Maserati Trofeo World Series: Edisi Keenam

Maserati Trofeo World Series

 

Maserati Trofeo World Series yang keenam kembali menegaskan posisinya sebagai ajang yang sungguh-sungguh global. Ajang balapan ini akan digelar di tiga benua dan menyertakan tiga sirkuit baru, membulatkan jumlah sirkuit menjadi 25 sejak tahun 2010.

Tanggal pertama di kalendar balapan tahun ini adalah 21-22 Maret, sebelum sesi uji coba resmi. Pada pekan ini akan diadakan Maserati Racing Academy di Vallelunga, Italia, khusus untuk melatih pembalap baru di bawah bimbingan ahli para pelatih dan pembalap profesional. Akan ada dua kelas terpisah berdasarkan pengalaman pembalap: kelas untuk pemula tanpa pengalaman kompetisi, dan kelas untuk pembalap yang sudah berpengalaman di atas sirkuit balapan. Di akhir ‘kelas’, para peserta akan memiliki kesempatan untuk mengikuti tes yang memungkinkan mereka untuk ikut serta dalam Trofeo World Series (FIA Int. C).

Racing Academy ini tak luput dari kompetisi, karena dua driver terbaik akan diberikan kesempatan emas untuk dibiayai penuh ikut serta dalam seri pembuka musim balapan ini (25-26 April di Paul Ricard). Kedua pemenang akan berbagi penggunaan mobil Maserati dan diberikan dukungan penuh dari seorang instruktur selama akhir pekan tersebut.

Biaya untuk paket biasa adalah €9.500 (netto) dan memberikan peserta akademinya wawasan yang lengkap, termasuk sesi mendalami teori teknik di lintasan balap, peraturan resmi yang ada, dan juga uji coba intens langsung di lintasan balap. Bagi mereka yang ingin ikut serta dalam balapan yang sesungguhnya, tersedia paket promosional yang termasuk Racing Academy, sesi uji coba grup pra-musim, dan Race 1 dalam Trofeo 2015, dengan biaya total €25.000 (netto).

Trofeo World Series akan dimulai pada 26 April di Paul Ricard di Perancis, dan di akhir pekan yang sama akan diadakan sesi uji coba resmi. Ronde 2 akan ditandingkan di Spielberg, Austria, pada 24 Mei, pertama kalinya sirkuit ini disertakan dalam ajang Trofeo.

Tanggal 28 Juni pun balapan akan terjadi di sirkuit baru, yaitu Road America di Wisconsin, Amerika Serikat. Trofeo kemudian akan pindah haluan ke VIR – Danville, di Virginia, pada 23 Agustus. Pada 25 Oktober akan mengarah ke Asia dan menyentuh tanah Jepang untuk pertama kalinya di Suzuka. Setelah itu akan berlanjut ke Abu Dhabi, untuk tahun ketiga berturut-turut, untuk tahap terakhir seri ini.

Salah satu perubahan utama di musim sekarang adalah format balapan, dengan perubahan yang dilakukan untuk menyamakan posisi para pembalap dan membuat semuanya semakin menantang dari hari pertama. Artinya, akhir pekan dengan tiga balapan yang diberlakukan pada tahun 2013 dan 2014 akan berubah menjadi dua balapan 42’ tanpa pit stop. Balapan akan terbuka untuk kru maupun pengemudi yang membalap sendirian.

Satu keunikan lain adalah tambahan ajang pra-kualifikasi 40 menit selain adanya sesi latihan gratis 60 menit. Sepuluh peserta tercepat dalam ajang pra-kualifikasi akan ikut serta dalam Superpole 20’ (satu lagi perubahan untuk musim 2015). Para peserta lain akan memperebutkan posisi grid ke-13 dan ke bawah di latihan 20’ terpisah, sementara peserta yang mencetak posisi 11 dan 12 di ajang pra-kualifikasi akan ikut serta dalam Superpole untuk menetapkan urutan grid untuk Race 1.

Posisi grid awal untuk Race 2 akan ditentukan dengan membalik urutan finish dari balapan pertama, dan posisi lain ditentukan dari waktu lap yang terkualifikasi. Aturan terakhir, tiga pembalap yang finish pertama akan diberikan handicap (50 kg untuk pemenang pertama, 30 kg untuk pemenang kedua dan 10 kg untuk pemenang ketiga).

Di tahun 2015, gelar yang akan diperebutkan adalah Overall Trofeo, Single Driver Cup, Twin Drivers Cup, Trofeo Over-50, Pole Position Award, dan Trofeo Under-30. Pemenang Trofeo Under-30 akan dihadiahi bonus yang dapat digunakan pada musim balap Maserati 2016.

Mobil Maserati GranTurismo MC Trofeo sendiri tidak berubah selain modifikasi yang dilakukan sebelum musim balap 2014. Keikutsertaan dalam setiap balapan akan memakan biaya  €125.000 (netto) dengan bonus €5.000 bagi mereka yang mendaftar sebelum 28 Februari. Ada pula pengurangan biaya untuk pembalap yang sudah pernah mengikuti setidaknya satu kejuaraan balap sejak 2012: €103.500 (netto) untuk pendaftaran sebelum 28 Februari dan €108.500 (netto) setelah 28 Februari. Seperti biasa, biaya tersebut meliputi semua kebutuhan untuk balapan, dan para peserta hanya perlu mengeluarkan biaya perjalanan ke setiap sirkuit.

Maserati juga mempertimbangkan untuk mengikutsertakan GranTurismo MC Trofeo dalam  balapan internasional CUP dan GT4. Salah satu opsi mereka, yang akan ditetapkan setelah diskusi dengan pihak berwenang di Amerika Serikat, adalah kemungkinan balapan dua ronde di AS dalam ajang Pirelli World Challenge North America.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *