GIIAS 2016: GT Radial Helat ‘Defensive Driving Skills For Woman’

IMG_6134

Di penghujung gelaran pameran GIIAS 2016, PT Gajah Tunggal Tbk produsen ban GT Radial bekerjasama dengan KAPAP mengadakan acara “Defensive Driving Skills For Woman”. Berbeda dengan pelatihan safety driving pada umumnya, pelatihan kali ini terdapat pelatihan perlindungan diri untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan (begal).

WhatsApp Image 2016-08-20 at 14.13.16

“Kali ini kami melibatkan kaum perempuan dalam sesi berkendara aman dan perlindugan diri ini, agar kaum perempuan bisa membela diri dan mencegah terjadinya kejahatan. Terlebih pada situasi yang cukup genting. Akhir-akhir ini kejahatan pada perempuan sering terjadi, terutama yang sering berkendara sendirian,” jelas GM Marketing & Retail Business PT Gajah Tunggal Tbk, Arijanto Notorahardjo kepada OTOSL pada Sabtu (20/8/2016).

Tidak kurang dari 50 peserta wanita yang berasal dari perwakilan klub Toyota Agya Club, Jazz Fit Club, TEY CI, Altic, dan Red Car Community of Indonesia mengikuti pelatihan ini. Mereka merupakan para istri dari anggota klub binaan GT Radial tersebut.

IMG_6122

Sebelum berkendara ada beberapa cara sederhana dan mudah untuk menghindari terjadinya tindak kejahatan seperti memeriksa kondsi sekitar kendaraan. Dan jika diperlukan menggunakan ilmu beladiri, agar bisa menghindar dari ancaman pisau, jeratan tali, dan beberapa lagi yang lain. Bisa dengan cara terlihat takut lebih dulu kemudian agresif untuk menyerang si pelaku kejahatan.

“Ada banyak cara mencegah terjadinya kejahatan atau membela diri dalam kondisi yang genting. Misalnya seperti mulai mengelilingi mobil, melihat kondisi ban dan memperhatikan kondisi sekitar. Jika sudah di dalam mobil, sebaik nyalakan dulu mesin mobil, jangan langsung duduk dan pasang seatbelt. Pintu sebaiknya jangan langsung ditutup, agar bisa segera melarikan diri jika ada orang yang akan berbuat jahat dari dalam,” terang South East Asia KAPAP Head Instructor, David.

IMG_6116

Sementara untuk materi praktek berkendara yang diberikan adalah teknik dasar berkendara meliputi pengenalan kendaraan, tehnik pengereman, teknik zig-zag, dan teknik parkir.

Please follow and like us:

Leave a Reply