Diskon Tarif Tol CIPALI khusus untuk Mudik Lebaran

Tol-Cikopo-Palimanan-cikapali
PT Lintas Marga Sedaya (LMS) akan memberikan diskon tarif yang berlaku pada ruas jalan tol Cikopo-Palimanan selama 16 (enam belas) hari masa Mudik Lebaran 2015. Diskon tarif mulai berlaku H-10 Lebaran atau pada Selasa, 7 Juli 2015 pukul 00.00 WIB, sampai dengan H+5 Lebaran atau pada Rabu, 22 Juli 2015, pukul 24.00 WIB.

Pemberlakuan diskon tarif tol ini sesuai dengan rencana Pemerintah agar setiap pengelola jalan tol swasta memberikan diskon sebesar 25% untuk para pengendara selama mudik Lebaran.

Sebagai bagian dari komitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan tol Cipali, LMS memberikan diskon tarif tol di atas 25%. Potongan harga ini akan diberlakukan untuk semua golongan kendaraan yang diizinkan melintasi jalan tol pada masa mudik Lebaran sesuai ketentuan Pemerintah,” kata Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto di Jakarta, Minggu (5/7).

Sesuai regulasi, besaran tarif adalah berdasarkan jarak yang ditempuh dan golongan kendaraan. Tarif tol untuk jarak terjauh (dari Cikopo sampai Palimanan) setelah diberlakukannya diskon adalah sebagai berikut:

  • Golongan I : Rp 72.000
  • Golongan II : Rp 108.000
  • Golongan III : Rp 144.000
  • Golongan IV : Rp 180.000
  • Golongan V : Rp 216.000

Tarif tol akan kembali normal pada 23 Juli 2015 pukul 00.00 WIB.

Fasilitas dan Prasarana Siap

Saat ini PT LMS telah melengkapi sarana dan fasilitas pendukung tol Cipali. “Sesuai standar keselamatan jalan tol, LMS sudah memasang dan melengkapi rambu, marka jalan, petunjuk arah, lampu penerangan jalan serta guardrail dan guidepost berikut reflektor yang memantulkan cahaya lampu di malam hari.

Selain itu, seluruh 8 (delapan) Rest Area jalan tol Cipali juga telah dapat digunakan yaitu di KM 86 arah Jakarta, KM 86 arah Cirebon, KM 101 arah Jakarta, KM 102 arah Cirebon, KM 130 arah Jakarta, KM 130 arah Cirebon, KM 164 arah Jakarta, dan KM 166 arah Cirebon,” kata Hudaya.

Rest Area menyediakan sejumlah fasilitas bagi kenyamanan pengguna jalan tol yaitu toilet, mushola, tempat parkir, dan gerai makanan. “Fasilitas SPBU telah beroperasi di 2 (dua) lokasi Rest Area, yaitu di KM 101 arah Jakarta dan KM 102 arah Cirebon. Pada H-7 Lebaran 2 (dua) SPBU lagi akan menyusul dioperasikan, yaitu di KM 164 arah Jakarta, dan KM 166 arah Cirebon,” lanjut Hudaya.

Untuk mengantisipasi kebutuhan BBM pengguna tol Cipali pada masa mudik Lebaran, PT LMS bersama Pertamina akan menyiapkan Kios BBM. “Untuk menjamin pasokan BBM selama masa mudik Lebaran, di Rest Area akan disiapkan juga kios-kios BBM yang menyediakan BBM dalam kemasan. Layanan ini akan dimulai pada H-7,” ujar Hudaya.

PT LMS juga sudah menyiapkan kendaraan-kendaraan layanan operasional berupa mobil patroli, ambulans, rescue dan mobil derek untuk kemudahan para pengguna jalan tol. Petugas akan siap melayani pengguna yang membutuhkan bantuan bila terjadi keadaan darurat selama melintasi jalan tol Cipali.

Hudaya mengingatkan para pengemudi untuk tetap mengutamakan keselamatan pada saat berkendara. “Kepada seluruh pengguna jalan tol Cipali, kami mengimbau untuk menyiapkan kondisi fisik dan kendaraan sebelum berkendara. Manfaatkanlah Rest Area yang telah tersedia untuk beristirahat bila lelah atau mengantuk. Jaga jarak aman dan janganngebut melebihi batas maksimum kecepatan 100 km/jam seperti tertulis di rambu,” ujar Hudaya.

Mengacu kepada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan serta Pasal 23 Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2013 tentang Jaringan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, batas maksimal kecepatan kendaraan di jalan bebas hambatan adalah 100 kilometer per jam.

 

Please follow and like us:

Leave a Reply