Merek Audio Legendaris Jepang ALPINE Kembali Hadir di Indonesia

Bagi penggemar modifikasi khususnya car audio enthusiast di Indonesia, pastinya sudah tidak asing lagi dengan merek produk audio legendaris yang hingga kini masih banyak digemari dan diburu, yakni ALPINE.

Kini, melalui PT Audioworkshop (AWS) sebagai authorized distributor ALPINE yang baru, merek audio asal Jepang tersebut kembali menyapa para pecinta audio di Tanah Air.

Wahyu Tanuwidjaja, selaku Chief Executive Officer PT Audioworkshop mengatakan kehadiran ALPINE di Indonesia sangat dinantikan oleh para penggemarnya.

“Kabar kembalinya ALPINE bakal menjadi berita gembira bagi para penggemarnya, karena ALPINE memiliki penggemar fanatik tersendiri,” jelas salah satu pakar audio terkemuka di Indonesia ini.

Hal ini disampaikannya dalam acara peresmian kembalinya produk ALPINE secara virtual yang bertajuk “National Official Launch ALPINE – Comeback to Indonesia” pada Sabtu, 10 Oktober 2010 pukul 10.10 wib melalui tayangan live streaming media sosial.

Wahyu mengatakan bahwa kedepannya pihaknya akan menghadirkan line-up produk unggulan ALPINE secara lengkap.

“Saat ini PT Audioworkshop telah resmi menjadi pemegang merek ALPINE di Indonesia. Kami akan fokus menghadirkan seluruh line produk terbaik ALPINE. Karena, produk ALPINE terbilang komplit, mulai dari head-unit, speaker, subwoofer, processor hingga amplifier,” jelas Wahyu.

Sebagai gebrakan awal, PT Audioworkshop akan menghadirkan produk Hi-Resolution ALPINE UTX-A09. Tak hanya itu, ALPINE juga menampilkan jajaran speaker terbaiknya, seperti R-S65C dan SPJ-161C2 yang siap memanjakan indera pendengaran penikmat audio berkualitas.

Selain akan menghadirkan seluruh jajaran produk ALPINE, Wahyu menegaskan bahwa PT Audioworkshop juga tengah mempersiapkan jaringan distribusi, untuk menjangkau konsumennya di seluruh Indonesia.

“Kami juga akan menyiapkan ALPINE Store. Jadi sistemnya one-stop-shop, ada penjualan produk, hingga edukasi. Sehingga, membeli ALPINE sekaligus dapat merasakan experience-nya juga. Karena ALPINE memiliki banyak teknologi canggih di dalamnya,” jelas pria yang kerap mengadakan seminar edukasi mengenai audio tersebut.

Produk-produk terbaru ALPINE selain dapat diperoleh di sejumlah jaringan dealer PT Audioworkshop yang ditunjuk, juga dapat dibeli secara online melalui e-commerce Tokopedia.

Kilas Balik PT Audioworkshop

Audioworkshop yang beralamat di Kawasan Sunter, Jakarta Utara ini adalah perusahaan yang bergerak di industri pendukung otomotif dan memiliki bisnis utama perdagangan peranti audio mobil.

Perusahaan ini mulanya berdiri sebagai Usaha Kecil Menengah dan secara resmi berbentuk Perseroan Terbatas pada tahun 2008. Pendirinya yakni Wahyu Tanuwidjaja selaku Direktur yang juga seorang product designer dan Buntoro sebagai pemegang saham pasif.

Bisnis mereka diawali dengan dibukanya gerai workshop bernama Mobiltronik di tahun 1993, gerai tersebut tumbuh dengan pesat. Dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki Wahyu Tanuwidjaja sebagai seorang installatur, Audioworkshop membuka sebuah sekolah audio bernama Audioworkshop Installer Institute (2001).

Tak letih berinovasi, setelah membuka gerai Mobiltronik dan Audioworkshop Installer Institute, Wahyu Tanuwidjaja dan melakukan riset mengenai sistem audio dan terciptalah sebuah speaker yang ia desain sendiri bernama Creativ Orange dengan logo buah jeruk di tahun 2004.

Creativ Orange dibaca “kreatif orang’e” diartikan sebagai orang yang kreatif, merupakan embrio lahirnya Dominations Car Audio dan semakin meneguhkan produk audio mobil buatannya 100% di desain dan dirancang Indonesia dan masih menjadi salah satu merek produk audio yang terus digemari hingga kini.

Meskipun sempat dipandang sebelah mata karena terdapat label dan tulisan “Produk Indonesia”, hal ini lah yang sampai detik ini memperkokoh positioning Dominations Car Audio sebagai brand audio mobil hasil karya anak bangsa yang sudah diperhitungkan kehadirannya di industri audio mobil baik lokal maupun international.

Setelah memiliki sekitar 100 alumni dari Audioworkshop Installer Institute yang siap terjun ke industri audio mobil, PT. Audioworkshop mulai membuka lini bisnis baru yakni menjadi Distributor.

Pada tahun 2004 bekerjasama dengan PT. Roma Motor dan mulai mendistribusikan U-Dimension Car Audio yang merupakan car audio merk Jepang. Lalu pada tahun 2010, PT Audioworkshop mulai mendistribusikan produk audio bermerek Focal Car Audio brand asal Perancis di Indonesia.

Pada tahun 2014, PT Audioworkshop juga sempat menjadi distributor resmi Harmotech asal Thailand dan Sinfoni, brand legendaris asal Italia. Pada tahun 2020, Audioworkshop adalah distributor untuk Dominations, Focal, Hertz, Audison, dan Alpine

Audioworkshop juga memiliki beberapa unit usaha sebagai pendukung antara lain : jaringan workshop car audio “Best Buddy Shop”, asosiasi komunitas dan kompetisi audio mobil – CAN, Audioworkshop Training Center, youtube dan portal online Soundandmachine.com.

Leave a Reply