Keceriaan HUT KoBOI Bersama Honda Riding Trainer

Alat Simulasi Honda Riding Trainer

18 Februari 2010. Siapa nih yang sudah pernah jajal alat simulator Honda Riding Trainer? Semua orang pasti sudah kenal dengan alat Honda Riding Trainer (disingkat HRT) yang bendanya memang mirip dengan sebuah computer game tapi alat ini benar-benar dapat menggambarkan kondisi kita disaat berkendara sepeda motor di jalan raya.

Biasanya sih di setiap event Honda atau acara Safety Riding Course, baik yang diadakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dan/atau juga jaringan distributornya, alat HRT ini selalu ikut dihadirkan.

Nah, beruntung di acara “The 1st Anniversary KoBOI” yang berlangsung pada hari Minggu 14 Februari 2010 lalu, ada 2 (dua) unit alat HRT ikut pula dihadirkan. Ternyata kehadiran dua unit alat HRT ini yang dikirim langsung oleh PT AHM bekerjsama dengan jaringan distributor  Honda wilayah DKI Jakarta/Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati turut pula meraimaikan acara ulang tahun KoBOI. Seru banget bro.. 😀

Alat HRT ini tidak sekedar menjadi pajangan atau alat display belaka, tetapi alat HRT ini bisa langsung dipakai alias dipraktekkan oleh setiap orang yang hadir di acara HUT KoBOI yang baru usia pertama tersebut. Sudah tentu, alat HRT ini pun menjadi suatu perhatian dan selalu saja dikerumunin orang banyak yang ingin melihat secara dekat gimana cara memainkannya. Sebagian dari pengunjung juga ingin melihat temannya bermain dengan rasa penasaran ingin tau, berapakah nilainya?

Sekilas Honda Riding Trainer (HRT)

Alat ini langsung dikirim dari negara Jepang, selain menjadi milik Honda, ternyata alat HRT ini juga sudah disebarkan ke sejumlah distributor, maupun dealer Honda di seluruh Indonesia. Bahkan diantaranya ada juga yang diberikan kepada jajaran POLRI. Alat senilai Rp. 25 juta per unit ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 2006.

Anggono Iriawan selaku Safety Riding & Motor Sport Department PT AHM menjelaskan: “Waktu di ajang JMS (Jakarta Motor Show) tahun 2006 PT AHM sudah memperkenalkan alat HRT ini kepada masyarakat. Kemudian mulai dari tahun 2007 sampai sekarang sudah ada 1034 unit HRT berada di Bumi Nusantara Indonesia. Artinya, kita semua masyarakat Indonesia sudah bisa mencoba alat simulator HRT ini. Setidaknya gambaran tentang keadaan jalan raya, serta antisipasi keadaan berbahaya bisa dirasakan melalui alat HRT ini. Ya, itung-itung kita bisa berlatih mem-praktekan Safety Riding secara virtual,” demikian paparnya melalui surat elektronik (email).

Fakta Jumlah Kecelakaan

Panel Diskusi Safety Riding di HUT KoBOI I. Anggono Iriawan (kiri), Edo Rusyanto (tengah), Adhi Nugroho (moderator)

Fakta-fakta yang ada dari berbagai sumber, bahwa berdasarkan data Subdit Pendidikan dan Rekayasa Polda Metro Jaya, bahwa selama tahun 2008 tercatat ada 3.522 pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengendara roda dua di Jakarta. Dari jumlah tersebut, 719 orang meninggal, 1.703 luka berat, dan 2.455 luka ringan. Angka ini belum termasuk dengan jumlah korban kecelakaan yang tidak melaporkan diri. Bisa jadi mencapai 2 atau 3 kali lipatnya. Wouw!

Bro Edo Rusyanto seorang member KoBOI yang juga dikenal sebagai anggota RSA (Road Safety Association) kerap menulis artikel khusus tentang Safety Riding di blognya http://edorusyanto.wordpress.com/. Tak cuma itu saja, iapun memiliki data-data yang akurat soal jumlah kecelakaan, maupun korban yang berjatuhan. Pada acara HUT KoBOI kemarin, Bro Edo yang memimpin acara panel diskusi Safety Riding yang ditemani oleh Anggono Iriawan dari PT AHM dan Bro Adhi Nugroho sebagai moderator. Pada sesi tanya jawab terlihat bagaimana antusias peserta yang ingin bertanya banyak seputar Safety Riding.

Dari fakta-fakta yang ada, perusahaan sepeda motor nasional Honda melalui pabriknya PT AHM setidaknya sudah mencoba dan berupaya membantu pemerintah melalui edukasi, maupun diskusi Safety Riding, dalam rangka kepedulian untuk menekan jumlah kecelakaan karena sepeda motor. Selain mengisi berbagai acara dengan pemahaman Safety Riding, kini AHM selalu menyediakan alat simulasi canggih  yang disebut dengan Honda Riding Trainer (HRT) tersebut. Bagi mereka yang belum pernah mencoba memainkan alat canggih ini, kudu harus segera mencoba.

HRT di acara HUT KoBOI Pertama

Anggono Iriawan, Safety Riding & Motor Sport Dept. PT AHM

“Saya bukan saja hanya sekedar mencoba, tetapi saya kudu memahami apa yang ada didalam simulator tersebut. Beruntung saya mendapatkan training khusus dari Honda Motor secara langsung di Jepang. Yang jelas, alat HRT ini menjadi sarana edukasi bagi masyarakat dan meningkatkan kewaspadaan dan keamanan dalam berlalu lintas. Khususnya bagi para pengendara motor,” jelas Anggono.

Beberapa peserta yang sudah mencoba alat HRT di ajang “The 1st Anniversary KoBOI” terlihat sangat ceria, bahkan adapula rasa heran ketika mendapat nilai D, padahal yang bersangkutan sudah merasa yakin benar.  Bermain dengan alat ini seharusnya dipandu dengan suara arah mana yang akan dituju. Suasana yang tampak dalam layar simulator memang seperti di jalan raya.

“Rutenya persis sama seperti di jalan raya. Ada rambu-rambunya, ada lampu merah, ada batas kecepatannya, ada juga bola yang menggelinding di jalan, ada orang yang lagi nyebrang jalan, ada pula orang yang naik sepeda sampai ada juga mobil yang berputar balik arah,” kata Agung Wibowo seorang tamu KoBOI yang tertawa geli ketika ia mencoba alat HRT ini di Kedai Halaman.

AHM & HRT

Acara bebas di HUT KoBOI I. Semua pengunjung boleh mencoba alat HRT Gratis!

Kini pihak PT AHM kerap memperkenalkan kepada masyarakat secara luas, tidak hanya disaat pameran berlangsung, tetapi juga melalui sekolah agar para siswa mendapatkan pengenalan tentang berkendara motor dengan benar sejak dini. Honda Riding Trainer dilengkapi dengan pilihan menu tipe motor dan kondisi jalan, serta kondisi lingkungan maupun cuaca. Alat ini berfungsi melatih keterampilan berkendara dengan cara yang aman sesuai dengan kondisi lalulintas sehari-hari.

“Sebagai pelopor safety riding di Indonesia, kami menempatkan keselamatan berkendara atau Safety Riding. Honda selalu menciptakan produk yang aman dan nyaman serta berusaha keras meningkatkan kesadaran berkendara pada setiap konsumen. Kami menetapkan alat HRT ini di setiap dealer diseluruh Indonesia (sampai saat ini sudah sekitar 900).  Alat ini diciptakan untuk melatih memprediksi bahaya dengan cara yang aman. Jadi dengan simulator ini orang diajak bisa memprediksi atau mengantisipasi bahaya yang timbul sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi sehari-hari.  Jadi, dengan alat ini juga melatih kita bagaimana mengoperasi sepeda motor secara dasar. Secara umum kejadian sifatnya random, jadi tidak bisa dihafal,” tegas Anggono dalam kalimat terakhirnya.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

7 thoughts on “Keceriaan HUT KoBOI Bersama Honda Riding Trainer

  1. Thanks a lot for Bro Didik Nurhadi and Agung Wibowo untuk foto-fotonya diatas.

  2. Thanks juga buat SL.com, foto saya ada, walau cuma dikit :mrgreen:

    Nih, jika masih kangen Tiari, silakan tonton gayanya di bawah sorotan lampu disko 🙂

    http://www.sportku.com/2009/12/miss-abt-final-battle-2009

  3. Koq gak pake helm yak ??? coba kalo pake helm mungkin nilainya bs dpt A hehehe…… 😀

  4. wuih… akhirnya foto ane muncul juga 🙂

    Masalah simulatornya Honda, Salut! Very realistic dr sisi response & handling.
    Puas walaupun cum dapet nilai D :p

    Tapi sedikit saran. Mungkin AHM bisa mempertimbangkan simulator yang multiscreen. Selain screen yang di depan, seharusnya ada juga yang di samping kiri-kanan. Soalnya waktu nyobain, sering sekali jatuh ternyata gara2 kendaraan dari samping atau orang mendadak nyebrang dr samping yang ga mungkin keliatan dr screen utama

    • Bro Eko, mungkin simulator multiscreen yang dimaksud seperti dua gambar terakhir yang memang sudah beredar di negara Eropa. Nah.. yang ini pasti memang lebih seru lagi. Semoga PT AHM bakal menghadirkan alat HRT MultiScreen yg canngih ini di Indonesia.

      *sambil berharap & berdoa :hope

  5. are kaltim says:

    mantabzzzzz…….HRT ndari Honda emang berguna banget buat kita kita biar lebih ngertos safety dengan kendaraan………go honda

  6. wah.. keren deh info ttg HRTnya om.. bener-bener diulas secara gamblang disertai contoh-contoh gambat.. waktu Honda Fiesta di kotaku juga ada HRT buat simulasi berkendara.. mantap!

Leave a Reply