Jajal Grand New Avanza & Veloz Jakarta – Cirebon – Jakarta

IMG_7518

Toyota Indonesia baru saja meluncurkan Grand New Avanza & Grand New Veloz pada Rabu, 12 Agustus lalu. Kehadiran MPV keluarga yang fenomenal ini sangat dinantikan para konsumennya. Sehari setelah peluncurannya, PT Toyota Astra Motor mengajak SL.Com dan sejumah media otomotif nasional lainnya untuk menguji secara langsung Grand New Avanza dan Veloz selama 2 hari (13-14/08/2015) dari Jakarta – Cirebon – Jakarta.

Hari pertama SL.com menguji Toyota Grand New Avanza G 1.3 L A/T, lalu hari kedua menggunakan Grand New Avanza G 1.5 L M/T. MPV yang dibanderol Rp. 198,7 juta (Avanza G 1.3 A/T) dan 209,4 juta (Avanza G 1.5 M/T) ini tampil dengan nuansa baru yang lebih atraktif, fresh dari versi sebelumnya.

IMG_2992

Grand New Avanza Halus Bertenaga dan Lincah
Dari sisi tenaga, Grand New Avanza kini lebih responsif karena menggendong mesin terbaru 1NR Dual VVT-i 1.3 L yang menghasilkan tenaga maksimum 96,5 PS pada rpm 6000, atau meningkat dari Avanza pendahulunya bermesin K3 yang berdaya maksimum 92 PS pada rpm 6000. Meski peningkatan tenaga jadi lebih besar, namun emisi gas buangnya lebih baik dan penggunaan BBM jadi lebih ekonomis.

IMG_20150813_063730

Benar saja, ketika pedal gas mulai ditekan, tuas transmisi di posisi ‘D’ mobil langsung melaju lincah. Hal ini terjadi karena adanya pedal gas yang sudah menerapkan sistem ‘drive by wire’ alias tanpa kabel gas. Melintas di ruas jalan tol Cipali, jarum speedometer dengan mudah menyentuh angka 130 kpj. Selain itu, drive by wire juga menghilangkan penyakit “batuk-batuk” yang ada di Avanza sebelumnya ketika berakselerasi atau setiap perpindahan transmisi.

Nyaman dan Hemat BBM
Mesin NR1 (1.3 L) dan NR2 (1.5 L) yang halus bertenaga secara tidak langsung berperan mengurangi tingkat kebisingan di dalam kabin. Perbaikan pada suspensi dan kerangka lantai mobil juga turut berperan mengurangi kebisingan. Busa jok yang lebih tebal membuat kendaraan ini semakin nyaman.

IMG_20150814_133242

Settingan baru pada suspensi dan kaki-kaki sukses membuat Grand New Avanza lebih stabil dan nyaman. Gejolak mantul-mantul saat bermanuver di kecepatan tinggi bisa diminimalisir. Dengan demikian Toyota menjawab keluhan para pengguna Avanza.

Tidak ketinggalan interior tampil lebih mewah dengan desain dashboard terlihat lebih mewah dengan lekuk baru yang lebih menarik. Kabinnya pun diklaim lebih lapang pasalnya memiliki dimensi yang lebih luas dari varian terdahulu.

IMG_7673

Hemat BBM
Desain muka Grand New Avanza yang baru tidak hanya untuk menimbulkan aura yang lebih atraktif, stylish dan sporty, tapi berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika, kestabilan dan tentunya akan irit BBM. Dalam perjalanan test drive kemarin dan hari ini, SL.com mencatat Toyota Grand New Avanza G 1.5 L dapat menempuh jarak 17 km/liter.

Pengendaraan
Berada di balik kemudi Grand New Avanza ataupun Grand New Veloz terasa sangat menyenangkan. Desain speedometer baru yang mewah kini dilengkapi dengan indikator Eco Drive hijau yang otomatis menyala jika komputer mendeteksi gaya berkendara pengemudi yang hemat (menekan gas dengan halus, menjaga rpm, dan kecepatan konstan).

IMG_20150813_065101

Aman
Unsur safety adalah hal yang tidak luput dari perhatian Toyota. Untuk itu Toyota menciptakan seatbelt 3 titik bagi ketujuh penumpang Grand New Avanza dan Grand New Veoz. Tidak sampai itu saja, sebagai MPV terbaik keluarga Indonesia, Grand New Avanza juga dilengkapi dengan SRS Airbag, Side Impact Beam, Key & Engine Immobilizer, dan rem sistem ABS. Selain itu ada sensor yang menyala dan mengingatkan agar penumpang di bagku depan menggunakan agar memakai seatbelt.

IMG_20150813_114759

Please follow and like us:

Leave a Reply