Gajah Tunggal Resmikan Fasilitas Proving Ground Tahap 1

IMG_4149

PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban terbesar dan terintegrasi di Asia Tenggara merk GT Radial, GITI (untuk pasar Amerika), IRC, dan Zeneos, pada Kamis (19/05/2016) meresmikan pusat penelitian dan pengembangan di Karawang, Jawa Barat. Fasilitas ini merupakan terobosan baru dari Gajah Tunggal untuk membuat ban-ban baru yang berkualitas, dimana hanya Gajah Tunggal yang memiliki 2 area Proving Ground terbesar dan tercanggih di Asia.

Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Bapak Saleh Husin dan disaksikan oleh Presiden Direktur PT Gajah Tunggal Tbk, Christopher Chan beserta segenap direksi dan komisaris, Bupati Karawang Ibu dr. Cellica Nurrachadiana beserta segenap Muspida Kabupaten Karawang serta para tamu undangan.

DSC_3235

“Pembangunan R&D ini diharapkan menjadi salah satu prioritas bagi produsen ban. Pemerintah sangat mendukung upaya pengembangan ini, sebagai pertanda bahwa industri ban nasional memiliki kemampuan untuk menembus pasar global,” ujar Saleh Husin.

Investasi yang digelontorkan Gajah Tunggal untuk fasilitas ini mencapai Rp 1,34 triliun. Fasilitas digunakan untuk menguji ban kendaraan umum dan ban sepeda motor.

Presiden Direktur PT Gajah Tunggal Tbk, Christopher Chan, menambahkan, untuk fase kedua rencananya ditargetkan akan selesai pada akhir 2018 atau awal tahun 2019 mendatang. Pembangunan memakan waktu lama, karena proyek ini sarat teknologi yang membutuhkan presisi tinggi dan kesesuaian dengan standar internasional.

DSC_3307

Di Indonesia PT Gajah Tunggal Tbk beroperasi sejak tahun 1951, dengan jumlah karyawan mencapai 13.944, Gajah Tunggal mampu mengoperasikan pabrik berkapasitas produksi 23,2 juta ban mobil, truk dan bus, serta ban 33,25 juta ban sepeda motor. Fokus pemasaran tidak hanya di dalam negeri, tapi juga ekspor dengan pasar utama Amerika Serikat. Pada 2014, nilai ekspor Gajah Tunggal menembus 617,19 juta dolar AS.

GT Radial Proving Ground

Proving Ground yang dapat menguji ISO Noise, Vehicle Dynamic Area, Braking & Handling serta Longitudinal Hydro Planning ini menjadi fasilitas yang terlengkap dan tercanggih di Indonesia dan Asia Tenggara.

Dengan adanya “proving ground” ini, diharapkan proses pengembangan berbagai produk ban baru PT Gajah Tunggal Tbk dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat sehingga mampu memenangkan persaingan di pasar domestik dan global.

Selain dipergunakan sebagai sarana pengetesan produk-produk ban perusahaan, fasilitas “proving ground” ini juga dapat digunakan untuk menguji berbagai purwarupa (prototype) dan kendaraan baru yang diproduksi oleh berbagai APM (Agen Pemilik Merek) yang menjadi partner PT Gajah Tunggal Tbk. Proving Ground ini akan menunjang moto Perusahaan yaitu “Maju Bersama Kebanggaan Bangsa”.

Please follow and like us:

Leave a Reply