Motor Honda jadi pilihan Jelajah Tanpa Batas Indonesia

Sebuah progam perjalanan touring jarak jauh, berjuduli “Jelajah Indonesia Tanpa Batas” yaitu berkendara sepeda motor keliling Indonesia kembali digagas oleh Stephen Langitan dalam rangka mengangkat dunia pariwisata Indonesia dengan platform bernama “Wisata Bermotor” untuk berpertualang menjelajah keindahan negeri tercinta, Republik Indonesia.

Kabar bagusnya, sepeda motor merek Honda menjadi pilihan ikut serta dalam program “Jelajah Indonesia Tanpa Batas” dengan alasan sepeda motor Honda sudah terbukti sangat handal dan irit hemat bahan bakar, bahkan jaringan servis motor sudah tersedia hampir disetiap pelosok daerah.

Untuk perjalanan kali ini, jika memang Tuhan mengizinkan atas rencana ini maka saya akan membawa motor terbaru All New CBR150R StreetFire (baru diluncurkan 5 Mei 2021) yang dikenal sebagai motor gesit, lincah untuk dipakai perjalanan jarak jauh. Sementara itu, anak saya Bryan Langitan (18 tahun) juga akan ikut serta mendampingi perjalanan ini dan ia akan membawa Honda ADV150 sebagai motor matic adventure. Kami berdua akan bekerja sama “collaboration father and son work together”.

Mungkin pembaca ada yang bertanya, apa latar belakang dari program “Jelajah Indonesia Tanpa Batas” ini?

Jawabannya adalah akibat masalah kelesuan ekonomi yang terjadi di Tanah Air akibat pandemi Covid-19 yang telah menyulitkan kelesuan di berbagai sektor, khususnya sektor pariwisata yang menjadi latar belakang munculnya gagasan wisata berbasis otomotif ini dengan tujuan agar geliat ekonomi dan industri pariwisata Indonesia kembali bergairah.

Oleh karena itu, program “Jelajah Indonesia Tanpa Batas” dibuat dan menurut rencana (sesuai proposal) akan terbagi dalam beberapa bagian/sesi, yaitu:

Sesi 1 dijadwalkan sebagai berikut:

  • Tujuan jelajah keliling Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur hingga ke perbatasan Timor Leste (gambar peta dan rute lihat di halaman berikutnya)
  • Jarak tempuh 8.500 KM (pulang pergi)
  • Start dari Jakarta, 1 Juni 2021 dan Finish di Jakarta, 31 Juli 2021

Sesi 2 dijadwalkan sebagai berikut:

  • Tujuan jelajah keliling Sumatera , Sabang dan Babel (gambar peta dan rute lihat di halaman berikutnya)
  • Jarak tempuh 8.500 KM (pulang pergi)
  • Start dari Jakarta, 1 September 2021 dan Finish di Jakarta, 30 Oktober 2021

Sedangkan Sesi 3 dan Sesi 4, yaitu jelajah Kalimantan, Sulawesi serta Maluku Utara (Halmahera) dan Papua Barat akan dilanjutkan pada tahun 2022. Selanjutnya, berikut ini adalah visi dan misi dari perjalanan kebangsaan tersebut.

VISI: Menyusun Kepingan Pemulihan Eknonomi Indonesia

MISI:

  • Bangkitkan pariwisata Indonesia melalui wisata otomotif ber-kendara yang Aman, Tertib, Sehat dan Menyenangkan
  • Menggali dan mengangkat pariwisata Indonesia yang ada di setiap pelosok daerah
  • Melintas antar pulau, menembus batas daerah, untuk menyatu-kan, mempererat rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan negara Republik Indonesia
  • Membuktikan bahwa Indonesia Aman, Indonesia Kuat, Indo-nesia Indah, Indonesia Maju, Indonesia Bersatu dan Indonesia Bangkit!
  • Memantapkan wawasan kebangsaan dan mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Semboyan Negara Bhinneka Tunggal Ika
  • Menyampaikan publikasi positif melalui berita, konten photo, konten video (vlog) dan artikel blog yang disebarluaskan melalui jaringan internet maupun sosial media
  • Menerbitkan buku “JELAJAH INDONESIA TANPA BATAS”

Yang pasti kegiatan Jelajah Indonesia Tanpa Batas ini bukan untuk sekedar touring, jalan-jalan atau berkendara jarak jauh, tetapi lebih kepada persatuan dan kemajuan bangsa Indonesia, demi kebangkitan pariwisata Indonesia dengan cara mendorong dan menggerakkan ekonomi yang harus bangkit/pulih lagi melalui wisata otomotif berkendara.

Dalam perjalanan ini, saya bersama Bryan tentunya tidak lupa akan melakukan edukasi berkendara yang Aman, Tertib, Sehat dan Menyenangkan yang diharapkan wisata berkendara dapat berkontribusi positif bagi bangkitnya kembali perekonomian nasional agar lapangan pekerjaan kembali terbuka untuk masyarakat luas, sebagai sumber hajat hidup kita semua.

Semoga roda ekonomi dapat berputar kembali, bahkan berputar semakin kencang. Diharapkan para stakeholder, perusahaan BUMN, perusahaa swasta, maupun para sponsor bersedia ikut berperan serta mendukung program ini. Ayo Indonesia bangkit!

Penulis: Stephen Langitan

Leave a Reply