Ferrari 488 GT3 diuji coba oleh T2 Motorsports

image

Pertama kali diperkenalkan di ajang Finali Mondiali di Mugello, Tuscany, Italia pada 2015, Ferrari 488 GT3 diuji coba oleh sebuah tim balap baru dari Asia, yakni T2 Motorsports, dalam kejuaraan-kejuaraan GT yang akan datang. Versi GT3 dari 488 GTB ini diciptakan dengan mewarisi karakteristik 458 Italia GT3 dan akan bertarung dalam beberapa kejuaraan internasional termasuk Intercontinental GT Challenge, Asian Le Mans Series, Blancpain GT Series – Asian Cup, dan Gulf 12 hours.

Tim balap T2 Motorsports didirikan oleh para pembalap sekaligus pengusaha, Gregory Teo dan David Tjiptobiantoro. Bergabung bersama karena memiliki kecintaan dan dedikasi yang sama terhadap Ferrari dan dunia balap, keduanya telah memiliki pengalaman luas dalam berbagai ajang balapan internasional, salah satunya Ferrari Challenge Asia Pacific.

Kemitraan istimewa ini pun menghasilkan tim balap lintas-batas pertama antara Singapura dan Indonesia, sekaligus yang pertama di Asia Tenggara. Tim ini dilengkapi oleh dua pembalap lainnya, yaitu Kepala Pelatih Ferrari Challenge Asia Pacific dari Italia, Christian Colombo, dan bintang film ternama dari Korea, Jeong Hoon Yeon.

“Motorsport mengalir dalam darah Ferrari – konsep kegigihan dalam berkompetisi selalu menjadi bagian inti dari DNA kami,” ujar Dieter Knechtel, CEO Ferrari Far East & Middle East saat menyampaikan ucapan selamat atas diluncurkannya tim balap T2 Motorsports. “Kami sangat menantikan penampilan tim dengan 488 GT3 pada balapan-balapan yang akan datang.”

Ferrari 488 GT3 mencerminkan terobosan besar dari versi pendahulunya. Sebagai sebuah mobil yang benar-benar baru, mobil ini dibangun dari nol dengan tujuan untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik namun tetap mempertahankan kemampuan berkendara yang luar biasa dari 458 Italia.

Dengan rangka mesin yang seluruhnya terbuat dari aluminium, menjadikannya ringan dan kokoh, serta mampu menghantarkan respon akurat dan responsif. Dirancang dengan mengingat balap uji ketahanan, sel bahan bakarnya menjamin pembilasan bahan bakar yang sempurna setiap saat, mobil ini juga dilengkapi oleh suspensi balap yang dikembangkan secara khusus.

Perubahan paling radikal dapat ditemukan pada mesin turbo V8 dari 488 GT3. Memanfaatkan pengetahuan Ferrari dalam memproduksi mesin-mesin yang efisien dan berkinerja tinggi, versi balap dari mesin V8 ini mampu menghadirkan kemampuan kemudi terbaik sekaligus meminimalisir kekurangan jenis mesin ini hingga hampir mencapai titik nol. Inovasi besar lainnya terdapat di bagian gearbox yang dibuat transversal, tidak lagi longitudinal.

Langkah pembaruan ini diambil untuk memenuhi persyaratan aerodinamika dari mobil ini sehingga memberikan ruang untuk konfigurasi ekstrim dan menjadikan mobil tersebut dapat lebih dikendalikan oleh pengemudi.

Untuk menguji ketangguhan Ferrari 488 GT3, tim balap T2 Motorsports akan berkompetisi dalam kejuaraan-kejuaraan internasional kelas GT3, dimulai dari Intercontinental GT Challenge, GT Challenge – Sepang 12 hours pada bulan Desember, dan dilanjutkan dengan Asian Le Man Series – Sepang 4 hours pada bulan Januari 2017.

Please follow and like us:

Leave a Reply