2 Pembalap Nasional PERTAMINA Dapat IMI Awards 2010

Jean Todt President FIA. Sumber foto: www.google.com

Jakarta, 21 Februari 2010. Suatu kehormatan bagi dunia otomotif Indonesia tatkala Jean Todt, Presiden Federation Intemationale de Automobile (FIA) berkunjung ke Indonesia sejak Kamis hingga Minggu (21/2).

Pada acara IMI (Ikatan Motor Indonesia) hari Jumat malam (19/2) di Hotel Four Season Setiabudi Jakarta, Jean Todt juga diangkat sebagai anggota kehormatan (IMI Homorary Member).

Selain Itu IMI juga menyerahkan IMI Honorary Members kepada sejumlah tokoh yakni Andi Alfian Mallarangeng (Menpora), Jero Wacik (Menbudpar) yang juga memiliki sumbangsih bagi perkembangan olahraga dan wisata otomotif.

Pengangkatan Jean Todt sebagai anggota kehormatan ditandai dengan acara yang disebut dengan “Malam Anugerah IMI atau IMI Award 2010”. Dalam acara yang sama, Todt yang dikenal sebagai mantan manajer Tim Ferrari F1 juga diberi kesempatan untuk menyerahkan trofi kepada 10 juara pembalap nasional olahraga bermotor dari berbagai kategori.

Kabarnya Jean Todt memiliki vila mewah di Bali, dan selama akhir pekan  ini ia pun terbang ke Bali untuk berlibur. Dan menurut rencana pada hari Minggu (21/2) pria yang dikenal punya hubungan khusus dengan artis Malaysia Michelle Yeoh akan meninggalkan Indonesia.

Jean Todt Ke Sirkuit Sentul

Pada hari pertama kehadirannya ke Indonesia (Kamis 18/2), Jean Todt menyempatkan diri menuju Sirkuit Sentul d Bogor, Jawa Barat. Ia bersama dengan sejumlah pejabat IMI meninjau kondisi lintasan dengan mengelilingi trek menggunakan mobil. Todt juga melihat atraksi dari para instruktur Sentul Driving Course. Setelah itu, ia meninjau sirkuit Karting Sentul yang tidak jauh dari Sirkuit Sentul.

Pada prinsipnya Jean Todt sangat menghargai perkembangan dunia otomotif dan balapan di Indonesia, namun ia sarankan agar pembalap Indonesia lebih fokus pada balapan tingkat regional. Jangan terlalu muluk-muluk mau membuat balapan kelas dunia F1 di Sentul karena balapan F1 dikenal sangat mahal, tapi ia harapkan agar pembalap Indonesia fokus dulu pada balapan Word Touring Car Championship (WTCC).

Malam Anugerah IMI AWARD

Sumber foto: KOMPAS/RIZA FATHONI

Sebagai apresiasi atas prestasi para insan olahraga otomotif di Indonesia, maka Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) menggelar Malam IMI Awards 2010 di Hotel Four Season Jakarta, kemarin (Jumat 19/2). IMI Award 2010 kali ini agak berbeda jika dibandingkan dengan event di tahun sebelumnya, hal ini ditandai dengan kehadiran tamu spesial Jean Todt sebagai President Federation Intemationale de Automobile (FIA).

Ketua Umum PP IMI Ari P. Batubara mengatakan, IMI Award adalah sebuah bentuk pemberian anugerah tertinggi dari PP IMI yang diberikan secara berkala setiap tahun kepada para atlet otomotif Indonesian yang berprestasi, dan juga diberikan kepada sejumlah tokoh nasional yang berdedikasi dan memiliki kontribusi yang besar terhadap dunia otomotif nasional.

“Dalam IMI Awards malam ini, kami memberikan penghargaan kepada para pembalap berprestasi, baik di ajang balap nasional maupun internasional,” kata Ari pada acara sambutan di malam penghargaan IMI Award tersebut.

 

“Dengan adanya acara penghargaan Ini, mudah-mudahan bisa memotivasi para atlet serta tokoh-tokoh dalam industri otomotif Tanah Air untuk lebih banyak menoreh prestasi dan memberi kontribusi kepada industri olahraga otomotif dalam negeri. Kami ingin IMI ke depan menjadi sebuah organisasi yang kuat serta mendukung industri otomotif nasional menjadi lebih maju,” kata Ari.

Pada tahun 2010 ini IMI juga menganugerahkan Special Achievement Awards kepada para sponsor utama kejuaraan otomotif 2009 atas dedikasinya dalam olahraga otomotif di Indonesia. Untuk kedepannya, pihak IMI akan berencana melakukan lebih banyak program edukasi otomotif kepada masyarakat luas, antara lain berupa pelatihan Safety Driving dan Safety Riding.

Pembalap Rally Nasional Subhan Aksa dari Tim PERTAMINA. Sumber foto: www.google.com

Acara IMI Award yang berlangsung di Hotel Four Season Jakarta boleh dibilang cukup marak, adapun pembalap Rama Danindro, sebagai juara nasional Grand Touring Car, adalah salah satu orang pembalap Indonesia yang pertama yang mendapat trofi langsung Jean Todt. Selanjutnya, dikuti dengan sejumlah penerima trofi lainnya seperti juara nasional balap motor H Yudhistira, juara nasional Supercross Aep Dadang, dan juga juara nasional reli Subhan Aksa sebagai pembalap Tim Pertamina.

Pembalap Rally Nasional Rifat Sungkar dari Tim PERTAMINA. Sumber foto: Dokumen SL.com

Selain darip pada ke-10 pembalap juara nasional, IMI juga memberikan penghargaan kepada orang yang dinilai mengharumkan nama Indonesia di dunia balap internasional antara lain pembalap Rio Haryanto (Formula), Ryan Manoarfa (karting) dan Rifat Sungkar (reli) yang dikenal pembalap Pertamina dan kini aktif dalam kejuaraan Drifting.

Life Time Achievement 2010 Ditiadakan

Dari daftar penghargaan tahun 2010 ini, penghargaan yang ditiadakan adalah Life Time Achievement Award. Tahun lalu penghargaan pengabdian seumur hidup ini diberikan kepada Kang ‘JJ’ Jeffrey Polnaja. Ketika itu JJ mendapat penghargaan ini karena prestasinya sebagai orang Indonesia pertama yang telah membuktikan melakukan perjalanan solo keliling dunia dengan mengendarai sepeda motor. Artikel lengkap perjalanan Kang JJ lihat ini.

Kang JJ asal Bandung Jawa Barat mencatat sejarah melakukan perjalanan selama 2,5 tahun ke lebih 11 negara di tiga benua, yakni Asia, Afrika, dan Eropa. JJ merupakan orang kedua yang mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award dari PP IMI, setelah Hutomo Mandala Putra pada 2006, tepat pada peringatan HUT PP IMI ke-100.

Please follow and like us:

3 thoughts on “2 Pembalap Nasional PERTAMINA Dapat IMI Awards 2010

  1. Sirkuit Sentul msh jauh dari F1/MotoGP ato WSBK,masih bnyk yg perlu dibenahi sana sini ambil contoh jarak dinding dgn trek sirkuit terlalu dekat (tdk safety) & trek kurang panjang.Selain itu perlu dipikirkan jg akses ke sirkuit (jgn sampe kyk dulu waktu perhelatan A1 yg macetnya sampe ke dlm tol), transportasi umum menuju sirkuit, hotel berbintang, rumah sakit dsb.

  2. semoga lekas sembuh bro steven 🙂

  3. balap angkot dulu kek nya.
    terus di benahi dan yg ada di sukuri

Leave a Reply