RORC Caribbean 600 Race telah dimulai, Giovanni Soldini dan Maserati taklukkan Laut Karibia

RORC Caribbean 600 Race

 

Pada tanggal 23 Februari, Giovanni Soldini bersama Maserati melewati garis start untuk RORC Caribbean 600 Race yang ketujuh, setelah terdengar ledakan tembakan meriam tradisional dari Fort Charlotte yang menghadap English Harbour di ujung selatan Antigua. RORC Caribbean 600 Race adalah balapan kapal pesiar terpanjang dan terpenting di Laut Karibia yang diselenggarakan oleh Royal Ocean Racing Club bersama dengan Antigua Yacht Club.

Maserati memulai balapan melawan arah angin bersama dengan sekelompok kapal pesiar lainnya. Dengan berlayar secepat 18 knot ke arah timur di tengah ombak setinggi 2.5 meter, kapal Italia VOR 70 itu memilih untuk menyusuri pantai sebelum melewati ujung selatan Antigua dan menetapkan jalur menuju Barbuda. Saat ini Maserati berlayar dengan ketinggian puncak 12 knot menuju Guadeloupe, pulau yang paling selatan dalam balapan ini, dan mempertarungkan posisi pertama melawan kapal “Rambler”.

Soldini berlayar bersama kru internasional yang terdiri dari 11 orang: Guido Broggi, John Elkann, Andrea Fantini, Matteo Ivaldi, Francesco Malingri, Corrado Rossignoli, dan Gigio Russo dari Italia; Boris Herrmann dari Jerman; Oliver Herrera Perez dari Spanyol; Gwen Riou dari Perancis; dan Pierre Casiraghi dari Monaco.

Ada 64 kapal yang bertanding dalam balapan tahun ini, termasuk pesaing tangguh Rambler, Leopard, dan Belle Mente. Jalur balapan ini berkelok-kelok melewati 11 pulau di Karibia (termasuk Barbuda, Nevis, Saba, St. Bart, St. Martin, dan Guadeloupe) sebelum meliku kembali ke garis finish di English Harbour, Antigua.

Rekor waktu tercepat menyelesaikan RORC Caribbean 600 Race saat ini dipegang oleh kapal Rambler sepanjang 100 kaki milik George David. Kapal itu berhasil menyelesaikan balapan ini dalam waktu 40 jam 20 menit pada tahun 2011.

Sebelum memulai balapan, Giovanni Soldini mengatakan, “Bagian paling genting dalam balapan ini adalah sisi pulau yang terhalang dari angin, terutama Guadeloupe karena gunungnya yang sangat tinggi. Pesaing yang kuat juga akan menjadi tantangan besar: Bella Mente adalah kapal 72 kaki yang memenangkan balapan ini tahun lalu, dan angin musiman yang ringan bisa menguntungkannya.

Rambler adalah kapal 88 kaki yang pertama kalinya berlayar, yang terbuat dari serat karbon dan didesain oleh Juan Kouyoumdjian yang juga mendesain Maserati. Dia memiliki kru yang luar biasa dan lir listriknya membuatnya nyaris seperti pesawat terbang. Pemiliknya, George David, juga memegang rekor waktu tercepat yang diraihnya pada tahun 2011 (40 jam 20 menit). Leopard adalah kapal Farr 100 kaki dengan lir listrik, dia adalah kapal besar dan ringan yang dilengkapi canting keel. Kami akan melakukan yang terbaik seperti biasa!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *