia. Sedangkan dari RS Taichi, ada Ryoji Fujita, sebagai International Sales Manager RS TAICHI.

Sejarah Daytona

Perusahaan Daytona didirikan oleh Henry Abe di Osaka pada bulan April 1972. Semula usaha Daytona adalah mengekspor keperluan spare-parts untuk Harley Davidson di Amerika Serikat. Namun demikian, Daytona berusaha keras untuk menciptakan berbagai kebutuhan spare-parts lainnya untuk segala merek motor dan kini telah menyuplai kebutuhan sepeda motor di 30 negara, termasuk negara Indonesia.

Daytona di Indonesia

Daytona hadir di Indonesia dimulai sejak tahun 1994. Pada awalnya Daytona hanya concern atau peduli pada kegiatan racing (balapan motor).

Dulu Daytona pernah bekerja sama dengan beberapa tim balap nasional, sebut saja tim balap nasional Hendriansyah selama empat tahun berturut-turut dimana Daytona berperan aktif sebagai sponsor balapan.

Namun sejak dua tahun yang lalu (2008), Daytona membuka kantor research and development di kawasan industri MM2100 Cikarang. Tidak lain adalah Daytona ingin membangun dan membesarkan bisnisnya di Indonesia yang tidak hanya concern pada balapan atau racing motor saja, tapi  juga produknya bisa juga diterima untuk motor apa saja yang ada di Indonesia. Memang harus diakui, sejalan dengan pertumbuhan industri motor di Indonesia yang semakin meningkat, hal ini jelas memberikan peluang bagi usaha suku-cadang dan asesories yang terkait langsung dengan industri sepeda motor.

“Kami ingin membangun kultur motorcycle di Indonesia, dengan sarana pendukung dan kebutuhan spare-parts yang berkualitas tinggi. Karena Daytona sendiri, khususnya di negara asalnya Jepang, memang sangat terkenal sebagai part-maker and accesories (red=pembuat suku cadang dan asesories motor). Daytona menjadi nomor satu di Jepang. Tidak hanya suku cadang, tapi juga kebutuhan motor lainnya, seperti helm, jaket, sepatu, dan semua keperluan gear and apparel biker,” demikian kata Fariz yang sempat diwawancarai oleh SL.com saat bertemu di showroom Motoritz.

Daytona kerjasama dengan merek lain

“Kami tidak hanya memproduksi dan menjual produk sendiri, tapi Daytona dalam jaringan pemasaran, juga bekerja sama dengan beberapa nama produk terkenal yang sudah terseleksi, antara lain jaket dan sepatu merek RS Taichi yang terkenal dengan baju balapnya. Selain itu ada juga nama produk Permatex yang khusus memproduksi bahan-bahan kimia untuk keperluan hobi bongkar-pasang motor. Nama Permatex memang sudah sangat terkenal sebagai produk perawatan motor dari pabrikan asal Amerika Serikat yang sudah berumur lebih dari 100 tahun,” ujar Fariz yang sementara lagi memberikan keterangan  didampingin oleh boss-nya yang asli orang Jepang, Isao Amano.

“Jadi, Daytona di Indonesia ingin membangun kultur baru untuk segala macam keperluan sepeda motor yang kini menjadi hobi, mulai dari penyediaan parts, asesories, apparel, hingga perawatan dengan produk-produk yang berkualitas. Yang pasti produk Daytona memiliki standard kualitas yang tinggi, sehingga memungkinkan produk Daytona bisa dipakai untuk balapan/racing ataupun untuk dipakai harian. Kami pun melayani semua semua jenis merek motor. Untuk lengkapnya, dan produk apa saja yang ada di Indonesia bisa dilihat di katalog produk Daytona 2010 yang tersedia di semua outlet penjualan produk Daytona,” tambah Fariz lagi.

Produk  Daytona di Indonesia sebenarnya hampir semua masih utuh diimport dari Jepang, bisa dibilang 99% langsung dari Jepang. Kantornya di Cibitung adalah sebagai research and development office yang hanya memiliki tenaga kerja cuma 9 (sembilan) orang staff.

Semua suku cadang dari setiap motor yang diproduksi di negara Indonesia dipelajari dulu satu-persatu, kemudian beberapa parts yang dirasa penting untuk di kembangkan maka selanjutnya dikirim ke Jepang, kemudian part tadi diproduksi di Jepang untuk dijual lagi di Indonesia sebagai produk suku-cadang atau asesories yang berkualitas tinggi.

Fariz masih menambahkan keterangannya lagi: ” bahwa produk Daytona sudah tersedia dijual diseluruh kota di Indonesia. Mulai dari Sumatera hingga Papua. Untuk kota-kota besar di pulau Jawa, hampir semua kota merata sudah menjual produk  Daytona. Hanya saja mungkin beberapa produk yang belum merata tersebar. Oleh karena itu, Daytona ingin mengembangkan outlet distribusinya seluas mungkin, dan salah satu outlet Daytona yang lengkap ada Motoritz. Kebetulan Motoritz memiliki paket menarik, dan lagian semua kebutuhan motor semuanya sudah ada disini. Jadi kami pun bangga bisa bekerjasama dengan Motoritz,” papar Fariz yang mendapat anggukan berkali-kali dari boss-nya, Isao Amano.

Bebarapa part dan suku cadang Daytona ditunjukkan, bahkan ada yang dijelaskan secara langsung oleh Isao Amano dengan bahasa Inggris dicampur dengan nada suara atau dialek Jepang. Salah satu penjelasannya, adalah menuju ke motor display Kawasaki Ninja 250R yang mana motor Kawak ini kin jadi trend-setter biker di tanah air Indonesia. Kebanyakaan konsumen sudah bosan dengan mesin motor 200cc, dan kini makin banyak pengendara motor yang punya selera tinggi dan naik tingkat ke motor dengan kapasitas mesin 250cc.

Tim research and development Daytona dengan cermat segera membaca peluang usaha ini, akhirnya Daytona dengan cepat ikut pula memproduksi beberapa pilihan spare-parts untuk modifikasi Kawasaki Ninja 250R, antara lain back-step yang bisa di-setel dengan 4 posisi. Tersedia dengan dua pilihan warna kuning (gold anodizing, part no. A0514) , dan warna silver (silver anodizing, part no. A0513).

Selain itu, tersedia pula engine protector, dengan nama produk Daytona Engine Slider yang terbuat dari plastik khusus POM, yaitu plastik poliasetal dengan kombinasi struktur dasar alumunium. Alat ini khusus untuk meredam benturan pada saat motor terjatuh, dan mengurangi kerusakan pada mesin. Alat ini didesain bolt-on dengan kode part no. A0421. Lumayan kalau alat ini dipakai di motor, setidaknya dapat melindungi fairing motor Ninja 250R. Anda tertarik dengan produk ini?

Ada lagi produk andalan Daytona, yaitu karbon kevlar yang melapisi beberapa bagian motor Kawasaki Ninja 250R. Beruntung pada saat itu  juga mendapat penjelasan langsung dari Isao Amano bahwa produk ini memiliki kualitas baik, dan ini bukan semabarang karbon. Singkat kata, karbon ini memang bagus, dan terlihat motor Ninja 250R pun seperti motor kelas MotoGP. Mantaff!

RS TAICHI

Nama ini bukan kependekan dari Rumah Sakit Taichi, tapi nama RS Taichi jauh lebih dikenal sebagai produsen baju balap (suit race), dengan perlengkapan lainnya, antara lain sepatu motor dan sarung tangan (glove).

Menurut penjelasan yang diberikan oleh Ryoji Fujita, selaku International Sales Manager RS TAICHI bahwa produk baju balap RS Taichi terbuat dari bahan kulit yang berkualitas tinggi. Beberapa nama pembalap kelas MotoGP, kelas 250 CC, dan  125 CC ikut pula disebut-sebut oleh Ryoji sebagai pengguna produk merek RS Taichi. Artinya pembalap dunia pun mengakui kualitas bahan dan produk merek RS Taichi ini.

Secara material, produk RS Taichi memang memiliki kualitas bahan kulit yang bermutu dan juga jahitannya terlihat sangat rapih. Hal ini ditunjukkan langsung oleh Ryoji sambil memperlihatkan beberapa jaket yang ada di display showroom Motoritz. “Jika ada pembalap nasional Indonesia ingin memesan dan menggunakan nama sendiri dan logo sponsor, maka hal ini sebaiknya dipesan dan dikonsultasikan dulu dengan pihak Daytona Indonesia (red=PT Daytona Azia). Karena Daytona yang memegang lisensi penjualan semua produk RS Taichi di Indonesia,” demikian papar Ryoji yang fasih dengan bahasa Inggrisnya.

Jika anda ingin berhubungan langsung dengan Daytona, apakah anda ingin memesan baju balapnya RS Taichi, atau ingin membuka jaringan distribusi, silahkan saja dicatat alamat PT DAYTONA AZIA, Jl. Flores III Blok C3-3, Kawasan Industri MM2100 Cikarang Barat, Bekasi 17845, Indonesia. Telp. (021) 8998-3135 / (021) 8998 3228. Fax. (021) 8998 3136. Website: www.daytona.co.jp

PHOTO GALLERY

 

Please follow and like us:

14 thoughts on “Mengenal Lebih Dekat DAYTONA & RS TAICHI

  1. RS TAICHI MADE IN CHINA..

    • Diproduksi di China tetapi dalam pengawasan negara asalnya Jepang. Ini sama saja dengan produk2 yg pakai branding asal USA/UK kini hampir semuanya di produksi di China. Liat saja produk2 yg ada disekitar kita, secara rata2 pakai label Made in China.

  2. Oom SL, distributor resmi RS Taichi tuh siapa sih? Juraganhelm.com juga claim dia distributor resmi RS Taichi

    “Dengan ditunjuknya Juragan Helm sebagai dealer resmi RS Taichi di Indonesia, kami berusaha untuk melengkapi koleksi RS Taichi yg terbaru (jacket, gloves, racing suits, dll).”

    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2588567

    • Distributor produk RS TAICHI di Indonesia adalah PT DAYTONA AZIA. Sedangkan untuk jaringan pemasaran, seperti, agen, dealer, toko, outlet, kios, siapa saja bisa menjual asalkan punya perjanjian kerjasama dengan PT DAYTONA AZIA.

      Mudah2an staff PT Daytona Azia bisa memberikan penjelasan lebih lanjut.. 🙂

    • Om Domo,
      untuk clearing aja…. Juragan Helm sebagai “dealer” resmi RS TAICHI yg ditunjuk juga oleh Daytona Azia 🙂
      Jadi distirbutornya ttp Daytona Azia… gitu loh… hehehe…

  3. […] DAYTONA, SL.com akan sudah menyiapkan sebuah artikel tentang “apa dan bagaimana” atau seluk-beluk DAYTONA dan RS TAICHI. Karena kebetulan saja pada kunjungan ke Motoritz kemarin, SL.com menemui beberapa staff dan pihak […]

  4. ooh gitu… hehe.. soalnya dari luar barangnya keliatan jepun sekali.. ternyata made in china..

    tapi yang aku pakai mantap lah.. dingin.. thanks to juraganhelm.com

  5. recommended banget rs-taichi yang mesh.. nggak bikin gerah…

  6. jadi barang2 made in china gag bisa dianggap remeh dunk… ?!

    • betul bro.. jadi ingat bbrapa pabrik di Indonesia juga ada yg dpt lisensi memproduksi merek2 terkenal, tapi produk jadinya kembali ke negara asal. Proses produksi diawasi ketat ama orang2 asing. Yg pasti label made in Indonesia tertulis jelas. Sayangnya yg beginian dah berkurang, dah bergeser ke China.

  7. Wah, mantep deh. Sepatu RS Taichi-nya keren tuh, sesuai sama yang ane cari. Next time pulang ke jakarta beneran sempetin mampir deh. Weekend kemaren mau mampir ga sempet karena banyak acara. Akhirnya cuma sempet lewat & klakson2an sama bikers yg lagi nongkrong disana.
    Ane dari dulu memang termasuk penggemar produk RS Taichi karena lumayan keren & harga lumayan terjangkau bila dibandingkan yang branded.

    Sebenernya ada satu lagi merek yang ane cari kalo lagi ke singapore selain RS Taichi, yaitu Komine. Ngga ikutan masuk ya?

  8. Kalau lgsung bli spare part daytona di wilayah mm2100 bisa ndak?

  9. perbedaan rs taichi mirror quality sama original apa om TS ? ori made in China, mirror quality made in china. apa ada kode kode khusus yang dirancang manajemen RS Taichi supaya menginformasikan konsumen bahwa product ini authentic. makasih

Leave a Reply