Safety Riding: Pahami Rambu-Rambu Lalu-lintas!

11 Januari 2010. Artikel ini sekedar menjawab pertemuan KoBOI dengan beberapa ATPM motor yang belangsung hari Minggu kemarin (10/1/10), khususnya soal Safety Riding atau keamanan dan keselamatan berkendara sepeda motor. Sebenarnya hal yang pertama dan kudu harus diketahui oleh masyarakat, juga pengendara sepeda motor adalah mengenal dan mengetahui arti dan maksud dari rambu-rambu lalu-lintas yang disediakan/terpasang di jalan umum.

Hal ini tidak lain adalah untuk memberikan petunjuk tentang ketertiban dan kelancaran perjalanan anda agar anda aman dan selamat sampai ditujuan.

Sayangnya, sangat banyak (dan banyak sekali) masyarakat Indonesia yang tidak paham soal rambu-rambu lalu-lintas, dan lebih buruknya yang terjadi dilapangan adalah, pelanggaran terhadap rambu-rambu lalu-lintas tersebut. Hal ini disebabkan karena lemahnya tingkat kedisiplinan masyarakat, juga lemah dalam kepatuhan, lemah dalam sikap dan perilaku, lemah dalam hukum, dan lemah dalam berbudaya, serta berlalu-lintas yang benar.

Secara umum bahwa pengertian rambu-rambu lalu-lintas adalah salah satu alat perlengkapan di jalan dalam bentuk tertentu yang memuat lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan diantaranya, yang digunakan untuk memberikan peringatan, larangan, perintah dan petunjuk bagi pemakai jalan.

Sebenarnya sudah banyak artikel-artikel media blog yang telah menjelaskan soal arti dan maksud dari rambu-rambu lalu lintas yang sering dipakai oleh DLLAJR (Dinas Lalu-lintas Angkutan Jalan Raya). Berdasarkan jenis pesan yang disampaikan, rambu lalu lintas dapat dikelompokkan menjadi rambu-rambu sebagai berikut:

Rambu peringatan: Rambu yang memperingatkan adanya bahaya agar para pengemudi berhati-hati dalam menjalankan kendaraannya. Misalnya: Rambu yang menunjukkan adanya lintasan kereta api, atau adanya simpangan berbahaya bagi para pengemudi.

Rambu petunjuk: Rambu yang memberikan petunjuk atau keterangan kepada pengemudi atau pemakai jalan lainnya, tentang arah yang harus ditempuh atau letak kota yang akan dituju lengkap dengan nama dan arah letak itu berada.

Rambu larangan dan perintah: Rambu ini untuk melarang/memerintah semua jenis lalu lintas tertentu untuk memakai jalan, jurusan atau tempat-tempat tertentu.

Rambu dilarang berhenti: Kendaraan harus lewat jalur tertentu.

Rambu tetap: Yang dimaksud dengan rambu tetap adalah semua jenis rambu yang ditetapkan menurut Surat Keputusan Menteri Perhubungan yang dipasang secara tetap, sedangkan rambu tidak tetap adalah rambu yang dipasang dan berlaku hanya beberapa waktu, dapat ditempatkan sewaktu-waktu dan dapat dipindah-pindahkan.

Rambu tambahan: Menurut penulis bahwa rambu tambahan adalah rambu-rambu yang juga membantu para pengguna jalan dan penggunaanya sudah ditetapkan melalui UU yang berlaku.

DAFTAR RAMBU LALU-LINTAS

Please follow and like us:

19 thoughts on “Safety Riding: Pahami Rambu-Rambu Lalu-lintas!

  1. Bro yang rambu “jalan tidak rata” itu Pamela Anderson nggak boleh lewat ya? :mrgreen:

  2. wahhhh
    infonya lengkap sekali bosss
    🙂

  3. Biar adil kendaraan roda 4 wajib jalur cepat 😀

  4. duh…..rambu lalu lintasnya udah tua tuh nggak keliatan……..!

  5. ga disediain dalam bahasa inggris????? siapa tau ada yg butuh.. termasuk saya!!!

  6. dini mei nidi says:

    klau bisa ditambahin,tolong jelaskan di mana tempat per rambu2 lalu lintas di pasng agar masyarakat lebih paham!

  7. thanks buat infonya pak……..
    and hope buat juga dala bahasa inggris…….
    many people need it………………. termasuk saya…………. heeheheheheh

  8. izin copas om

  9. ijin copas buat bandunger

  10. sampai saat ini HONDA selalu mengutamakan safety riding dalam berbagai event.
    masih aja banyak kasus n kejadian yg intinya melanggar lalu lintas. yg ujung2nya duit n nyawa melayang..duit masih bisa dcari..nyawa?? siapa yg akan ngasih, orang cuma dikasih satu buat dijagain..
    buat semua aja..hormati pengguna jalan lain. (tapi kalo sononya keterlaluan..hajarrr!!!)

  11. I like your blog Mr. SL.com

  12. Bnyak orang yang awam tentang rambu2 lalulintas, coba ada pembelajaran ke sekolah-kolah yang ada di indonesia biar dia tau apa arti rambu-rambu lalulintas, padahal itu demi keselamatan mereka bro…………………!

  13. thanks ya pakk dahh bantuu akuuu mengetahui masalahh rambu2 lalu lintassss

  14. Nice info…

    terima kasih sdh buat artikel ini..

    jadi lebih paham ttg rambu lalu lintas…

  15. Dengan mengikuti peraturan lalu lintas yang sudah diberlakukan, ini sebenarnya langkah awal dalam mengurangi angka kecelakaan dalam berkendara di jalan raya…

    So, patuhi rambu lalu lintas yang ada, kalo gak nantinya bisa kena tilang polisi deh…
    Ihh ngeriiiii……

    🙂 🙂 🙂

  16. Rambu Rambu Nya Msih Ada GX aq Ada PR ni Bro……

Leave a Reply