McLaren Honda F1 Team lakukan tes perdana di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi

03[1] McLaren Honda F1 Team lakukan tes perdana pada sesi tes resmi yang diselenggarakan oleh FIA tanggal 25 November 2014 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. McLaren Honda F1 Team menggunakan sasis mobil MP4-29H/1X1 yang merupakan sasis mobil balap tahun ini yang sudah disesuaikan dengan mesin (Power Unit) dari Honda.

Tujuan dari pengetesan ini adalah untuk melihat performa sistem keseluruhan pada mobil berjalan dengan baik, termasuk di dalamnya perihal infrastruktur dan koneksi I.T. McLaren. Honda F1 Team menurunkan pembalap tes dan pengembangan asal Belgia, Stoffel Vandoorne di sesi tes resmi Abu Dhabi pada tanggal 25 November 2014, untuk menguji mobil McLaren Honda MP4-29H/1X1.

Senior Managing Officer Honda R&D Co., Ltd., & Chief Officer of Motorsport, Yasuhisa Arai mengatakan bahwa “Sesi tes perdana ini adalah untuk memastikan semua sistem fundamental pada mesin (Power Unit) mobil berjalan dengan baik sebelum tes pra musim 2015 dimulai pada bulan Februari mendatang”.

“Mesin (Power Unit) yang kami gunakan pada tes kali ini masih dalam pengembangan dan bukan diperuntukkan untuk lomba pada musim depan. Kami masih akan mengembangkan segala sesuatunya sesuai dengan jadwal ke depannya, dan kami akan siap sebelum balapan perdana musim depan dimulai di Australia”, tambahnya.

Sementara itu, McLaren Racing Director, Eric Boullier mengatakan, “Sesi tes kali ini adalah untuk memperlihatkan bagaimana hasil kerja Pusat Pengembangan kami di Sakura, Milton Keynes and Woking,dimana kami berupaya dengan keras untuk menyatukan usaha membuat sebuah tim yang utuh dalam satu atap, yaitu McLaren dan Honda. Kami puas dapat melakukan beberapa putaran dengan mobil tes kami”.

Stoffel Vandoorne mengungkapkan “Ini adalah pertama kalinya turun dengan mobil balap berlogo “H”, dan berkesempatan untuk mengetahui hasil kerjasama antara McLaren dengan Honda. Selain itu, ini adalah kesempatan perdana bagi kami untuk turun di trek secara resmi sekaligus menguji performa mesin (Power Unit)”.

Sebelumnya, Honda telah menampilkan sketsa gambar dari Power Unit yang akan digunakan di ajang balap F1 tahun 2015 untuk pertama kalinya di Sirkuit Suzuka, Jepang pada tanggal 2-5 Oktober 2014. Honda telah mengumumkan akan turun di ajang balap Formula 1 tahun 2015 pada tahun 2013.

Honda akan menggunakan mesin (Power Unit) bertenaga 1.6 liter berkonfigurasi V6 8 percepatan semi otomatik yang dilengkapi dengan teknologi Turbocharged dan ERS-K (Energy Recovery System-Kinetic). Sementara McLaren akan mendesain paket mobil termasuk sasis mobil dan juga aerodinamikanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *