Pertemuan Awal KoBOI Tahun 2010

10 Januari 2010. Kumpul lagi, demikian ungkapan dari teman-teman anggota KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia) yang punya acara di hari Minggu (10/1/10) bertempat di Restoran Ayam Bakar Cianjur, di Jl. Cipete Raya, Jakart Selatan. Kali ini pertemuan di prakarsai oleh blogger Rudi Triatmono dengan maksud sebagai pertemuan awal di tahun 2010 diantara sesama anggota KoBOI dan pihak ATPM motor.

Acara yang dimulai pukul 11.00 dihadiri oleh ATPM Ducati, Honda, TVS, dan Piaggio. Turut pula hadir beberapa rekan jurnalis/wartawan otomotif dari Kompas.com; Detik.com, dan Koran Tempo. Selain itu ada tamu dari anggota komunitas motor sport yaitu Vendetta.

Acara diawali dengan makan siang bersama dengan menu makanan khas Sunda yang memang menjadi andalan dari restoran tersebut. Bro Triatmono sebagai pihak tuan rumah pun membuka kata sambutan bahwa pertemuan ini adalah sifatnya santai hanya sekedar silahturahmi antara blogger, ATPM, jurnalis, dan komunitas motor.

Undangan memang sangat terbatas dan bukan untuk umum, namun demikian obrolan yang sempat terangkat menjadi isu-isu penting dan memang perlu diperhatikan oleh semua pihak khususnya yang berkecimpung di bidang industri sepeda di tanah air. Pasalnya angka produksi dan volume penjualan motor di Indonesia di tahun 2009 mencapai 5.8 juta unit dan prediksi di tahun 2010 bakalan mencapai 6.5 hingga 7 juta unit.

Tentu saja hal ini sangat berkaitan dengan angka-angka kecelakaan yang bakal terus meningkat. Paling tidak blogger yang dikenal sebagai citizen journalism yang suka menulis artikel di blognya harus juga mampu meng-kampanyekan secara gencar soal keamanan dan keselamatan berkendara (Safety Riding).

Blogger setidaknya ikut serta berperan aktif mensosialisasikan bagaimana caranya menekan angka kecelakaan sepeda motor di jalan raya. Juga harus mampu mmeberikan edukasi dan contoh yang baik dalam bekendara motor. Info lengkap berbicara soal  angka kecelakaan sepeda motor di Indonesia, silahkan mampir ke blog Edo Rusyanto.

Prediksi situasi ekonomi Indonesia di tahun 2010 bakal membaik, hal ini akan memicu masrayarakat untuk membeli sepeda motor, maka inipun akan berdampak pada pesanan motor baru kepada pihak penjual atau pabrikan. Akibatnya pesanan ini akan mendorong pihak industri sepeda motor untuk menambah kapasitas produksinya dengan maksud melayani pesanan pembeli tadi.

Efek samping dari pada penambahan produksi motor adalah, masyarakat selaku pengguna sepeda motor hanya meng-anggap sepele dan tidak begitu peduli soal keamanan berkendara. Alasannya, karena motor sudah dianggap barang yang sangat mudah dimiliki seperti membeli sepeda biasa. Akibatnya, timbul perilaku buruk, serta kesadaran, mental, sikap dan/atau disiplin masyarakat yang sangat lemah dalam hal berkendara sepeda motor.

Inilah isu penting yang perlu diangkat dan ditindak-lanjuti oleh segenap masyarakat yang peduli dengan keamanan dan keselamatan sepeda motor. Semua pihak, dimulai dari pemerintah, kepolisian, pabrikan, penjual, klub motor, media dan blogger perlu memberikan pengajaran soal safety riding yang terus berkelanjutan agar pengendara roda dua lebih memahami bagaimana sikap berkendara yang baik serta cerdas di jalan.

Presiden Direktur PT Supermoto Indonesia selaku ATPM Ducati di Indonesia A.S Nugroho yang juga dikenal memiliki blog Nugroho Ride Report ikut memberikan masukan agar blogger membuat skala prioritas soal kampanye keamanan dan keselamatan pengendara sepeda motor. Berikan waktu dan prioritaskan apa-apa saja yang perlu diketahui oleh masyarakat luas.

Sementara itu perwakilan dari PT Astra Honda Motor (AHM), Nyoman Kesawa dari Divisi HC3  sempat dibuat terheran-heran oleh pernyataan blogger Edo Rusyanto yang membocorkan soal rencana investasi besar yang dimiliki PT AHM untuk tahun 2010. Sepertinya Edo Rusyanto punya info lengkap yang langsung diperoleh dari Honda Jepang.

Apa saja investasi AHM? Yah.. kita lihat saja gebrakan AHM di tahun 2010 yang konon banyak kejutan. Sementara itu, perwakilan dari PT Yamaha Kencana Motor Indonesia (YMKI) yang ditunggu-tunggu kehadirannya tidak ada penampakan alias tidak hadir. Acara ditutup dengan foto bersama di halaman parkir motor.

Please follow and like us:

10 thoughts on “Pertemuan Awal KoBOI Tahun 2010

  1. jadi penasaran kira2 AHM mau bikinkejutan spt apa yah ditahun ini? kasih bocoran donk…

  2. Wa hatur nuhun potonya Bro Steph . . . soale yang foto bareng aku nggak poto..ijin nyedot ahhh

  3. Ban steph, tolong sampein ke koboi, mbok blognya dibikin ramah mobile. Sementara ini yg nyaman dibuka pake bb/pda/hp cuman bloge mas tri, kang tofik, dan mas adinug. Lainya terutama blog bang setep ini nyedot pulsa banget nget ngeet.

  4. @nandra, infonya dicatat soal ramah mobile meng-akses blog via BB dgn pulsa yg murah. Ini cuma soal teknlogi dan waktu, krn saya yakin gak lama lagi semua Hp bisa meng-akses blog dgn cepat dan biaya murah. Kebetulan isi blog ini banyak foto, dan mungkin ini yg bikin berat buat alat BB (saat ini).

  5. waduh, kostum wayang gatotkacaku nongol 🙁

  6. […] 11 Januari 2010. Artikel ini sekedar menjawab pertemuan KoBOI dengan beberapa ATPM motor yang belangsung hari Minggu kemarin (10/1/10), khususnya soal Safety […]

  7. […] pembukaan showroom baru Ducati Indonesia. Di awal tahun 2010 ini, justru KoBOI pernah membuat acara temu-muka dengan berbagai pihak ATPM dalam acara obrolan […]

  8. […] pertemuan kopdar pertama ditahun 2010 melalui ajang “Bincang Santai KoBOI dengan ATPM” yang berlangsung hari Minggu tanggal 10 Januari 2010 di Restoran Ayam Goreng Cianjur Cipete terjadi […]

Leave a Reply