MICHELIN Helat Kampanye Keselamatan Bagi Pengemudi Truk & Bus

IMG_20150419_133724

Hari ini (19/05/2015) PT Michelin Indonesia kembali melanjutkan program kampanye keselamatan berkendara yang bertajuk “Tunjukkin Safetymu” di SATPAS SIM Polda Metro Jaya, Jakarta Barat. Kampanye road safety ini melibatkan Kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Global Road Safety Partnership untuk menigkatkan kesadaran dan tanggung jawab pengemudi truk dan bus dalam berkendara.

Country Director PT MICHELIN Indonesia Jean-Charles SIMON mengatakan, “Program “Tunjukkin Safetymu! Ayo Tertib dan Selamat Berlalu Lintas” merupakan bagian dari kampanye road safety yang secara konsisten dan kontinu dilakukan oleh MICHELIN. Program ini juga merupakan tindak lanjut dari kampanye Road Safety “Tunjukkan Safetymu! Ayo Uji SIM” yang ditujukan untuk anak-anak SMU tahun lalu.”

Program Tunjukkin Safetymu sebelumnya ditujukan kepada para pengemudi awal (pelajar SMA), kali ini program tersebut juga terdiri dari tiga tahap yaitu, sosialisasi & edukasi, simulasi dan praktek lapangan mengenai safety driving kepad 100 pengemudi truk dan bis dari berbagai perusahaan di Jakarta dan sekitarnya.

Jean-Charles menjelaskan, Michelin Indonesia terus berupaya mewujudkan komitmennya dalam hal keamanan berkendara melalui teknologi ban terdepan serta kampanye keselamatan untuk mengurangi resiko dan tingkat kecelakaan.

“Oleh karena itu, kami melihat bahwa program keselamatan berkendara untuk segmen truk dan bus sangat penting untuk mengurangi tingkat kecelakaan dan mendukung terwujudnya mobilitas yang lebih baik. Karena tanggung jawab pengemudi bukan hanya keselamatan dirinya, tetapi juga keselamatan penumpang dan juga barang yang diangkutnya,” tambah Jean-Charles.

Ditlantas Polda Metro Jaya, pada tahun 2014 lebih dari 90% kecelakaan lalu lintas dipicu oleh faktor yang disebabkan oleh pengemudi. Faktor terbesar disebabkan oleh kelengahan pengemudi, diikuti oleh faktor tidak tertib, tidak terampil mengemudi, faktor mengantuk dan faktor lain seperti lelah, mabuk, dan berponsel.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, AKBP Bakharuddin Muhammad Syah menyambut baik komitmen dan konsistensi PT MICHELIN Indonesia dalam mengkampanyekan keselamatan berkendara secara meluas bagi masyarakat Indonesia. Khususnya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kelengahan pengemudi yang bisa berdampak pada kendaraan dan orang di sekitarnya.

IMG_20150419_133918

“Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi MICHELIN untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya safety dan tertib berlalu lintas. Melalui program “Tunjukkin Safetymu! Ayo Tertib dan Selamat Berlalu Lintas” ini para pengemudi truk dan bus harus semakin paham dan sadar bahwa keamanan serta keselamatan di jalan raya penting bagi orang lain, perusahaan dan terutama keluarganya di rumah,” jelas Bakharuddin.

Bakharuddin menambahkan dalam operasi Simpatik Polda Metro Jaya yang tengah berlangsung saat ini tercatat ada lebih dari 7000 pelanggaran yang terjadi setiap harinya, dengan pelanggaran terbanyak adalah melawan arus yang dilakukan oleh pengguna sepeda motor.

Inisiatif PT MICHELIN Indonesia untuk bersama-sama bersinergi dengan pemerintah, kepolisian dan lembaga masyarakat lain melakukan kampanye keamanan dan keselamatan di jalan raya juga mendapat apresiasi oleh Drjen Perhubungan Darat.

“Tingginya angka kecelakaan yang berhubungan dengan kendaraan seperti truk dan bus mayoritas dibebankan kepada pengemudinya saja. Padahal aspek keselamatan ini merupakan hal mendasar yang perlu diperhatikan oleh perusahaan atau pelaku bisnis selain aspek kelaikan kendaraan. Dua hal ini menjadi fokus materi yang kami sosialisasikan kepada peserta program hari ini,” terang Djoko.

Sekedar informasi tambahan Global Road Safety Partnership (GRSP) mencatat, secara global sekitar 1,3 juta orang meninggal akibat kecelakaan di jalan setiap tahunnya, dan 90% angka kematian ini terjadi di negara miskin dan negara berkembang.

Chairman Global Road Safety Partnership Iskandar Abubakar mengatakan, “GSRP telah memiliki partnership dengan MICHELIN di tingkat global dan terus mendukung MICHELIN untuk menjalankan program-program keselamatan di Indonesia. Komitmen dan kontribusi MICHELIN dalam kampanye road safety telah diakui secara global. Kami berharap kegiatan road safety ini akan terus meluas dan mampu menjangkau lebih banyak partisipan di Indonesia.”

IMG_20150419_135156

Peningkatan Penjualan
Dalam kesempatan yang sama Jean menambahkan meski penjualan ban Michelin di Indonesia masih terbilang sedikit namun tiap tahunnya terjadi peningkatan yang cukup signifikan. “Untuk penjualan kami memang masih realtif sedikit dibandingkan dengan brand-brand lokal yang sudah terlebih dahulu menguasai pasar. Namun demikian kami masih cukup optimis dan bangga dengan hasil penjualan kami, dimana pada periode Januari-Maret 2015 kami mengalami peningkatan sebesar 10% untuk ban truk dan bis, lalu 40% untuk ban mobil, dan terakhir ban motor meningkat 30% dibandingkan dengan periode Januari-Maret 2014.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *