IIMS 20121 Hybrid: Toyota Hadirkan Semangat 50 Tahun “Total Mobility Solution”

Toyota berkomitmen untuk menghadirkan Mobility Happiness for All di perayaan ulang tahun ke 50 di Indonesia. Komitmen itu tidak hanya sebatas menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, Toyota juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup serta melestarikan lingkungan di sekitar mereka.

“Kami ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan berbagai pihak, baik dari pelanggan setia Toyota, masyarakat, maupun pemerintah, yang memegang peran penting dalam perkembangan Toyota dalam 50 tahun di Indonesia. Kami bersyukur Toyota dapat berkontribusi dalam perkembangan industri otomotif nasional dan turut mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di Indonesia. Ke depannya, kami tidak hanya akan menghadirkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, namun juga solusi mobilitas yang enjoyable dan personalized,” ujar Susumu Matsuda, President Director PT Toyota-Astra Motor, hari ini.

Selain itu, dalam semangat Total Mobility Solution dan juga untuk turut mendukung upaya pemulihan industri otomotif Indonesia, Toyota berpartisipasi di Indonesia International Motor Show 2021 yang merupakan pameran mobil offline pertama di masa pandemi COVID-19, yang diselenggarakan pada 15—25 April 2021, di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta.

“Keikutsertaan pada ajang IIMS 2021 ini menjadi sangat spesial bagi Toyota karena bertepatan dengan peringatan 50 tahun Toyota Indonesia. Kami juga ingin meneguhkan komitmen untuk selalu menghadirkan Total Mobility Solution dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat dan mendukung pemulihan industi otomotif nasional, serta keinginan positif pemerintah untuk percepatan pengembangan kendaraan elektrifikasi di Indonesia,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor.

Komitmen Dalam Menghadirkan Total Mobility Solution

Mengikuti dinamika kebutuhan masyarakat yang terus berkembang, Toyota Indonesia tengah melakukan transformasi menjadi perusahaan mobilitas. Tidak hanya mengembangkan dan menawarkan kendaraan terbaik dengan teknologi terbaru, lebih dari itu, Toyota Indonesia juga telah mengembangkan berbagai layanan yang memungkinkan pelanggan mendapatkan akses mobilitas terbaik.

Dalam melakukan transformasi, Toyota Indonesia tidak hanya memperbanyak ragam pilihan produk di setiap segmen pasar, tapi juga mengembangkan layanan penjualan dan purna jual yang memberikan kemudahan dan benefit yang lebih besar kepada pelanggan, seperti layanan berbasis usership yaitu KINTO ONE, layanan kepemilikan melalui program Deal Cermat dan Spektakuler, dan trade-in melalui Toyota Trust, serta berbagai program aftersales lainnya.

Untuk memudahkan akses pelanggan, berbagai layanan itu Toyota juga terus meningkatkan pelayanan melalui teknologi digital seperti website https//www.toyota.astra.co.id, Chatbot Toyota, mobile app mTOYOTA, dan Halobeng, serta aplikasi di social media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube Channel. Bahkan sejak Januari 2021 Toyota Indonesia juga sudah meluncurkan Toyota Live Showroom yang juga menjadi bagian upaya memperkuat pelaksanaan protokol kesehatan dalam masa pandemi saat ini.

Hadirkan Teknologi Elektrifikasi Terlengkap di Ajang Indonesia International Motor Show 2021

Toyota juga berkomitmen untuk menghadirkan solusi mobilitas yang menyeluruh, termasuk yang terkait dengan teknologi elektrifikasi. Sebagai bentuk realisasi dari komitmen tersebut, pada ulang tahun yang ke 50 ini, Toyota menghadirkan ekowisata yang terintegrasi dengan produk–produk elektrifikasi Toyota melalui project EV Smart Mobility di Bali.

Di dalam project EV Smart Mobility ini, Toyota menyiapkan 3 line up kendaraan elektrifikasi Toyota, baik yang menggunakan teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Secara total, terdapat 30 unit kendaraan elektrifikasi Toyota yang dapat digunakan oleh masyarakat yang terdiri dari 20 unit Toyota COMS (BEV), 5 unit Toyota C+pod (BEV), dan 5 unit Toyota Prius PHEV.

Project EV Smart Mobility ini diharapkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk dapat merasakan sensasi berkendara menggunakan produk elektrifikasi Toyota yang menyenangkan, namun juga dapat turut serta dalam proses pemulihan industri pariwisata dan pelestarian lingkungan di Bali, sekaligus makin mempopulerkan elektrifikasi kepada masyarakat luas.

