Safety Riding: Sarung Tangan, Apakah Penting?

19 Februari 2010. Saksesnya acara “The 1st Anniversary KoBOI” tidak hanya karena isi acara yang yahud, tetapi karena banyak hadiahnya. Apalagi ketika para tamu pulang, paling tidak mereka bisa memboyong pulang dua gadis cantik milik KoBOI, eh.. maksudnya bawa pulang goodie bag exclusive yang isinya boleh dibilang cukup wah!

Apa saja isi goodie bag dari acara ultah KoBOI yang pertama ini? Kalau mau jujur di dalamnya ada kaos merchandise KoBOI, kaos merchandise sponsor Honda, sarung tangan Honda, stiker KoBOI, gantungan kunci Honda, stiker HC3 Honda. Mungkin itu yang bisa terdata, tapi paling tidak ada sejumlah barang yang cukup bernilai dan bisa dipergunakan buat harian, yaitu baju kaos dan sarung tangan motor.

Ini belum terhitung buat para tamu yang dapat hadiah bonus, sebut saja ada helm full-face HRC (Honda Racing Champsionship) merek INK ada 10 biji, kemudian ada helm standard Honda full-face ada 10 biji, arloji exclusive Honda. Jumlah ini belum lagi termasuk dengan beragam hadiah khusus persembahan dari anggota KoBOI,Β  antara lain ada helm, kaos, asesories windshield, asesories delta box, dan lain sebagainya.

Bagi mereka yang datang dan menyelesaikan acara HUT KoBOI tersebut hingga pukul 16.00 pasti dijamin puas. Yang pasti panitia acara HUT KoBOI patut berterima kasih kepada sponsor utama, pabrikan PT ASTRA HONDA MOTOR (AHM) dan juga kepada sponsor pendukung PT WAHANA MAKMUR SEJATI selaku distributor sepeda motor Honda di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang.

Buat kalangan blogger otomotif yang sudah terdaftar sebagai member KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) sebenarnya pada ngiri dengan para pengunjung, kenapa? Karena hadiah buat para tamu jauh lebih banyak dari pada hadiah buat yang berulang tahun, hehehe… πŸ™‚

Loh.. koq bisa iri? Ya.. lihat saja para tamu atau pengunjung bisa dapat helm bagus dari Honda jenis HRC dengan merek INK. Mungkin harga helm INK tersebut mencapai 400 ribu rupiah per unitnya. Belum lagi yang mendapat arloji khusus dari Honda. Sedangkan yang berulang tahun malah tidak mendapatkan hadiahnya. Wah.. blogger KoBOI jadi iri nih!

Sarung Tangan

Perlengkapan Safety Riding. Sarung tangan Honda

Apa boleh dikata jika blogger KoBOI cuma dapat goodie bag isi standard, didalamnya ada sarung tangan Honda warna merah. Hal ini patut disyukuri karena ini barang penting karena terkait dengan perlengkapan bikers yang selalu peduli dengan Safety Riding. Setelah bikers mengenakan perangkat helm, kemudian mengenakan jaket, lantas sepatu, maka “sarung tangan” adalah salah satu perlengkapan bikers yang juga penting.Β  Setuju?

Fungsi sarung tangan sangat jelas, yaitu memberikan perlindungan pada bagian jari, telapak tangan, dan bagian atas pergelangan tangan dari berbagai macam keadaan dan peristiwa yang paling terburuk, yaitu jatuh dari motor atau kecelakaan. Yang harus diingat bahwa seorang bikers motor roda dua adalah sangat rentan terhadap segala macam kecelakaan. Hanya karena hilang keseimbangan, maka ini saja sudah bisa membuat pengendara motor terjatuh dari motornya.

Adapun gerakan yang paling cepat dari manausia adalah berusaha menahan posisi jatuh dengan refleks menggunakan telapak tangan. Silahkan praktekan ketika anda sedang berjalan, dan tiba-tiba anda tersandung, atau saat mau jatuh. Lihat bagaimana reaksi tangan anda. Secara refleks pasti gerakan tangan akan berusaha menahan jatuh, baik dilantai atau ingin secepatnya berpegang pada suatu benda (untuk menahan).

Sudah jelas, sarung tangan diperlukan oleh bikers yang peduli dengan Safety Riding, dan bagusnya disini PT AHM ikut memberikan hadiah sarung tangan kepada setiap tamu HUT KoBOI. Sarung tangan itu diberikan kepada siapa saja yang datang ke acara HUT KoBOI, apakah ia naik mobil atau naik motor. Jelas ada kepedulian dari pabrikan Honda membagi-bagi keuntungannya melalui ajang Safety Riding, selain edukasi panel diskusi, simulasi Honda Riding Trainers, dan juga pembagian sarung tangan.

Kualitas Sarung Tangan Honda

SL.com selaku penulis artikel ini telah memakai sarung tangan hadiah ini sejak hari Senin, 15 Februari 2010. Sampai artikel ini ditulis masih terasa nyaman dipakai. Tidak ada masalah dengan kualitas sarung Honda gratisan tersebut. Kebetulan memang sudah jadi kebiasaan bagi SL.com di kala berkendara sepeda motor selalu pakai sarung tangan, walaupun jaraknya dibilang dekat ataupun dekat sekali!

Entahlah.. ini sudah jadi kebiasaan seperti pakai celana dalam (CD), jadi kalau berpergian naik motor tidak pakai sarung tangan rasanya risi sekali. Mungkin bisa anda coba untuk hari ini tidak pakai CD, dan cobalah keluar rumah, dan silahkan anda rasakan situasi tidak nyaman ketika anda tidak pakai CD disaat keluar rumah.

Bicara soal kualitas, jelas sarung tangan Honda ini jauh jika dibandingkan dengan sarung tangan bermerek yang dipakai oleh pembalap MotoGP. Namun, kualitas sarung tangan Honda ini bukan merek abal-abal, bukan pula barang murahan. Memiliki warna/corak merah yang yang bagus atau terang, pada bagian telapak memiliki lapisan yang lebih tebal, jahitan yang bagus, serta secara umum bisa dibilang memiliki kualitas sedang.

Yang penting sarung tangan Honda ini jangan dibandingkan dengan sarung tangan dari bahan kulit sapi/domba, atau juga dengan bahan paduan antara kulit-gore tex-kevlar atau sebagainya. Setidaknya fungsi utama dari sarung tangan terpenuhi, antara lain bisa menutup pergelangan tangan, bisa menutup bagian telapak tangan dengan kulit halus, bisa menutp bagian punggung tangan yang mungkin ditambah dengan lapisan kulit plus busa.

Sejauh ini SL.com punya sarung tangan dengan jenis dan kualitas yang berbeda. Untuk pemakaian tergantung kebutuhan, ada yang dipakai buat harian, touring, dan juga khusus dipakai di arena sirkuit.

So, bagi teman-teman yang belum biasa pakai sarung tangan, silahkan dimulai dari sekarang. Biar dikata pakai sarung tangan sederhana, tapi setidaknya pakai saja sarung tangan yang sudah mumpuni buat dipakai harian. Safety Riding First!

Please follow and like us:

26 thoughts on “Safety Riding: Sarung Tangan, Apakah Penting?

  1. harga sarung tangannya berapan tuh om??….trus bisa di dapat dimana tuh Om??…keren bgt…

  2. Sarung tanganku saya pakai untuk hadiah kuis. Pesertanya ada yang serius, banyak yang caur :-).
    Riding gearnya kurang tuh Bro. Protektor lutut, lengan, dada, dan punggung πŸ™‚
    Itu helm baru ya? Wangi bener, pasti abis boncengin Tiari :mrgreen:

  3. Om, waagh jadi saya selama ini salah kaprah… Sejak SMA sudah pakai sarung tangan, tetapi tujuannya bukan unyuk melindungi tangan jika suatu saat kecelakaan. tapi apa jal? hihi untuk melindungi tangan agar tidak kepanasan… huahuahua, jadi malu gak paham2 ttg cara aman berkendara… hiyayayaya… kemaren tuh ikutan kuisnya bro nadi, harapannya biasa dapet sarung tangannya… hehehehe, suwun

    • Tanganmu belang ya? :mrgreen:

      • @ bro Nadi: Beneran Bang… Takut Jadi belang…. Hahahaha, secara Seharian rata-rata >1 jam di jalan… btw jawabanku bener tha? hehehe, itu kalau gak salah ganbar Bro Opik, style-nya khas selalu pakai case hp/kamera di sisi kiri.. Hehehe
        @ Bro Stephen; maaf numpang ya … Minta dimaafkan…. Hehehe

    • @bro alrozi.. ya sudah jelas gunanya sarung tangan jg termasuk buat melindungi tangan dari cuaca panas atau dingin. Ini sama aja kita perlu pakai baju/jaket buat melindungi tubuh kita.

  4. Wah aku dulu jaman masih bekerja dengan motor, gak pake sarung tangan, rasanya ngganjel.
    Apalagi sekarang jarang2 naik motor

  5. BEtul sekali setuju ama yang punya blog, saya sebagai pengunjung setia blognya mas Tri dan Mas Taufi kadang kadang ke Blog ini juga, emang buanyak hadiah yang saya bawa pulang,
    yaitu:
    helm INK
    Jas Hujan yang buuuaagguus,
    dan seperangkat yang ada dalam tas honda yamng di sebut Bro Stephn tadi,
    Thanks Honda dan para KOBOI

  6. Mantap acaranya. Sedikit tanya mas, kalau yang safety riding itu kampanye-nya Honda ya? Kalau yang Yamaha, nama kampanyenya sahabat pengguna jalan ya?

    • @Pak Joko, terima kasih anda sudah berkunjung ke halaman blog ini.

      Safety Riding sebenarnya kampanye buat kita semua, hanya saja ATPM Honda lebih dulu, dan hingga kini terus disosialisaikan kepada masyarakat luas. Sedangkan ATPM Yamaha pakai nama lain, tapi maksudnya sama juga, yaitu keamanan berkendara.

      Siapapun nama ATPM-nya yang penting adalah kita sebagai masyarakat, dan pengguna jalan umum yg harus ber-safety riding. Jangan lengah, gara2 gak pake sarung tangan, jatuh dari motor tangan malah dapat luka. Apalagi gak pakai helm, biar dibilang dekat tapi musibah kecelakaan bisa terjadi. Yang lebih penting adalah attitude (perilaku) dan etika berkendara harus kita perbaiki.

  7. Setuju banget masalah pentingnya Sarung Tangan. Karena emang biasanya tangan nahan duluan. Udah 2 kali jatuh selalu yang cedera tangan duluan.
    3 item safe gear yang ga pernah absen ane pake adalah helm, sarung tangan & riding shoes/boots (diusahakan diatas mata kaki) walaupun hanya jarak deket, walaupun ngga pake padded gear lainnya.

    Tapi bahan & spek keseluruhan juga penting. Nih waktu jatuh di sentul, padahal udah pake glove tipe racing, tapi lokal (merek lumayan terkenal). Tangan terjepit setang di aspal & terseret. Jadinya 2 jari patah (kelingking & jari manis) & luka menganga di jari manis.

    Luka abis jatuh (Warning! Explisit graphic, kl ga tahan lihat darah jangan buka)
    http://www.flickr.com/photos/24940323@N06/4374977136/

    Setelah dijahit
    http://www.flickr.com/photos/24940323@N06/4374225479/in/photostream/

    Sarung tangan yang bolong tergerus aspal
    http://www.flickr.com/photos/24940323@N06/4374225573/in/photostream/

    Sepatu untung udah pake yang lumayan karena ikut terseret sambil ketimpa motor
    http://www.flickr.com/photos/24940323@N06/4374977044/in/photostream/

    Sekarang ngga mau kompromi. Kl di sentul pake sarung tangan Alpinestar Race. Walaupun secara bentuk mirip, bahannya ada campuran kevlar, & antara jari manis & kelingking dijahit jadi satu (yang lokal ngga dijahit, penyebab kedua jari itu patah waktu jatuh).

    • @Bro Eko, thanks ya sudah ikut sharing disini. Ngeri juga ya.. udah pakai sarung tangan tetap aja ada luka, pake di jahit lagi.. ihh syerem.. apalagi kalau gak pake sarung tangan ya??

  8. Cm klo sekarang kynya sarung tangan malah biar tangan nda item kyna…..

  9. Lord Ubay says:

    sayang ane gak dateng, menarig beut hadiahnya.

  10. Lord Ubay says:

    lho komenku nang diy?

  11. Wah,wa mau dunk sarung tangannya,,lumyan bagus tuh barang,,hehehe
    sarung tangan merek apa tuh gan?

  12. are kaltim says:

    Sarung Tangan emang perlu
    1. Menjaga Jika Stang Tersangkut dengan kendaraan lain maka Sarung tangan melindungi
    2. Menjaga dari panas matahari
    3. biar cengkraman dan sfety lebih oke
    salam bikers semua

  13. goldenboy says:

    kalo menurut saya sih om, sarung tangan jelas menjadi bagian dari safety riding.. krn itukan utk mengantisipasi luka lecet kalo seandainyaterjatuh dari motor..

  14. Met pagi. Blogjogging neeh. Tersesat dari google tentang perawatan kulit. Nice story lah. Boleh dunk beberapa paragraf aq kutip and translate ^_^

    • Wellcome Beauty Girls..
      Ya.. blog ini emang suka bikin orang nyangkut yg lagi googling..
      Utk ngutip silahkan aja.. but jgn lupa link URL-nya.. hehehe.. πŸ™‚

  15. […] Lord Ubay February 23, 2010 at 1:31 pm […]

Leave a Reply