Sekilas Chang International Circuit di Provinsi Buriram Thailand

IMG_5145

YSS mengundang OTOSL.com melihat secara langsung “YSS Auto Racing Shock” berlaga di ajang Pro Racing Series Championship 2014 di Chang International Circuit, Provinsi Buriram, Thailand pada Sabtu, 22 November 2014.

OTOSL baru memang pertama kali menuju ke Chang International Circuit bersama rombongan media dari Indonesia sebanyak 8 orang, ditambah seorang konsumen YSS asal Bandung. Setelah kami mendarat di Suvarnabhumi Airport pada Jumat sore (20/11/14) kemudian 3 unit Toyota HiAce mengantar kami menuju arah Timur Thailand, yaitu ke provinsi Buriram.

Perjalanan dari Suvarnabhumi Airport menuju Buriram ditempuh selama 6 jam dengan rehat dua kali sekaligus makan malam. Kemudian rombongan tiba di Phanomrungpuri Hotel, 212 Prajantakhet Road, Nangrong Buriram, Thailand sekitar jam 23.00.

Rombongan bermalam dulu di hotel tersebut, dan pada esok harinya Sabtu pagi, 22/11/14 pukul 08.30 perjalanan dilanjutkan kembali menuju Chang International Circuit dengan waktu tempuh 1 jam.

Kalau melihat Google Maps, total jarak tempuh dari Suvarnabhumi Airport menuju Chang International Circuit adalah 400 KM dengan waktu 5 jam, namun pada prakteknya perjalanan tersebut ditempuh rombongan OTOSL selama 6 jam, dan itupun kami harus menginap di hotel yang jaraknya masih satu jam lagi.

Chang International Circuit saat ini sudah mengantongi sertifikat FIA dan FIM, dan sirkuit ini memang masih baru terletak dengan jarak yang cukup jauh dari Bangkok. Alasan mengapa sirkuit ini berada dari lokasi yang cukup jauh dari kota Bangkok memang perlu dipertanyakan.

IMG_5009

Newin Chidchob, owner/pemilik sekaligus President and Consult of Buriram United International Circuit

Pada hari Sabtu (22.11/14) beruntung OTOSL menjumpai sosok Newin Chidchob yang dikenal sebagai owner/pemilik sekaligus President and Consult of Buriram United International Circuit. Hanya saja pembicaraan atau tanya jawab dialihkan kepada Tanaisiri Chanvitayarom yang menjabat Managing Director of Buriram United International Circuit.

Dari obrolan dengan Tanasin Chanvitayarom barulah diketahui bahwa Newin Chidchob adalah warga asli Buriram dan ia memiliki visi dan misi yang menjanjikan bagi warga Buriram untuk menjadikan Buriram sebagai kota wisata olahraga dan motorsport, mulai dari bola kaki, balap mobil, balap motor, motor cross, gress track dan sebagainya.

Selain sudah memiliki stadion dan klub bola Buriram United, iapun juga membangun fasilitas olahraga motorsport dengan nama Chang International Circuit ini dalam satu area yang sangat luas di Buriram.

Menurut Tanasin, kawasan sirkuit berada diatas lahan 220 hektar  yang sebelumnya sebagian besar lahannya adalah milik keluarga Newin Chidchob. Untuk perluasan lahan maka secara bertahap iapun membeli beberapa lahan milik warga setempat. Sedangkan nilai insvestasi untuk membangun sirkuit Chang sebesar 200 juta Baht atau setara dengan nilai 74 milyar rupiah.

OTOSL sebenarnya pesimis dengan lokasi Chang International Circuit yang sangat jauh dari Bangkok, namun Tanasin menepis anggapan ini bahwa waktu tempuh sebenarnya bisa 3 jam, dan iapun memebeberkan soal rencana pemerintah Thailand yang akan membangun highway antara Bangkok ke Buriram dengan waktu yang lebih cepat, katanya bisa 2 jam dan proyek ini diharapkan mulai tahun 2016.

IMG_5023

Tanaisiri Chanvitayarom, Managing Director of Buriram United International Circuit

Tanasin kemudian menjelaskan bahwa Chang International selain sudah mendapatkan sertifikat FIA Grade1 dan FIM Grade A, juga mendapat dukungan penuh dari para pemegang merek terkenal seperti Yamaha, Honda dan beberapa merek mobil lainnya yang mempercayakan sirkuit ini untuk kedepannya.

Tanasin mengatakan bahwa Chang international Circuit yang dibangun dengan waktu 18 bulan dan diklaim masa pembangunannya sangat cepat ini, saat ini masih berbenah dengan berbagai fasilitas, antara lain hotel, kursi penonton, lahan parkir dan sebagainya. Pasalnya sirkuit yang memiliki 12 tikungan arah jam dan berjarak 4.554 KM ini sudah mengantongi agenda balapan bergengsi seperti WSBK, F3, GT1, GT2 and GT3.

“Target kami balapan MotoGP atau Formula 1 bisa digelar di Chang International ini pada tahun 2016 nanti. Yang pasti WSBK sudah siap digelar pada bulan Februari 2015 dan balapan GT3 juga sudah masuk dalam agenda kami. Harapan kami kursi penonton sebanyak 50 ribu bisa disiapkan untuk setiap event balap sekelas MotoGP, sementara jumlah spectatoryang kami ingin capai dalam setahun bisa sejuta orang,” tutup Tanasin.

bric_track

Chang International Circuit

Management : BRIC
Circuit Type : FIA Grade1 FIM Grade A
Direction : Clockwise
Turn : 12 corners
Established : 2014
Join Grandprix Calendar : 2014
Length : 4.554 km.
Fund : 2,000 billion bath
Capacity : 50,000 seats
Top speed : 315 km/h

 

 

Please follow and like us:

One thought on “Sekilas Chang International Circuit di Provinsi Buriram Thailand

  1. […] Sedangkan para petugas senior sirkuit menggunakan motor besar seperti Kawasaki Versys, KTM Adventure yang semuanya menggunakan box motor dan pelat nomor Buriram United. Untuk mengetahui lebih dalam tentang Chang International Circuit silahkan pindah halaman dan klik http://stephenlangitan.com/archives/94790 […]

Leave a Reply