Motor skutik Suzuki Address 110cc resmi dipasarkan ke luar negeri

IMG_0364

 

Mengawali pergerakan bisnis di industri otomotif tahun 2015, PT Suzuki Indomobil Motor (PT. SIM) dan PT. Suzuki Indomobil Sales (PT. SIS) divisi roda dua selaku produsen dan pemasar sepeda motor Suzuki melakukan ekspansi pasar produk skutik dengan sebuah terobosan berupa ekspor perdana Suzuki Address ke 24 negara yang terdapat di Eropa, Jepang dan Oceania pada hari Jumat, 27 Februari 2015.

Acara seremoni pelepasan ekspor perdana dengan 4 truk kontainer berlangsung di PT SIM Tambun Jawa Barat, dimana peresmian ekspor Suzuki Address turut dihadiri dan dilepas secara resmi oleh Saleh Husin, SE, M.Si sebagai Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Rachmat Gobel sebagai Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Manajemen Suzuki Motor Corporation Japan, dan seluruh Jajaran Pimpinan Indomobil Group.

Suzuki Motor Corporation Japan (SMC) selaku induk perusahaan sepeda motor Suzuki telah mempercayakan negara Indonesia sebagai mother plant untuk produksi sepeda motor di kawasan Asean sejak lama. Volume produksi untuk pasar domestik cukup besar, selain itu Suzuki juga mampu menerapkan produksi yang efisien dan berhasil mencapai biaya produksi yang kompetitif.

Kini Suzuki di Indonesia juga dipercaya untuk memproduksi sepeda motor berkualitas global sekaligus mengekspor hingga Eropa, Oceania dan Asia. SMC memiliki strategi mengekspor varian sepeda motor global agar setiap negara dapat saling mengisi kelengkapan varian produknya. Secara permintaan, pelanggan Indonesia memiliki kesamaan kebutuhan seperti Eropa dan Jepang yaitu sepeda motor yang irit konsumsi bahan bakar dan memiliki bagasi yang besar.

Suzuki Address sebagai skutik irit terbaru dari Suzuki menjadi skutik produksi Indonesia pertama dan satu-satunya yang memenuhi standar dunia untuk di ekspor dengan target total pengiriman sebanyak 30.000 unit (CKDset/CBU) sepanjang tahun 2015 dengan tujuan 24 negara, atau sekitar 20% dari proyeksi jumlah total ekspor sepeda motor Suzuki tahun 2015 (150.000 unit).

Unit Suzuki Address yang di ekspor memiliki spesifikasi mesin fuel injection 110cc, kualitas material dan performa yang serupa dengan Suzuki Address yang dipasarkan di Indonesia. Perbedaan hanya terdapat pada penggunaan ban tipe tubeless, tampilan lampu belakang dan pilihan warna bodi. Untuk mendukung ketersediaan suku cadang, PT. SIM turut mengekspor komponen spareparts Suzuki Address sesuai negara tujuan pengiriman ekspor.

Untuk menunjang kesiapan aftersales Suzuki Address, Team Service PT. SIS juga telah memberikan serangkaian pelatihan kepada team service dan mekanik Suzuki di Eropa dan Asean. Pelatihan pertama diadakan di Bangkok, Thailand pada 5-6 Februari 2015 yang dihadiri perwakilan team service dari Thailand, Philipinne, Cambodja dan Malaysia. Pelatihan berikutnya diadakan 18 Februari 2015 di fasilitas Training Center Suzuki German dengan peserta pelatihan dari 17 negara perwakilan di Benua Eropa. Para mekanik dilatih untuk dapat menangani Suzuki Address dan melakukan perawatan secara berkala.

SIM juga telah sukses mengekspor berbagai varian sepeda motor Suzuki antara lain Satria FU150, Shooter FI, Shogun Axelo, Nex FI, Hayate dan Lets ke berbagai negara di benua Asia. Total ekspor sepeda motor Suzuki sepanjang April 2013 hingga Maret 2014 sebanyak 114.000 unit (CKDset/CBU). PT. SIM juga telah mempersiapkan rencana ekspor sepeda motor Suzuki hingga 5 tahun mendatang dengan proyeksi jumlah ekspor di tahun 2018 sebanyak 200.000 unit sepeda motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *