MASERATI berusia 100 Tahun pada 1 Desember 2014

Maserati_dedica della targa commemorativa 100 anni_Via Pepoli 1A_Bologna...

Seratus tahun yang lalu pada hari yang sama, Alfieri Maserati dan his saudaranya Ettore dan Ernesto memulai apa yang menjadi babak kemenangan di sejarah otomotif Italia. Pada tanggal 1 Desember 1914, di via de’ Pepoli nomer 1A, di jantung kota Bologna, tiga bersaudara itu membuka “bengkel dan garasi perbaikan mobil”.

Pendaftaran surat registrasi bisnis  perseorangan diajukan sepuluh hari kemudian di dekat Palazzo della Mercanzia, dimana rumah Chamber of Commerce Bologna sekarang berada. Pendaftaran surat tersebut diterima dan di registrasikan empat hari setelahnya.

Ini adalah awal permulaan sejarah Maserati yang panjang – berbasis di Bologna sampai 1939, lalu sejak itu berpusat di Modena dan meluncurkan mobil-mobil berkecepatan tinggi ke jalan di seluruh dunia sampai pada saat ini. Sebuah plakat, diletakan oleh Dewan Kota Bologna bekerjasama dengan Maserati, untuk selalu mengingat sebuah lokakarya bersejarah pertama Bologna oleh Maserati bersaudara.

Plakat tersebut bertuliskan:

 “Società Anonima Officine Alfieri Maserati”

Didirikan di gedung ini pada tanggal 1 Desember 1914.

Berkat kejeniusan dan para pekerja dari Alfieri dan saudara lelakinya Ettore, Ernesto dan Bindo, perusahaan mendapatkan ketenaran internasional dan prestise yang mengkontribusikan pengenalan dari seluruh dunia akan identitas industry terbaik Bologna.

Maserati dan Dewan Kota Bologna di tahun ke-seratus

“Plakat merupakan sebuah penghargaan simbolis untuk ulang tahun penting yang mendasar untuk Maserati. Bahkan, kita merayakan Centennial di tahun yang sangat penting bagi kami,” kata Harald Wester, CEO Maserati.

Tahun 2014, yang menandai seratus tahun sejak berdirinya perusahaan kami, juga merupakan tahun dimana Quattroporte dan Ghibli telah mengalahkan semua rekor penjualan sebelumnya; di mana pasar Amerika – dengan Ghibli – dan pasar Cina – dengan Quattroporte – telah cukup dihargai atas upaya yang telah kita buat untuk menawarkan sesuatu yang baru , indah, produk yang kompetitif, benar-benar mampu menanggapi permintaan pasar.

Ini adalah tahun di mana mobil sport GranTurismo dan GranCabrio terus meraih sukses internasional. Ini adalah tahun dari Alfieri, sebuah mobil konsep yang luar biasa yang dibangun untuk menandai Centennial, dinamai nama pendiri kami, yang kental dengan gaya warisan Maserati sambil mengedepankan bahasa desain masa depan.

Ini adalah tahun di mana pelanggan dan penggemar merayakan masa lalu kita yang mulia, menikmati berkah di mana model produk yang ada menjadi lebih luas daripada sebelumnya, dan bersemangat untuk menyambut yang akan datang dalam waktu dekat: peluncuran Maserati SUV, yang akan diikuti oleh Alfieri, sebagai mobil konsep yang masuk ke dalam produksi.”

CEO Maserati Harald Wester didampingi oleh Carlo dan Alfieri Maserati, anak-anak dari Ettore dan Ernesto Maserati, dua bersaudara yang dulu berada di sisi Alfieri pada December 1914.

Carlo Maserati, anak laki-laki Ettore, menyatakan, “100 tahun telah berlalu sejak Paman Alfieri menciptakan ‘Societa Anonima Officine Alfieri Maserati’ mengatakan:

“Sekarang sudah 116 tahun sejak tahun 1898, ketika kakak sulungnya Carlo, yang hanya tujuh belas tahun, membangun sepeda motor dilengkapi dengan mesin yang telah dirancang dan dibangun sendiri di rumah; sebuah peristiwa yang menyenangkan saudara-saudaranya dan mengilhami mereka untuk mengikuti teladannya. Kita semua tahu teknik dan hasil balap yang mereka raih di bawah kedua Maserati dan nama-nama OSCA di hampir 70 tahun terus-menerus dalam bisnis.”

“Kesuksesan panjang ini didapat dengan pemahaman yang sempurna dalam keluarga dan teknik keterampilan yang memungkinkan mereka untuk membangun sebuah mobil balap hanya dalam waktu enam bulan. Atas nama ayah saya Ettore dan paman-paman saya Bindo, Ernesto, dan Mario, saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang telah membuat Maserati selalu hidup dan membawa kepada kesuksesan lebih lanjut di masa mendatang.”

Alfieri Maserati, anak laki-laki Ernesto, mengenang, “Didirikan sebagai Alfieri Maserati resmi tahun 1914,  bisnis ini muncul dari semangat giat dan jenius pendirinya, Paman Alfieri, terus beroperasi setelah kematian awalnya pada Maret 1932 berkat dedikasi dan pengorbanan pribadi yang ekstrim dari saudara-saudaranya. Aku merasa aku harus menyebutkan rekayasa luar biasa dan desain kreativitas yang termuda dari mereka, Ernesto Maserati, ayah saya”.

“Masa tersebut menjadi saksi kelahiran seri menakjubkan dari kedua mobil Grand Prix dan Voiturettes, serta mobil hebat dunia yang benar-benar diselenggarakan sebanyak 13 rekor kecepatan internasional secara bersamaan. Setelah saudara Maserati meninggalkan bisnis pada tahun 1947, orang lain melangkah untuk melanjutkan keberhasilannya. Akuisisi oleh Fiat Group telah membawa Maserati ke posisi prestise mutlak, hari ini, dengan pertumbuhan konstan baik dari segi kualitas dan kuantitas. Ini adalah kesenangan untuk merayakan Centennial pada saat seperti ini, dan dengan seratus tahun setelah berdirinya perusahaan, saya mengagumi kerja keras, dedikasi dan antusiasme semua orang yang bekerja di sana. Mereka telah melestarikan semangat pendirinya.”

Hari ini menandai tepat 100 tahun sejak berdirinya, tapi perayaan Centennial Maserati sudah dimulai setahun yang lalu, dengan peristiwa penting internasional yang melibatkan pelanggan dan penggemar di seluruh dunia, serta seluruh jaringan penjualan.

Selama tahun ini, Maserati telah menjadi “Tamu Kehormatan” di sejumlah acara otomotif paling bergengsi di dunia, termasuk Villa D’Este Concours d’Elegance, Goodwood Festival of Speed di Inggris dan Pebble Beach Concours d’Elegance di acara the Monterey Car Week di California.

Maserati juga dipilih sebagai tamu kehormatan untuk secara resmi membuka tahunan parade Columbus Day ke-70 di New York Oktober lalu.

Perayaan memuncak dalam Pertemuan Internasional, yang dimulai di Bologna pada bulan September: pameran, parade, kompetisi, sesi latihan track, tur dari dua pabrik Maserati di Modena dan Grugliasco dan Concours d’Elegance, dengan lebih dari 200 mobil dan lebih dari 500 orang dari seluruh dunia mengambil bagian.

Di antara mobil-mobil yang berpartisipasi, beberapa tiba langsung dari Beijing, dikendarai langsung sejauh 13.500 kilometer dari Asia dan Rusia dan melewati pusat ibukota Eropa dalam perjalanan mereka ke Modena. Pertemuan Maserati Centennial juga menerima penghargaan yang didambakan beberapa hari yang lalu, “Tour of the Year” yang diberi nama oleh para juri dari “International bersejarah Motoring Awards 2014”

Untuk para penggemar, pameran yang luar biasa “MASERATI 100 – A Century of Pure Italian Luxury Mobil Sport” akan tetap terbuka di Modena sampai akhir Januari 2015. Pameran ini, bertempat di Modena futuristik Museo Enzo Ferrari, memungkinkan para pengunjung untuk menelusuri kembali sejarah otomotif perusahaan Italia dengan tampilan sekitar dua puluh model utama dan model balapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *