Tips mengisi BBM di SPBU Pertamina, keamanan adalah mutlak

20151120_092635

Mau isi Bahan Bakar Minyak (BBM) di SPBU Pertamina? Agh..itu sih sudah biasa masbro. Yups.. betul sudah biasa, tapi ada beberapa tips dan triks yang perlu disimak demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Demi keamanan, yang paling penting adalah jangan merokok, segera matikan rokok ketika sudah tiba dihalaman SPBU. Kedua ikut antrian dengan tertib dan sabar, walaupun proses menunggu tetap kita berlaku sopan, dan sekali lagi jangan merokok saat menunggu. Ketiga, saat kendaraan sudah mendekat nozzle (slang pompa bensin), segera matikan mesin kendaraan.

Khusus sepeda motor lelaki dengan tangki BBM berada di depan perut, sangat disarankan agar pengendaranya turun bersama boncenger.

Ingat, cipratan BBM dari selang dapat membasahi celana atau baju yang sedang pakai, dan begitu ada api, maka tubuh anda sangat mudah terbakar. Jadi, pada saat isi BBM selalu ambil jarak aman berdiri jauh dari selang pompa. Setidaknya jarak dua langkah dari petugas yang sedang mengisi BBM. Pastikan mesin kendaraan sudah mati (engine off).

Belakangan ini, ada beberapa SPBU Pertamina di Jakarta yang sudah menyediakan fasilitas self-service, artinya saat pengemudi motor datang mau isi BBM maka konsumen diminta membayar lebih dulu kepada petugas dan kemudian petugas akan menunjuk SPBU yang dipakai. Setelah itu pengemudi motor memegang sendiri alat nozelnya.

Untuk self-service ini, tipsnya adalah, pertama tentukan atau hitung dulu berapa banyak liter yang diperlukan, dan jangan mengisi BBM sampai luber atau kelebihan, akibatnya BBM dari alat selang pompa akan tumpah ruah dan langsung membasahi sepeda motor anda. Jika tiba-tiba ada api, maka dengan mudah segalanya akan terbakar, baik motor serta SPBU-nya, bahkan termasuk diri anda sendiri. Oleh karena itu, keamanan adalah mutlak.

Kemudian masbro, saat anda sedang memegang alat nozel yang cukup berat itu, masukkan ujung besi selang nozle sedalam-dalamnya kedalam lubang tangki sampai tidak terlihat. Setelah itu, tarik pelatuk nozle secara perlahan-lahan, tapi jangan buru-buru mau langsung ditarik, pastikan dulu selang sudah masuk. Cipratan BBM yang keluar bisa membuat masbro terkaget-kaget, atau panik.

Oleh karena itu, tarik pelatuk nozle dengan pelan dan tekan terus sambil memperhatikan lubang tangki jangan sampai ada tumpahan BBM yang akan membasahi kendaraan anda. Usai pengisian BBM, gantung kembali selang nozle-nya dan tutup tangki motor secara rapat.

Tingkat keamanan menjadi sangat penting, karena pada akhirnya akan memberikan rasa nyaman, Masalahnya sekarang ini hampir semua barang-­barang mahal, termasuk kendaraan anda sendiri. Namun yang sangat berharga adalah diri kita sendiri jangan sampai kita terbakar maupun tewas gara-gara isi bensin.

Beberapa tips lainnya selama isi BBM:

  1. Jangan memotret (kecuali sudah minta izin dari petugas satpam). Jika memotret diizinkan, jangan menggunakan flash, dan ambil jarak aman minimal 5 meter dari nozle (menjauh).
  2. Jangan membuang sampah sembarangan, peliharalah kebersihan.
  3. Jangan menggunakan handphone dan sejenisnya.
  4. Selama isi BBM, usahakan kunci pintu dalam keadaan terbuka. Hal ini untuk memudahkan anda menarik penumpang keluar mobil jika terjadi kebakaran
  5. Selalu dalam posisi waspada ketika proses pengisian BBM sedang berlangsung, karena sedikit gesekan apapun akan dapat menciptakan api. Jadi tetaplah berjaga-jaga dan selalu awas.
  6. Jangan berbicara dengan petugas SPBU yang sedang bekerja, karena dengan percakapan akan membuat petugas lengah dalam pengisian yang akibatnya BBM luber atau tumpah ruah.
Please follow and like us:

One thought on “Tips mengisi BBM di SPBU Pertamina, keamanan adalah mutlak

Leave a Reply