Scrambler Ducati, The First Ride Impression.. Luar Biasa!

665A9914

 

Motor terbaru pabrikan Ducati, yaitu Scrambler Ducati yang diluncurkan pada bulan Oktober 2014 yang lalu, akhirnya benar-benar dirasakan langsung oleh OTOSL pada hari Jumat, 13 Februari 2015  di Phetchaburi Province Thailand (berjarak 3 jam atau 200 km dari Survanabhumi International Airport Bangkok). Bagaimana impresinya setelah motor liar ini dikendalikan oleh OTOSL? Simak ceritanya berikut ini.

Scrambler Ducati, demikian sebutannya yang benar, dan seharusnya bukan ditulis Ducati Scrambler memiliki karakter liar pasalnya motor ini mengusung mesin berkapasitas 803 cc L-Twin (bukan V-Twin) Desmodromic distribution dengan 2 valves per sililder, berpendingin udara (air cooled), serta mampu menyemburkan tenaga sebesar 75 hp pada 8.250 rpm dengan torsi maximum 68Nm @5.750 rpm,

Scrambler Ducati yang dipasarkan oleh Ducati ada 4 model sesuai gayanya, yang pertama model Scrambler ICON yang dipakai rombongan awak media dari berbagai negara Asia, termasuk dsana OTOSL dan Detik.com. Kemudian model kedua disebut Scarmbler Urban Enduro (gaya motorcross), ketiga Scrambler Full Throttle (gaya sport), dan keempat Scrambler Classis (gaya vintage/old style).

Tampang motor Scrambler ini memang keren, dari pandangan pertama saat dilihat OTOSL secara wujud nyata (bukan dilihat dari foto), sudah sangat memukau. Pertama dari bentuk modelnya, kedua warnanya, ketiga pakai ban enduro tapak lebar yang memberikan kesan garang atau siap melibas jalan apa saja, dan terkahir seputar mesinnya yang padat menunjukkan kekuatannya. Masing-masing tipe memiliki ciri kas sesuai gambar dibawah ini.

ducati-scrambler-037-1

Yang unik dari motor ini adalah bentuknya ramping, simple (sederhana), dan menurut OTOSL motor ini bisa disebut sebagai motor The Modern Retro Bike. Bagusnya dari motor Scrambler Ducati ini memiliki berat kosong 170 kg atau 186 kg setelah fuel tank, dan ini ternyata sudah terbiasa bagi OTOSL.com yang sudah sering berkendara dengan motor berbobot 185 kg lebih.

OTOSL yang memiliki tinggi badan 176 cm pertama kali duduk di sadel Scrambler Ducati tipe ICON di lokasi venue Asia Press Media First Ride di halaman depan Hotel De La Paix Cha-Am Phetchaburi, disanan kaki OTOSL terasa langsung ngepas, baik saat menapak di lantai maupun ketika satu kaki berada di footstep.

Posisi stang juga terasa sangat enak, karena tidak membuat punggung OTOSL menunduk, bahkan cenderung tegak. Tak itu saja, stangnya cukup melebar mirip model motorcross dan inipun sudah biasa dengan OTOSL ketika berkendara dengan sepeda motor laki yang ada di Indonesia.

Baru pertama kali duduk di sadel Scramble Ducati, pada saat itu juga mesin langsung dihidupkan. Engine start di posisi on, dan pencet tombol disebelah kanan stang dan suara dari knalpot standard (bawaan pabrik) terdengar cukup halus. Untuk suara mesin Desmodromic-nya hampir sama persis dengan Ducati Monster dengan knalpot standard. Seandainya knalpotnya sudah diganti dengan Termignoni, suaranya pasti akan lebih garang.

Motor Scrambler Ducati warna kuning tipe Icon inipun mulai dijalankan keluar dari halaman hotel dan terus ke jalan raya, Nah.. disini baru terasa akselerasi-nya yang begitu liar, saat gas diplintir maka motor inipun langsung melesat seperti tidak terkendalikan. Hanya sang pengendara yang akan mampu mengendalikan motor ini sesuai dengan skill dan keamanan di jalan raya, pasalnya selera motor ini hampir sama dengan ciri khas motor Ducati lainnya, maunya digas kencang.

Jangan kuatir.. bagaimanapun juga motor Scrambler Ducati ini juga bisa diajak kalem saat dibawa pelan. Dari kecepatan tinggi kemudian direm mendadak, maka rem ABS-nya sangat terasa berfungsi dengan baik. Dari pengalaman OTOSL saat mengendarai sejauh 200 KM di kawasan Petchaburi Province Thailand, motor ini tak selalu melaju diatas 100 km/jam, tapi juga sering jalan pelan dibawah 40 km/jam.

Untuk sekedar mendapatkan sensasi dan pengetesan, sekali-kali laju motor liar ini diajak menembus angka 140 km/jam dan ini sangat diuntungkan dengan kondisi jalan di negara Thailand yang bagus, sepi dan aman untuk speed riding.

Sebagai buktinya.. simak saja dua video berikut ini:

4 thoughts on “Scrambler Ducati, The First Ride Impression.. Luar Biasa!

  1. tournya itu pasti seru tuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *