Toyota Agya & Etios Valco menoreh prestasi di ajang Kejurnas Slalom Seri ke-4, Yogyakarta

 

Toyota Team Indonesia - Agya (2)

Kolaborasi Toyota Team Indonesia (TTI) dengan Toyota Agya dan Etios Valco kembali menoreh prestasi puncak di ajang Kejuaraan Nasional Slalom Seri ke-4,  Yogyakarta, 22 Agustus 2015.

Pada ajang bergengsi tersebut, Toyota Agya berjaya di kelas A3 (1000 cc) setelah berhasil menempati posisi sebagai juara 1. Di kelas 1200 cc, Etios Valco kembali berhasil merajai kelas A4 (1200 cc) setelah berhak atas podium pertama, sekaligus juga menyandang gelar Juara 1 untuk kategori Umum.

Sementara Tim Slalom TTI berhasil menyandang gelar Juara 1 untuk kelas A Umum dan Juara 1 kelas Modifikasi. Ajang tersebut sekaligus mengukuhkan pembalap TTI, Alinka Hardianti sebagai juara untuk kategori peslalom wanita selama 7 tahun berturut-turut. Melalui ajang tersebut, kedua kendaraan Toyota Agya dan Toyota Etios Valco terbukti mampu menunjukkan ketangguhan sebagai penjelajah di lintasan aspal, yang telah dibuktikan oleh Tim Peslalom TTI.

Kejuaraan slalom menuntut kendaraan yang lincah dan mampu diajak bermanuver pada tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Kelincahan, presisi mengemudi, dan ketangguhan Toyota Agya dan Toyota Etios Valco berandil besar pada prestasi peslalom TTI. Keduanya berhasil menaklukkan tantangan dalam hitungan waktu paling singkat.

Kategori A3 merupakan kelas yang diikuti oleh mobil berpenggerak roda depan dengan kapasitas mesin sampai dengan 1.200 cc. Modifikasi yang bisa dilakukan hanya sebatas pada suspensi, sistem pengereman roda belakang, dan penambahan alat untuk pemetaan sistem komputer mesin. Selebihnya harus dibiarkan dalam keadaan standar. Sementara, Toyota Agya masuk ke dalam kategori A4 untuk kelas mobil berpenggerak roda depan dengan kapasitas mesin 1.000cc dan baru pertama kali berpartisipasi di ajang Kejurnas bergengsi ini.

“Hasil yang diraih Toyota Agya dan Toyota Etios Valco bersama TTI menjadi salah satu bukti ketangguhan performa penjelajah jalan raya ini. Status sebagai city car tak menjadikan Toyota Agya dan Toyota Etios hanya tangguh di lintasan aspal kota-kota di Indonesia, tetapi juga pada lintasan balap.  Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang, sekaligus mengucapkan terima kasih telah membawa nama Toyota yang kembali berjaya di kejuaraan otomotif dengan skala nasional,” kata Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM) Rahmat Samulo.

Masih bersama Tim Slalom TTI, Toyota Etios Valco dan Toyota Yaris juga berhasil menunjukkan prestasi pada ajang kejurnas slalom seri-seri sebelumnya di 2015, seperti ajang slalom bergengsi Kejurnas Slalom seri ke-3 di Solo,  seri ke-2 di BSD City tahun 2015, dan Kejurna Slalom seri ke-1 di Lampung. Bahkan di tahun-tahun sebelumnya, TTI juga berhasil menempati posisi terbaik pada ajang slalom bergengsi lainnya, seperti Kejurnas Slalom dan IIMS Gymkhana Race War 2014.

Selain di lintasan slalom, Toyota Team Indonesia juga tengah bersiap untuk unjuk kemampuan di ajang Indonesian Extreme Off-Road (IXOR) Seri ke-4, pada tanggal 29 -30 Agustus 2015, di Sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten. Hingga IXOR Seri ke-3, TTI berhasil menoreh prestasi di kelas balap khusus Double Cabin G 52.

“Semua raihan prestasi tersebut, semakin mengukuhkan Toyota sebagai produk yang tidak hanya tangguh di lintasan aspal, namun juga teruji di lintasan off-road,” kata Samulo.

Toyota Team Indonesia (TTI)  adalah tim balap mobil yang didukung PT Toyota-Astra Motor yang lahir pada tahun 1989 dengan tujuan, turut serta dalam pengembangan motorsport nasional, sekaligus mempromosikan produk-produk otomotif Toyota. Melalui TTI, Toyota ikut mewarnai sejarah olahraga otomotif nasional dengan mengikuti berbagai ajang balap dan slalom mulai dari sirkuit Ancol hingga di Sentul. Kendaraan-kendaraan yang pernah digunakan oleh TTI seperti Starlet, Corolla GL, Corolla Twin Cam GTI, Great Corolla dan All New Corolla.

Pada masa itu, TTI diperkuat oleh pembalap-pembalap kenamaan seperti Indra Saksono, Tommy Santosa, dan Jimmy Lukita. TTI berhasil memenangkan berbagai macam kejuaraan tingkat nasional sehingga menjadi tim yang mulai disegani di ajang balap Indonesia. Saat ini, TTI diperkuat oleh talenta muda, seperti Alinka Hardianti, Mico Mahaputra, Adrianza Yunial, Anjasara Wahyu, serta offroader senior Yuma Wiranata Kusuma, Tunggul Birawa, di bawah koordinasi mantan pembalap kawakan Memet Djumhana.

Please follow and like us:

Leave a Reply