Toyota Indonesia Donasikan 3 Unit Truk Tangki Air

Penyerahan Simbolis Bantuan Toyota Indonesia Untuk PMI Pusat - 17092015

Toyota Indonesia (PT. Toyota-Astra Motor dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia) kembali menyerahkan bantuan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat yang diserahkan langsung oleh direksi perusahaan kepada Ketua Umum PMI Jusuf Kalla yang juga Wakil Presiden Republik Indonesia saat acara peringatan 70 Tahun Palang Merah Indonesia, di Musium Gajah Jakarta, Kamis (17/09/2015).

Kali ini, bantuan yang diserahkan dalam bentuk 3 unit truk tangki air. Toyota Indonesia juga akan menyerahkan kantong darah dari kegiatan donor darah yang melibatkan karyawan Toyota Indonesia dan karyawan supplier Toyota di Indonesia yang rutin diadakan sejak tahun 2011. Tahun ini ditargetkan sekitar 1.400 kantong darah dapat diserahkan kepada PMI.

“Dalam setiap bencana, air menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Bantuan kendaraan tangki air ini tentunya akan kami pergunakan untuk menyalurkan bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Terima kasih kepada pihak Toyota Indonesia atas bantuan kemanusiaan ini,” kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla.

“Bantuan ini adalah bagian dari komitmen tanggung-jawab sosial perusahaan yang selama ini disalurkan dalam berbagai bentuk dan bidang seperti untuk keselamatan berlalu-lintas, peningkatan kualitas sumber daya manusia (pendidikan), lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat (community development) serta filantropi,” ujar Wakil Presiden Direktur PT. TMMIN Warih Andang Tjahjono.

Lebih jauh Warih mengakui, dibandingkan kebutuhan PMI, nilai bantuan dari Toyota Indonesia memang jauh dari mencukupi. Namun bantuan ini diharapkan bisa membantu kelancaran PMI dalam menjalankan tugasnya yang berat. “Kami berupaya, selain melalui bantuan seperti ini, Toyota juga siap membantu PMI saat-saat menghadapi tugas berat, seperti terjadinya bencana alam,” kata Warih.

Seperti sebelum-sebelumnya, Toyota Indonesia senantiasa selalu berusaha menyempatkan untuk dapat turut berkontribusi memberikan bantuan kemanusiaan melalui Palang Merah Indonesia. Ditempat terpisah Wakil Presiden Direktur PT.Toyota-Astra Motor Suparno Djasmin menyatakan bahwa ini bukan kali pertama Toyota berkontribusi untuk membantu PMI. Sebelumnya Toyota Indonesia mendonasikan 25 unit tangki air untuk membantu bencana Gunung Merapi pada 2010, serta 10 unit perahu karet untuk penanggulangan bencana banjir pada 2014.

“Kami berharap bantuan 3 unit truk tangki air ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh PMI dalam membantu wilayah atau warga yang mengalami bencana kekeringan maupun gunung meletus,” ujar pria yang akrab dipanggil Abong.

Dalam melaksanaan kegiatan CSR, Toyota Indonesia selalu mengacu pada 4 pilar yang menjadi fokus yaitu keselamatan berlalu-lintas, peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan, lingkungan hidup melalui pengembangan kegiatan ramah lingkungan dan penghijauan dan pemberdayaan masyarakat serta filantropi.

“Bantuan melalui PMI ini merupakan bagian dari kegiatan pemberdayaan masyarakat serta filantropi karena diharapkan bantuan ini bisa meningkatkan kemampuan PMI dalam menjalankan kegiatannya sebagai lembaga yang membantu masyarakat saat terjadi bencana,” kata Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT. TMMIN, I Made Dana Tangkas.

Hal tersebut juga di amini oleh Direktur PT. Toyota-Astra Motor Darmawan Wijaya yang berharap PMI diusianya yang ke-70 tahun, menjadi semakin maju dan tetap menjadi tumpuan dan ujung tombak bagi bantuan bencana di Indonesia.

“Di masa depan, Toyota Indonesia akan terus melanjutkan partisipasi aktifnya dalam berbagai aktivitas CSR, baik dengan PMI maupun organisasi kemanusian lainnya, yang dapat memberikan kontribusi positif bagi sosial dan kemanusiaan, maupun lingkungan di Indonesia”, tutup Darmawan.

Bantuan filantropi Toyota Indonesia diantaranya bantuan kebutuhan pengungsi saat Tsunami Aceh, gempa Padang, gempa Yogyakarta, gempa Pangandaran, dan letusan Gunung Merapi.

Please follow and like us:

Leave a Reply