Volvo Trucks Indonesia Gelar Final Nasional FUELWATCH 2015 di Padalarang

20150609_102604_exposure

Volvo Trucks menyelenggarakan acara Final Nasional kompetisi FUELWATCH 2015 Indonesia bertempat di Padalarang Jawa Barat hari Selasa, 9 Juni 2015. Tercatat ada 10 orang pengemudi truk Volvo terbaik dari Kalimantan, Sumatra dan Jawa ikut berkompetisi di Final Nasional untuk mendapatkan tiket ke Final Asia Pasifik FUELWATCH 2015 di Thailand.

FUELWATCH adalah sebuah kompetisi global yang diselenggarakan oleh Volvo Trucks untuk menstimulasi mengendara truk yang irit bahan bakar, dengan memberi penghargaan kepada para pengemudi yang memiliki keahlian berkendara yang baik, kompeten dan hemat bahan bakar. Tahun ini adalah tahun keenam keikutsertaan Indonesia, dan para pemenang dari kompetisi hari ini akan mewakili Indonesia di ajang Final Asia Pasifik (APAC) di Thailand pada September 2015 mendatang.

Marketing Director PT Volvo Indonesia Vikramaditya Singh mengatakan, ”Selama bertahun-tahun Volvo Trucks telah mempelajari bahwa para pengemudi truk memiliki peran besar dan dapat berkontribusi terhadap efeisiensi biaya perusahaan”.

“Hal tersebut terletak pada cara mengemudi yang irit bahan bakar dan aman untuk menghemat pengeluaran biaya yang sekaligus membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik. Kompetisi FUELWATCH yang diselenggarakan Volvo Trucks dirancang untuk meningkatkan kepedulian dan peran pengemudi dalam mengurangi penggunaan bahan bakar,” tambahnya.

Hal ini telah dibuktikan oleh studi yang diselenggarakan oleh Volvo Trucks terhadap para pengemudi truk di seluruh dunia bahwa efisiensi bahan bakar dan mengemudi yang aman berkontribusi tehadap efisiensi biaya perusahaan antara 10%-30%.

Mulai awal tahun ini Volvo Trucks dan para distributor resminya telah mengunjungi dan melakukan seleksi untuk mendapatkan pengendara-pengendara truk terbaik melalui kompetisi-kompetisi lokal di area-area berbeda di Kalimantan, Sumatra, dan Jawa.

Latar belakang keahlian pengemudi adalah termasuk pertambangan dan pelabuhan, off-road dan on-road. Pengemudipengemudi terbaik hasil seleksi lokal FUELWATCH 2015 Indonesia adalah:

Off-road

  1. Michael Fadly dari PT BUMA di Berau, Kalimantan Timur
  2. Slamet Nuryadi dari PT Yuhana Four Dalle di Melak, Kalimantan Timur
  3. Johan Sampe Toding dari PT KPUC di Malinau, Kalimantan Utara
  4. Didi Duhadi dari PT PCP di Separi, Kalimantan Timur
  5. Tomi Sugara dari CV GMK di Banjarbaru, Kalimantan Selatan

On-road

  1. Heri Suwanto dari PT Calvary Abadi di Surabaya, Java Timur
  2. Imam Fauzi dari PT Trans Nusantara Abadi di Jakarta
  3. Hendra dari PT Air Liquide di Cilegon, Jawa Barat
  4. Pepen Effendi dari PT Pectech di Kerinci, Pekanbaru
  5. Eka Ade dari PT BCS di Cilegon, Jawa Barat

Aktivitas final nasional termasuk sesi pelatihan tentang teknik-teknik mengemudi yang aman dan irit bahan bakar yang diselenggarakan pada hari pertama, dan para finalis akan menerima pengetahuan tentang mengemudi yang efisien, aman dan bertahan, termasuk teknik braking dan perawatan berkala untuk meminimalisasi waktu downtime.

Bagian yang utama adalah tes mengemudi itu sendiri, yang berlangsung pada hari kedua. Para finalis off-road harus menempuh trek sepanjang 2,4 kilometer dengan medan yang sulit, dan trek sepanjang 4 kilometer terus-menerus bagi para finalis on-road.

Para pengemudi harus menggunakan keahlian berkendara yang mereka miliki untuk melewai tantangan-tantangan ini dan meraih peringkat penggunaan bahan bakar yang paling irit. Kedua trek ini akan berlokasi di area Pusdikkav TNI AD di Padalarang Jawa Barat.

Para pemenang dari kompetisi hari ini akan menghadiri acara Final APAC kompetisi FuelWatch 2015 yang akan berlangsung di Phetchaburi, Thailand, pada 15-18 September 2015 mendatang. Para pemenang dari Final APAC kompetisi FuelWatch 2015 juga akan mendapat kesempatan untuk mengikuti Volvo Trucks World Driving Challenge 2016 di Swedia. Pada tahun 2014, sebanyak 5,800 pegemudi truk telah mengikuti kompetisi FuelWatch Asia Pasifik, dan tahun ini Volvo Trucks optimis jumlah pesertanya akan meningkat.

Adapun nama pemenang yang terpilih Volvo Trucks Final Nasional kompetisi FUELWATCH 2015 Indonesia adalah, Johan Sampe Toding dari PT KPUC di Malinau, Kalimantan Utara, mencatat penggunaan bahan bakar paling irit untuk segmen off-road, dan Pepen Effendi dari PT PECTECH yang berlokasi di Kerinci Pekanbaru adalah pemenang untuk segmen on-road. Sementara itu, awak media yang turut berpatisipasi dan sebagai pemenang adalah Cayadi dari Harian Media Indonesia. Ia mendapat hadiah ikut serta ke Thailand bersama dua pemenang dari Indonesia.

One thought on “Volvo Trucks Indonesia Gelar Final Nasional FUELWATCH 2015 di Padalarang

  1. […] bersama dengan sejumlah awak media yang diajak PT Volvo Indonesia untuk menyaksikan ajang “Final Nasional kompetisi Volvo Trucks FUELWATCH 2015 Indonesia” di Padalarang Jawa […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *