Aero Aswar Finish Ke-2 Seri Pertama Balapan Jet Ski Kejuaraan AquaX di AS

+4lNgXWe

Awal musim yang baik untuk tim Jet Ski Indonesia pada kejuaraan nasional Jet Ski Aqua Cross (AquaX) di Amerika Serikat putaran pertama di Daytona Beach, Florida, AS (23-24 April 2016) setelah Aero Aswar merebut posisi kedua secara keseluruhan pada kelas yang paling bergengsi, Pro Enduro dengan total poin 49.

Dalam putaran pertama balap kali ini Aero menggunakan Jet Ski Yamaha FZR SVHO melakoni 3 kali balapan (moto) dengan hasil yang sangat konsisten. Pada masing-masing Moto Aero berhasil mencapai garis finish dalam posisi ketiga, keempat dan pertama. Khusus pada moto ke-3, Aero melakukan start yang sangat sempurna dengan merebut holeshot hingga 50 meter didepan pembalap lainnya sehingga berhasil melibas seluruh lap dengan finish pertama.

“Saya sangat kaget melihat start Aero yang sangat sempurna dan melihat dia tia-tiba sudah berada sekitar 50 meter didepan saya. Saya berusaha mengejar tetapi Aero tampil begitu perkasa,” kata Chris Macclugage (Juara Dunia) yang menjuarai seri kali ini.

“Sangat fokus pada moto ke-3 dan begitu start dilepas saya benar-benar gaspol dan kebenaran jet ski saya juga lagi dalam kondisi yang prima tanpa ada masalah berarti,” komentar Aero setelah finish.

Sementara pada moto 1, sebenarnya Aero sudah sempat memimpin balapan cukup jauh dengan mengambil posisi pertama dari pembalap Kawasaki Craig Warner pada lap ke-8 dan semenjak itu tidak bisa dikejar kembali oleh pembalap lainnya dan disebut-sebut Aero seperti balapan sendirian tanpa ada perlawanan berarti. Itu sebelum kendala teknis menerpa Aero pada lap ke-14.

Nasib kurang beruntung harus ditelan Aero dengan salah satu selang waterline-nya yang copot dan mesin tiba-tiba drop, memaksa Aero terjatuh terpukul ombak. Karena jarak yang cukup jauh dengan pembalap lainnya, walaupun Aero sempat memasang kembali selang tersebut dan kembali memacu jet ski-nya, Aero tetap berhasil finish di 3 besar.

Lanjut pada balapan moto ke-2, kemungkinan dampak dari moto pertama masih terasa, kembali Aero terkendala dengan jet ski-nya sehingga pada start kurang beruntung dan memaksa Aero harus mengejar dari posisi ke-13. Aero tanpa menyerah mengejar pembalap-pembalap di depannya satu per satu dan berhasil finish ke-4. Ternyata hal yang sama terjadi pada pembalap juara dunia lainnya yang mengalami start buruk yaitu Chris Macclugage dan Dustin Farting.

Bahkan nasib lebih nahas dialami oleh pembalap Sea-Doo, Dustin Farting yang tidak berhasil finish pada moto ke-3 dan terpaksa merelakan posisi kedua kepada Aero Aswar.

Adik Aero, Aqsa Aswar masih belum beruntung balapan kali ini. Sempat finish ke-6 pada moto 1 tetapi tabrakan menerpa dia pada moto 2 sehingga membuat Jet Ski-nya rusak dan tidak bisa diperbaiki sama sekali. Merupakan pekan yang kurang beruntung buat pembalap masa depan ini.

Balapan pada moto 1 dan moto 2 berlangsung selama 30 menit dengan tambahan 1 lap sementara untuk moto 3 sendiri ditambahkan waktu balapannya sehingga selama 40 menit dengan tetap tambahan 1 lap.

Balapan berikutnya putaran ke-2 dari total 6 putaran akan berlangsung pada tanggal 2-3 Juli 2016 di Sarasota, Florida, Amerika Serikat.

Berikut total poin tiga besar pasca balapan putaran pertama kejuraan nasional Jet Ski AquaX:

  1. Chris Macclugage: 52 (Yamaha FX SVHO)
  2. Aero Aswar: 49 (Yamaha FZR SVHO)
  3. Brian Baldwin: 40 (Yamaha FX SVHO)
Please follow and like us:

Leave a Reply