Jeep Wrangler, Jeep Grand Cherokee dan All-new Jeep Cherokee pilihan berkendara di musim hujan

2014-jeep-cherokee-limited-rear-three-quarters-flood

Banyaknya genangan air di beberapa ruas jalan di Ibukota pada saat musim penghujan kerap menjadi pemandangan biasa. Kondisi jalanan yang merupakan sarana infrastruktur utama untuk transportasi 4-roda dan 2-roda menjadi terhambat dan sulit untuk dilewati. Untuk mengatasi situasi ini banyak konsumen yang beralih dengan menggunakan mobil SUV seperti produk dari Jeep yang telah terbukti kapabilitasnya dalam menaklukan jalanan yang tergenang banjir tinggi.

Salah satu mobil Jeep yang telah terbukti dan cukup terkenal dikalangan penggemar mobil Sport-Utility-Vehicle (SUV) adalah Jeep Wrangler yang telah memiliki predikat ‘Trail Rated’, sebuah predikat yang diberikan kepada mobil Jeep yang telah melalui lima pengujian off-road, yaitu; Articulation, Traction, Ground-Clearance, Water-Fording dan Maneuverability.

Kemampuan Jeep Wrangler untuk melalui medan berat terutama banjir yang tinggi telah dimanfaatkan oleh PT Garansindo Inter Global, Authorized General Distributor untuk brand Jeep bersama dengan komunitas pemilik Jeep Wrangler di Indonesia seperti JKOwners Indonesia dan JKOne dalam memaksimalkan Jeep Wrangler untuk membantu sesama melalui kegiatan bakti sosial di tahun 2012 dan 2013 ketika terjadi banjir besar di DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kemampuan Jeep Wrangler melewati genangan air yang tinggi atau Water-fording cukup baik yang mencapai 76.2cm, disertakan dengan Ground-Clearance lebih dari 25cm membantu Jeep Wrangler melalui lintasan jalan raya yang tergenang oleh banjir serta melewati lintasan yang rusak berkat sistem suspensi yang memadai.

“Jeep Wrangler JK sebagai mobil SUV 4×4 telah terbukti diseluruh dunia dan juga di Indonesia berkat kemampuannya untuk melalui medan berat seperti genangan air yang tinggi seperti banjir yang seringkali terjadi di Jakarta. Garansindo berharap kebanjiran yang telah terjadi ditahun 2012 dan 2013 tidak terulang lagi di musim hujan tahun ini, tetapi kami juga siap untuk membantu para korban banjir apabila diperlukan,” ujar Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer, PT Garansindo Inter Global.

Selain Jeep Wrangler, ada pula line-up Jeep lainnya, seperti Grand Cherokee dan Jeep Cherokee Trailhawk yang memiliki kapabilitas off-road yang sudah menjadi ciri khas dari brand Jeep.

2014 JEEP GRAND CHEROKEE SUMMIT – “The Most Awarded SUV in the world”

Jeep Grand Cherokee 2014 dengan kode sasis WK2 merupakan penyempurnaan dari Jeep Grand Cherokee WK yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2011. Jeep Grand Cherokee Summit WK2  memberikan arti baru ‘premium SUV’ dengan menghadirkan efisiensi bahan bakar dan jangkauan pengendaraan terbaik dikelasnya, berteknologi canggih, kemampuan Off-Road yang melegenda, kualitas dan kenyamanan, serta serangkaian fitur-fitur berteknologi tinggi dan fitur keamanan terbaik.

Jeep Grand Cherokee 2014 dilengkapi lebih dari 60 sensor untuk memantau fitur keamanan dan kenyamanan, seperti Front Park Assist, Forward Collision Warning with Crash Mitigation, Adaptive Cruise Control dan Selec-Speed Control – serta serangkaian fitur berteknologi tinggi.

Powertrain: 3.6-liter Pentastar V-6 & Transmisi 8-percepatan

Mesin buatan Chrysler Group yang telah mendapatkan beragam award, 3.6-liter Pentastar V-6 yang pertama kali digunakan pada tahun 2011 di Jeep Grand Cherokee. Menggunakan dual overhad camshaft (DOHC) terbaru, blok silinder aluminium dengan konfigurasi kemiringan 60 derajat dan variable-valve timing (VVT), mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 290 horsepower dan torsi maksimal 260 lb.-ft.

Digabungkan dengan transmisi 8-percepatan yang memiliki crawl ratio 44.1:1, Grand Cherokee bermesin Pentastar memiliki kemampuan menanjak dan melalui rintangan yang ekstrim hingga menarik beban seberat 2,812kg – peningkatan 24 persen dibandingkan model sebelumnya. Mesin Pentastar yang menggunakan transmisi 8-percepatan ini menghasilkan konsumsi bbm 9 km/liter dengan kemampuan jarak tempuh yang mencapai hampir 1,000km.

Sesuai dengan predikatnya sebagai “The Most awarded SUV in the world” ; salah satu penghargaan yang diterima oleh Jeep Grand Cherokee yaitu “Best-in-Class Ground Clearance with the Quadra-Lift”, kemampuan Jeep Grand Cherokee untuk meningkatkan Ground Clearance sehingga dapat melalui rintangan berat seperti halnya genangan air yang tinggi.

THE ALL NEW JEEP CHEROKEE (KL) LIMITED DAN TRAILHAWK – Trail Rated

Meneruskan legenda Jeep, tetapi kali ini dengan bentuk yang lebih aerodinamis.Jeep Cherokee hadir dalam dua pilihan, Trail Hawk dan Limited. Memiliki detak mekanis berkapasitas 2.400 cc Tigershark MultiAir, 184 hp dengan torsi 171 lb-ft, output daya disalurkan ke transmisi automatic 9-speed. Peningkatan efisiensi bahan bakar, pengendalian jalan raya yang mumpuni, desain revolusioner, serta dilengkapi lebih dari 70 fitur keamanan dan keselamatan menjadi key point dari SUV ini untuk menarik perhatian pecinta Jeep.

Untuk urusan safety, terdapat 70-titik sensor keselamatan, Jeep Cherokee 2014 telah meraih 4-bintang dari Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika (NHTSA-National Highway Traffic Safety Administration) m untuk uji tabrak depan, lima bintang untuk tabrakan samping dan empat bintang untuk tabrakan hingga terguling. Tahun lalu, mobil ini juga dinobatkan sebagai salah satu kendaraan berpredikat Top Safety Pick oleh the Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) dan menyabet lima bintang di uji keselamatan yang dilakukan Euro NCAP.

70 fitur keselamatan dan keamanan yang dimilikinya, dimulai dari sasis yang memiliki komposisi 65% baja. Para insinyur Jeep menambahkan fitur keselamatan aktif dan pasif seperti: ParkSense Parallel / Perpendicular Park Assist (Menggunakan sensor ultrasonic yang terdapat pada bumper depan dan belakang, system ini akan membantu pengemudi dalam menemukan tempat parkir yang sesuai dan dapat mengambil alih kemudi secara otomatis), Adaptive Cruise Control-Plus (kemampuan untuk memberhentikan laju all-new Jeep Cherokee secara total tanpa adanya interupsi dari pengemudi), Forward Collision Warning-Plus(memberitahu pengemudi jarak mobil yang ada di depan disaat Adaptive Cruise Control-Plus tidak aktif) dan LaneSense Lane Departure Warning-Plus (menggunakan camera dan sensor untuk menjaga posisi all-new Jeep Cherokee. Apabila terjadi perubahan lajur secara tidak sengaja dan tidak disertai dengan penggunaan lampu sein, system ini akan memberi peringatan secara visual dan getaran), Electronic Stability Control, Electronic Roll Mitigation; Blind-spot Monitoring; Rear Cross Path detection; ParkView rear backup camera dengan dynamic grid lines dan 10 airbag.

All-new 2014 Jeep®Cherokee Trailhawk memiliki jiwa Jeep® 4×4 dengan ciri khas yang terlihat agresif, didukung oleh kemampuan Jeep®Trail Rated, mengukuhkan Jeep®Cherokee sebagai Premium Mid-size SUV 4×4 yang tangguh. Berciri khas fascia bumper depan-belakang yang agresif, lebih tinggi, berfitur Jeep®Active Drive Lock dengan penguncian diferensial belakang, skid plate dan tow hook yang mempertegas all-new Jeep Cherokee Trailhawk sebagai mobil 4×4 sejati. Differential lock dapat dipilih dalam mode low, tetapi akan mengunci secara otomatis ketika dalam mode tertentu, seperti “Rock” untuk memaksimalkan traksi pada roda.

Jeep®Cherokee Trailhawk memiliki approach angle 29,8 derajat , departure angle 32,1 derajat dan sudut breakover 23.3 derajat, serta ground clearance 220 mm. Dengan Approach dan Departure angle yang baik, Jeep Cherokee Trailhawk mampu untuk menaklukan rintangan yang tinggi tanpa terkena bagian body depan dan belakang. Hal ini juga terbantu dengan ground clearance sebesar 220 mm, sehingga ketinggian Jeep Cherokee Trailhawk memberikan keleluasaan dalam menaklukan medan berat.

All-new 2014 Jeep®CherokeeTrailhawk hadir dengan standar off-road paket Trail Rated. “Trail Rated” badge yang terdapat pada Jeep® Cherokee Trailhawk merupakan bukti bahwa mobil ini dirancang untuk tampil dalam lima kategori kinerja off-road yang meliputi: traksi, ground clearance, manuver, artikulasi dan kemampuan melewati rintangan air yang tinggi.

Demikianlah beberapa alasan mengapa fitur yang lengkap dari line up Jeep (Jeep Wrangler, Jeep Grand Cherokee dan the All New Jeep Cherokee) sebagai sebuah SUV; digemari baik pengemudi maupun penumpang serta memiliki kapabilitas yang baik dalam segala cuaca. Dengan mengetahui kapabilitas dan kemampuan kendaraan kita – niscaya keamanan dan kenyamanan berkendara dapat selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *