Rifat Sungkar Finish Ketiga Di Kelas Free For All

Kejurnas Speed Offroad Seri 2 Day 2 - Action

Rifat Sungkar akhirnya berhasil menduduki posisi ketiga di Kelas Free For All (FFA) Indonesia X-Offroad Racing Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2015 Putaran 2 yang berlangsung di Sirkuit Offroad Tembong Jaya, Serang, Banten, 9-10 Mei 2015. Bertarung di kelas yang sangat ketat persaingannya, Rifat terus menerus memperbaiki posisinya, sampai akhirnya berada di posisi tiga, di bawah jawara FFA H. Samsudin, dan posisi kedua, Jhoni.

Setelah menyelesaikan hari pertama di posisi ke empat, Rifat yang didampingi navigator M. Redwan berusaha keras untuk bisa memperbaiki posisinya. Di SS3, Rifat menyelesaikannya dengan catatatn waktu 3 menit 38,385 detik. Sbenarnya catatan waktu ini tidak terlalu baik, karena kempes ban. Tetapi salah satu pesaing Rifat yang hari pertama memiliki posisi lebih baik, Douglas, mencatat waktu yang lebih buruk, sehingga posisinya melorot ke posisi tujuh, sehingga Rifat naik ke posisi 3.

Pertarungan Special Stage terakhir semakin seru, semua offroader berusaha mencatatkan terbaiknya. Douglas mencatatkan waktu fantastis, yaitu 3 menit 33,705 detik. Tetapi sayangnya hanya mampu membuatnya naik satu peringkat ke posisi 6. Rifat sendiri mencatatkan waktu 3 menit 39,791 detik yang membuatnya bisa bertahan di posisi ketiga. “Akibat dari hujan yang terjadi kemarin malam, hari ini debu di lintasan menjadi berkurang. Sebemarnya kami berencana melakukan maksimal attack di SS3, tetapi terkendala ban kempes. Menyelesaikan SS3, kami sudah berhasil naik posisi 3, dan selisih waktu dengan offroader di posisi 4 sekitar 8 detik. Jadi, kami mencoba bermain aman untuk mempertahankan posisi. Allhamdulilah, strategi ini berhasil, dan saya sangat senang karena hasil kali ini sangat jauh lebih baik dibandingkan sewaktu putaran pertama.” terang Rifat. “Tetapi secepatnya kami akan melakukan persiapan kembali untuk putaran berikutnya supaya bisa memperoleh hasil yang lebih baik lagi, karena kami yakin teman-teman offroader lain pasti juga akan berusaha maksimal memperoleh hasil yang baik. Positifnya, semakin ketat persainagn, maka semakin ketat tantangannya. Dan kalau kita berhasil mengatasi tantangan untuk mendapatkan hasil yang baik, tentu itu akan sangat menggembirakan.” tambahnya.

Kejurnas Speed Offroad Seri 2 Day 2 - Rifat Sungkar

Sementara itu, rekan satu tim Rifat, Eja Donalsha, berhasil memperoleh hasil yang sangat baik. Eja berhasil menjadi juara di kelas G4. Melalui pertarungan ketat SS demi SS, Eja berhasil menyelesaikan 4SS dengan total catatan waktu 15 menit 17,273 detik. Terpaut hanya 0,101 detik dari HM. Rihan Variza di peringkat kedua. Sedangkan rekan setim lainnya, Hans Gunawan, harus merelakan posisinya melorot karena dianggap melakukan jump start. “Menurut saya ada dua hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan jump start, yaitu penempatan transponder, yang setahu saya terletak 40 cm di belakang sumbu roda, dan juga toleransi reaksi. Kalau kita start dari sebelah kiri, setelah start itu lintasan langsung belok ke kiri, posisi transponder lebih mendekat ke receivernya. Sedangkan toleransi reaksi mungkin bisa diberikan sekitar 0,3 detik dan bukan 0,01 detik seperti yang dietrapkan kali ini.” jelas Hans. “Mungkin hal ini bisa jadi pertimbangan panitia pertandingan, apalagi kali ini cukup banyak peserta yang dikenakan pinalti karena jump start, dan rata- rata start dari lintasan sebelah kiri. Kita sudah mengajukan protes, tetapi ditolak. Sesuai prosesur, kami akan melakukan banding. Tetapi apapun hasilnya, akan kami terima.” tambahnya.

Selanjutnya Putaran 3 Kejurnas Speed Offroad akan dilaksanakan pada tanggal 6-7 Juni di Semarang.

Please follow and like us:

Leave a Reply