HUT KoBOI Pertama dan Independensi Blogger

Grand Prize 2 Unit HP. Foto by Didik

Jakarta, 15 Februari 2010. Rasanya masih melekat terus kemeriahan dari acara “The 1st Anniversary KoBOI” (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) yang berlangsung hari Minggu 14 Februari 2010 di Kedai Halaman Jakarta Selatan. Walaupun acaranya singkat, tapi acara keseluruhan HUT KoBOI yang pertama ini boleh dibilang sukses dan menyenangkan. Oke banget!

Pada intinya, acara HUT KoBOI dimaksudkan untuk kopi darat (kopdar)  alias pertemuan antara blogger dengan pembaca blognya. Para pembaca blog yang hadir sebelumnya melakukan registrasi online dan tercatat ada 110 orang yang melakukan register. KoBOI turut pula mengundang sejumlah tamu dari klub/komunitas motor, antara lain Klub DDOCI (Ducati) dan AHJ (Asosiasi Honda Jakarta).

Beberapa wartawan media cetak dan media online turut diundang dan mereka juga hadir meramaikan acara ultah KoBOI. Dari media on-line ada Otomotifnet.com (baca hasil liputannya di sini), dari media cetak BikerMagz, Motorev. Secara keseluruhan, jumlah tamu yang hadir sekitar 150 orang.

Jumlah tersebut memang tidak terlalu banyak, walaupun semula diharapkan yang bakal hadir 250 orang, namun suasana akrab kopi darat dapat terjalin diantara para komentator blog yang dikenal meramaikan “leave comment” blog. Selain duduk manis di dalam kedai, beberapa dari mereka secara leluasa hilir mudik di sekitar halaman. Ya.. namanya juga Kedai Halaman memiliki suasana yang adem, tenang, dan banyak pepohonan.

Lahirnya KoBOI

Tahun 2009, 14 Februari. Foto by Sarantan.

Setahun yang lalu tepatnya pada tanggal 14 Februari 2009 ada 15 orang yang mengaku sebagai  independent blogger yang memang semula tak pernah kopdar, tak pernah kenalan satu sama lainnya, namun masing-masing mau ikut mendaftarkan diri ingin berkunjung ke pabrik sepeda motor terbesar di Indonesia.  Hanya saja, pada saat itu nama pabrik motor masih dirahasiakan.

Ketika itu peserta sudah berkumpul di tempat titik keberangkatan, belakangan baru diketahui jika independent blogger ini sebenarnya akan berkunjung ke pabrik motor PT Astra Honda Motor (AHM), tepatnya di Plant 3 Cikarang, Jawa Barat. Acara perkunjungan ke pabrik tersebut di kelola langsung oleh perusahaan PT AHM dengan tajuk “AHM Open House: Get Insight With Blogger”.

Hari itu menjadi hari yang bersejarah bagi independent blogger otomotif, yaitu bisa berhadapan secara langsung dengan jajajaran pimpinan/pejabat tinggi PT AHM untuk saling berdiskusi secara langsung, mengungkapkan uneg-uneg, tanya suka-suka, bebas kritik, test-riding, safety riding,  hingga kritikan pedas terhadap helm gratisan dari PT AHM khususnya model TRX, dan lain sebagainya.

Untuk menyatukan perjalanan para blogger otomotif untuk kedepannya, maka pada saat itu secara spontan dideklarasikanlah nama “Komunitas Blogger Otomotif Indonesia” yang disingkat dengan “KoBOI” tanpa ba-bi-bu, dan tanpa basa-basi lagi. Itulah hari lahirnya KoBOI di tahun 2009 lalu dipabrik motor PT AHM Plant 3 Cikarang.

Eksistensi KoBOI

KoBOI Buka Puasa Bersama dengan Direksi PT AHM (September 2009).

Melihat komunitas kecil ini (red=KoBOI) dan baru seumur jagung, tapi sangat jelas eksistensi KoBOI semakin hari semakin dikenal, bahkan semakin diakui oleh banyak kalangan. Bukan saja dikenal oleh para pembaca blog, dalam hal ini masyarakat umum, tetapi juga dikenal luas oleh banyak pihak, seperti perusahaan, dan industri otomotif umumnya. Usia KoBOI baru satu tahun, ibarat bayi yang masih merangkak, tapi dalam perjalanannya  sudah kemana-mana ikut berbagai macam acara.

Sepertinya, KoBOI ini adalah sosok bayi yang punya masa depan yang cerah, akan makin cepat dikenal, makin dicari orang, bahkan bisa juga di benci oleh sebagian orang karena tulisannya yang kadangkalan ceplas-ceplos tanpa basa-basi.

KoBOI lahir dari kumpulan orang per orang secara individu yang  punya latar bermacam-macam. Prinsipnya anggota KoBOI adalah tidak terikat dengan pihak manapun. Yang pasti anggota blogger KoBOI kerap menulis artikel di masing-masing media blognya tanpa pamrih, tanpa paksaan, dan tanpa disuruh orang. Masing-masing blogger adalah unik, karena memiliki gaya penulisan yang berbeda diantara satu blogger dengan blogger yang lainnya.

Independensi KoBOI

KoBOI diundang Yamaha untuk perkenalan produk baru New Jupiter Z (November 2009)

Nah, bagaimana pula dengan status seorang blogger, khususnya member KoBOI?

Apakah status blogger dari member KoBOI tetap independent? Atau sebaliknya?

Hal ini selalu saja dipertanyakan dan diragukan oleh orang-orang sejak blogger KoBOI berdekatan  erat dengan berbagai macam perusahaan. Ada apa sih?

Sebut saja perjalanan KoBOI yang pernah visit ke  pabrik Honda, KoBOI pernah di undang Yamaha saat perkenalan produk baru, KoBOI pernah diundang Castrol untuk peluncuran produk baru, KoBOI pernah diajak Piaggio test-ride motor, KoBOI pernah  diundang Ducati Indonesia saat launching produk baru, dan lain sebagainya.

Nah, sejauh ini independensi blogger adalah tetap sebagai blogger yang independen alias tidak terikat dengan pihak manapun. Karya blogger adalah bebas menulis artikel di blognya. Masing-masing dari anggota KoBOI selalu memiliki kebebasan untuk berkreasi, menulis, dan seorang blogger tak akan pernah didikte orang, apalagi diedit oleh redaktur karena blogger memang bukan atas nama perusahaan media.

Jadi, setiap individu blogger memang suka-sukanya aja sendiri. Bebas dan merdeka asalkan memahami tata krama, dan budaya bangsa Indonesia. Silahkan saja kalau mau kritik orang atau perusahaan, mau memuji orang juga boleh, mau bikin reportase juga diperkenankan, dan mau diam saja tidak mau menulis juga boleh… 🙂

Ultah KoBOI Pertama

Acara Tiup Lilin The 1st Anniversary KoBOI

KoBOI merayakan ulang tahunnya yang pertama, 14 Februari 2010, dan ini adalah klimaks perjalanan KoBOI selama satu tahun. Hingga artikel ini ditulis, jumlah blogger yang sudah terdaftar menjadi anggota KoBOI adalah 33 orang, hal ini tercatat melalui media on-line mailing list (milis) KoBOI@googlegroups.com. Tak terpikir jika ultahnya yang pertama mau dirayakan seperti apa, pernah ada rencana turing ke Bandung, tapi batal.

Pada pertemuan kopdar pertama ditahun 2010 melalui ajang “Bincang Santai KoBOI dengan ATPM” yang berlangsung hari Minggu tanggal 10 Januari 2010 di Restoran Ayam Goreng Cianjur Cipete terjadi obrolan singkat dengan pihak ATPM Honda yang sebenarnya ingin tahu, apa dan bagaimana acara ultah KoBOI yang pertama pada bulan Februari 2010. Saat itu beberapa teman KoBOI sudah antusias untuk membuat sebuah acara kopdar dengan pembaca blog.

Akhirnya sebuah proposal Plan A segera dilayangkan ke kantor PT Astra Honda Motor (AHM). Namun demikian Plan B juga sudah disiapkan jika PT AHM tidak bersedia mendukung acara HUT KoBOI yang pertama. Bahkan, Plan C dengan cara co-sponsor juga sudah disiapkan, apabila Plan A dan Plan B tidak berhasil.

Namun demikian, Plan D untuk hal yang paling buruk.  Ini adalah swadaya atau saweran dari anggota KoBOI dengan acara kopdar dan makan siang saja apabila Plan A, Plan B dan Plan C tidak juga berhasil.

PT AHM Sponsor Utama HUT KoBOI

PT AHM Sponsor Utama HUT KoBOI yang Pertama. Acara didukung oleh PT Wahana Makmur Sejati

Akhirnya yang namanya rejeki datang juga, dan tidak bisa ditolak begitu saja. Apalagi ketika  berbicara soal “waktu” yang sudah mepet sekali, makin hari makin mendekat menuju hari H acara HUT KoBOI, Minggu 14 Februari 2010. Ketika semuanya serba mepet, maka yang dipikirkan adalah sisi yang paling mudah dan praktis.

Maksudnya, ngapain lagi kita mau mencari yang susah-susah jika ada jalan yang lebih mudah tapi sifatnya positif. Namun, KoBOI beruntung, jika proposal Plan A akhirnya disetujui oleh PT AHM.

Sebagai sponsor utama, bagusnya PT AHM tidak mencampuri acara yang sudah dikonsep secara sederhana oleh KoBOI. Acara ultah KoBOI yang pertama ini memang disusun secara langsung oleh member KoBOI tanpa ada intervensi ataupun pengaruh apapun dari pabrikan PT AHM.

Pada prinsipnya KoBOI mau bikin acara kopdar dengan pembaca blognya yang diisi dengan sebuah panel diskusi tentang Safety Riding, serta presentasi mesin motor berteknologi fuel injection. Masing-masing dari acara tersebut dipandu langsung oleh member KoBOI dan disini PT AHM hanya ikut mendampingi.

Sebagai catatan, bahwa kehadiran pabrikan PT AHM dan PT Wahana Makmur Sejati selaku distributor sepeda motor Honda di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang di acara HUT KoBOI tersebut hanya sekedar ikut melengkapi saja, serta ikut menambahkan beberapa hal yang dilihat masih kurang agar acara HUT KoBOI menjadi lebih baik, ramai dan meriah.

Saat itu PT AHM dan PT Wahana Makmur Sejati hanya menyediakan seorang nara sumber Safety Riding, seorang nara sumber untuk teknologi mesin PGM-FI, display motor Honda Supra 125 dengan engine cutting, dua unit motor display, dua unit Honda Riding Simulator dan spare-parts.

Well.. ada 1o unit helm berkualitas merek INK dengan desain HRC (Honda Racing), serta 10 unit helm standard PT AHM, serta puluhan hadiah lainnya bertaburan di acara HUT KoBOI yang pertama tersebut. Pada intinya, pembagian hadiah tersebut  memang erat hubungannya dengan acara safety riding yang perlu disosialiasasikan secara bersama kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Selamat ulang tahun kepada KoBOI dan ucapan terima kasih banyak kepada jajaran direksi dan manajemen PT Astra Honda Motor (AHM), juga ditujukan kepada PT Wahana Makmur Sejati yang sudah ikut serta mensukseskan acara “The 1st Anniversary KoBOI”.

PHOTO GALLERY

Please follow and like us:

13 thoughts on “HUT KoBOI Pertama dan Independensi Blogger

  1. liputan yang mantap om step.. acaranya bagus banget. ga nyesel nih dateng kesini. boleh donk ajak2 lagi kalo ada acara selanjutnya.. hehe..

  2. acaranya mantab. ga nyesel dateng ke acara ini. bobot isi acara ini juga mantab ga sekedar foya2 belaka.. nyesel deh yang ga dtg. kalo ada acara lagi boleh donk di bagi2 undangannya om steph.. bravo sl.com

  3. mantaff…
    dri sekedar tulisan iseng (tapi bermakna 😀 ), akhirnya bisa jadi media yg diperhitungkan langsung oleh pabrikan..
    TOP banget…
    keep your independency..
    blogger adalah perpanjangan tangan konsumen 😀

  4. Fotoku nggak nongol. 🙁
    *mbikin komik*

  5. Congrats bro Stephen..! bangga koBOI berlangsung dgn jayanya..

  6. thwuerhounguisth says:

    waw sayang ga bs dateng… mudah2an tahun depan bs lebih meriah lg… ada acara sosialnya sebetulnya juga bagus lho… donor darah misalnya… cm ide aja tuh… siapa tahu bisa bermanfaat kedepannya…
    btw tetap sehat tetap semangat tetap independen… dirgahayu koboi…..

  7. LENGKAP…!

    PADAT…!

    JELAS…!

    TERANG BENDERANG…!

    MANTAP…!

    😀

  8. […] juga jaringan distributornya, biasanya alat HRT ini selalu ikut dihadirkan. Nah, beruntung di acara “The 1st Anniversary KoBOI” yang berlangsung pada hari Minggu 14 Februari 2010 lalu, ada 2 (dua) unit alat HRT ikut pula […]

  9. Sheep, semoga berlanjut, di acara koboy mendatang,saya sangat

  10. […] ini terbukti ketika acara “The 1st Anniversary KoBOI” alias ulang tahun pertama Komunitas Blogger Otomotif Indonesia yang berlangsung pada hari Minggu 14 […]

  11. :shakehand2 bro..thanks ya…
    ide dari bro SL beserta blog ini menginspirasi tampilan cara menulis yang tepat. sekarang blog saya dah mulai menghasilkan uang dari iklan walau belum sebesar pendapatan bro SL.

    ok..keep posting. saya segera menyusul bro SL. serta nanti kasih komentar buku saya ya..(segera terbit)… :sungkem

    :iloveindonesia

    • @bro Feri.. syukurlah blog anda sudah bisa menghasilkan uang, yang penting tetap fokus, dan terus menjalin kerjasama dgn banyak pihak. Intinya banyak usaha butuh promosi, dan media blog menjadi pilihan yg dapat memberikan informasi lengkap. Dilanjut bro.. kesempatan emas masih banyak didepan!
      :cendol

  12. […] 54 dan ditulis oleh wartawan BikersMagz, Bro Amir Hamzah yang turut hadir meramaikan acara  1st Anniversary KoBOI bulan Februari […]

Leave a Reply