“Di Indonesia, Toyota memiliki teknologi yang lengkap untuk kendaraan elektrifikasi, baik Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), maupun Battery Electric Vehicle (BEV). Bahkan di global, juga terdapat pilihan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) seperti Toyota Mirai yang berbahan bakar hidrogen. Toyota berkomitmen untuk tidak hanya menghadirkan pilihan produk yang semakin lengkap, tapi juga makin mempopulerkan teknologi elektrifikasi pada masyarakat luas agar pemahaman masyarakat terhadap teknologi elektrifikasi ini juga meningkat,” kata Henry.

Secara khusus pada hari pertama atau pada pembukaan IIMS 2021, Toyota menghadirkan 10 unit kendaraan elektrifikasi dengan berbagai teknologi seperti Toyota COMS dan Toyota C+pod yang berbasis BEV, yang juga telah digunakan untuk mendukung program EV Smart Mobility di Nusa Dua Bali. Kemudian C-HR HEV, Corolla Cross HEV, Corolla HEV dan Camry HEV yang berbasis teknologi HEV, serta Toyota Prius yang berbasis PHEV.

Selain itu, secara khusus pada penyelengaraan IIMS 2021, di booth Toyota juga ditampilkan Kijang Innova limited edition yang diluncurkan sebagai bagian dari perayaan HUT ke-50 Toyota Indonesia. Edisi khusus ini tampil dengan warna White Pearl dengan balutan sticker berwarna emas sebagai lambang 50 tahun kehadiran Toyota Indonesia. Sticker ini didesain khusus dengan motif yang menggambarkan perjalanan Toyota Kijang dari Generasi 1 sampai Generasi 6 saat ini.

Toyota di Indonesia International Motor Show 2021

Pada public day IIMS 2021 yang berlangsung dari 16-25 April, di area booth seluas 952 m2 di Hall D1 JIExpo, Toyota menghadirkan tidak kurang dari 11 unit kendaraan dari berbagai segmen seperti MPV, SUV, hatchback, sedan, dan lain-lain.

Semuanya ditampilkan dalam 4 zona yaitu:

  1. Adventure Zone : Fortuner 4×2 TRD A/T Diesel, Rush TRD A/T, Veloz A/T, Avanza G A/T
  2. Fun to Drive Zone : Agya TRD A/T, Yaris TRD A/T
  3. Electrification Zone : Corolla Cross HEV, C+Pod
  4. Family Zone : Kijang Innova V A/T, Sienta Welcab, Calya G A/T

Merespon kondisi pandemi saat ini, IIMS dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah. Beberapa prokes yang diterapkan di booth Toyota antara lain touchless, social distancing, acrylic separator, dan juga lebih sedikit interactive zone. Selain itu, juga ada kombinasi antara konsep offline (booth Toyota) dan konsep online melalui Toyota Virtual Expo https://www.expo.toyota.astra.co.id/ dan aplikasi mTOYOTA, sehingga pelanggan juga bisa memilih konsep mana yang lebih disukai.

Di IIMS 2021, hadir berbagai special sales dan aftersales program. Untuk sales program, antara lain untuk program Spektakuler yaitu 25% low rate untuk Agya dan Calya dengan tenor 4—5 tahun, free installment mulai dari Rp 2,8 juta untuk Calya khusus di bulan April dan Mei, 3,7% low rate untuk Corolla Cross gasoline. Selain itu ada juga promo menarik lainnya dari KINTO ONE, Deal Cermat, dan cashback trade-in selama bulan Juni.

Di samping sales program, hadir pula program aftersales selama IIMS berlangsung. Bagi pelanggan yang melakukan transaksi secara online di IIMS, maka akan mendapatkan gratis 1 liter oli mesin diesel atau gasoline varian synthetic. Pelanggan yang melakukan pembelian paket servis berkala TMO Brake Cleaner dan TMO Cabin Disinfectant selama bulan April 2021 juga bisa mendapatkan gratis 1 liter oli mesin diesel atau gasoline varian synthetic. Sehingga jika pelanggan melakukan kedua hal tersebut, maka mereka bisa mendapatkan total gratis 2 liter oli di bengkel Toyota. Selain itu, pelanggan otomatis berkesempatan mengikuti Lucky Draw Spesial Apresiasi 50 Tahun Toyota Indonesia berhadiah total 50 Batang Emas.

Leave a Reply