Bridgestone Gelar Kampanye Tire Safety 7 Tahun Berturut-turut

IMG_8206

PT Bridgestone Tire Indonesia kembali melaksanakan kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety) tahunannya dari tanggal 9 hingga 13 Juni 2015 di lokasi istirahat KM 57 Tol Cikampek, Jawa barat. Dilaksanakan pada tahun ketujuh secara berturut-turut, kegiatan ini telah menjadi kampanye keselamatan terpopular dikalangan penggemar otomotif.

Tahun 2015 Tire Safety mengangkat topik “Ban Terawat, Anda Selamat” yang artinya adalah tekanan angin yang benar pada ban dapat memberikan perjalanan berkendara yang bebas masalah sekaligus meningkatkan keselamatan. Kampanye tersebut bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya.

Berdasarkan jumlah pengunjung beberapa tahun sebelumnya, pengunjung kampanye Tire Safety telah sukses meningkat dari tahun ke tahun. Selama kurun waktu lima tahun pertama terdapat peningkatan pengunjung hampir sebesar 100% dari total 1.752 pengunjung pada tahun 2009 hingga mencapai 3.393 pada tahun 2013. Sementara untuk tahun 2014 sendiri terdapat penurunan pengunjung ke stasiun Tire Safety Bridgestone dikarenakan peraturan pemerintah yang melarang penjualan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi di sepanjang jalan tol. Tahun 2015 ini sendiri pemerintah kembali memberlakukan penjualan BBM bersubsidi di sepanjang jalan tol sehingga Bridgestone Indonesia yakin akan banyak pengunjung dan pengemudi mendatangi stasiun Tire Safety.

“Kami sangat bangga Kampanye Tire Safety telah diselenggarakan selama tujuh tahun berturut-turut di Indonesia. Dan selanjutnya kami sedang menatap penyelenggaraan 1 dasawarsa yang pertama,” komentar Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Yoshikazu Shida. “Bukan hanya kegiatan tahunan saja, tapi pada saat yang sama juga telah menjadi standar komitmen sehari-hari kami untuk mengedukasi dan mengingatkan kepada seluruh pengemudi kendaraan betapa pentingnya merawat ban sehingga tidak boleh dipandang sebelah mata dimana ban merupakan satu-satunya fitur kendaraan yang langsung bersentuhan dengan jalanan.”

Dalam kegiatan Tire Safety ini para ahli ban dari Bridgestone akan melakukan pengecekan kondisi seluruh ban setiap pengunjung sekaligus menyebarkan informasi penting bagaimana merawat ban untuk optimalisasi performa ban sekaligus demi keselamatan berkendara. Dan melatih pengemudi untuk bagaimana melakukan pengecekan kembangan ban untuk menghindari bahaya akan berkendara diatas ban yang sudah aus atau rusak sekalipun.

Tekanan angin yang tepat juga menjaga ban dari kehausan cepat bahkan kerusakan struktural pada ban. Ban yang kurang angin/udara juga dapat mempengaruhi kinerja ban, termasuk boros bahan bakar atau bahkan mengakibatkan kecelakaan.

“Memeriksa tekanan angin/udara sesuai standar kendaraan masing-masing serta cek fisik kembangan/tapak ban adalah salah satu cara paling penting dan mudah dalam perawatan ban yang dapat dilakukan seorang pengendara mobil untuk berkontribusi terhadap jalanan yang lebih aman,” terang Shida. “Hanya butuh waktu sebentar untuk melakukannya dan menggunakan peralatan sangat sederhana. Para pengendara dapat melakukannya sendiri, atau staf berpengalaman kami di ritel outlet resmi Bridgestone Toko Model (TOMO) dapat membantunya,“ tambahnya.

Shida juga menyampaikan kegembiraannya atas antusiasme peserta Kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety Campaign) tahun ini. “Banyak dari mereka yang datang dengan kesadaran penuh demi keselamatan dan kenyamanan berkendara.”

Selain itu, menurut Shida, cara lain yang dapat dilakukan oleh konsumen untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah dengan memilih ban yang tepat, seperti ban ramah lingkungan Bridgestone ECOPIA EP150 atau MPV-1, yang telah tersedia di seluruh toko model (TOMO). ECOPIA EP150 dan MPV-1 memberi kontribusi kepada lingkungan dengan mengurangi hambatan gulir (rolling resistance) optimal yang diterjemahkan ke dalam konsumsi bahan bakar yang lebih ekonomis dan menekan emisi CO2 yang lebih rendah.

DATA PENGUNJUNG BRIDGESTONE TIRE SAFETY
TAHUN / PERIODE / PENGUNJUNG
2009 June 27 – July 5, 2009 1,752 REST AREA KM 57
2010 June 26 – July 4, 2010 1,923 REST AREA KM 57
2011 July 2 – July 10, 2011 2,147 REST AREA KM 57
2012 July 7 – July 15, 2012 3,004 REST AREA KM 57
2013 June 29 – July 7, 2013 3,393 REST AREA KM 57
2014 28 Oct – 1 Nov, 2014 671* REST AREA KM 57
*Penurunan angka pengunjung akibat SPBU di tol tidak menjual bensin subsidi dan hanya berlangsung selama 5 hari.

Please follow and like us:

Leave a Reply