Jakarta-Sabang PPMKI 2016: Separuh Perjalanan Telah Ditempuh

7

Memasuki separuh perjalanan Jakarta-Sabang PPMKI 2016, seluruh peserta masih dapat melanjutkan perjalanan. Pada saat ini, peserta berada di Bukittinggi, Sumatera Barat dan bersiap-siap untuk meneruskan perjalanan menuju Sibolga di Sumatera Utara. Rute yang melintasi Panti dan Nopan itu berjarak sejauh 369 km dengan waktu tempuh sekitar 9 jam, pada kecepatan rata-rata 40 km/jam.

Total perjalanan yang telah ditempuh hingga Bukittinggi adalah 1.500 km. Rute Bukittinggi menuju Sibolga tergolong rute yang panjang karena berjarak lebih dari 300 km. Jalan yang akan dilalui juga tidak sebagus jalan dari Bungo menuju Bukittinggi.

“Para peserta diharap untuk tetap berkonsentrasi penuh saat di perjalanan,” ujar Jimmy Syamsudin, Ketua Pelaksana Jakarta-Sabang PPMKI 2016.

Selama enam hari perjalanan, beberapa peserta ada yang mengalami masalah. Pada hari pertama misalnya, Dodge Dart 1962 yang dikemudikan Anton Suleiman mengalami masalah pada sistem kelistrikan. Masalah serupa dialami Toyota Land Cruiser 1978 yang dikemudikan Hendarmin. Pada hari yang sama, mobil towing yang mengiringi peserta dibegal sekawanan orang di Kayu Agung. Seluruh isi dompet berjumlah sekitar Rp 1,8 juta dikuras.

Pada hari kedua atau ketika meninggalkan Lampung menuju Palembang, Chevrolet Impala 1960 yang dikemudikan tim mekanik dari Jos Darmawan, dihadang masalah sistem pengereman dan knalpot yang pecah sehingga harus diperbaiki di pinggir jalan.

Pada hari kelima atau ketika meninggalkan Bungo menuju Bukittinggi, Dodge Stationwagon yang tergabung dalam tim Anton Suleiman juga didera masalah pada mesin, sehingga harus dibongkar di tengah perjalanan. Masalah serupa juga dialami Mercedes-Benz 200 1975 milik Cecil B Silanu. Bunyi yang keras terdengar di sekitar suspense roda belakang, tetapi masih bisa melanjutkan perjalanan hingga Bukittinggi. “Perjalanan masih bisa dilanjutkan,” kata Cecil.

Dari 32 peserta yang berangkat dari Jakarta, Rabu 4 Mei 2016, tiga peserta tidak melanjutkan perjalanan karena persoalan non-teknis. Ketiga peserta itu adalah Suprihadi yang mengendarai Mercedes-Benz 220S 1966, Dudi yang mengendarai Buick 1938 dan Hendarmin yang mengendarai Toyota Land Cruiser 1978.

Please follow and like us:

Leave a Reply