Video Volvo FH menantang mobil sport tercepat di dunia

_MG_9834

 

Volvo FH yang berbobot 8 ton melawan salah satu mobil tercepat di dunia – Koenigsegg One:1. Ini adalah skenario dari film terbaru milik Volvo berjudul ‘Volvo Trucks vs Koenigsegg’. Tantangan ini bertujuan untuk melakukan tes pada transmisi I-Shift Dual Clutch berdasarkan sebuah teknik yang biasa digunakan pada mobil sports, hingga tes akhir.

Transmisi I-Shift Dual Clutch yang unik milik Volvo Trucks diuji dalam film terbaru Volvo yang berjudul ‘Volvo Trucks vs Koenigsegg’ ini. Di dalam film ini, Volvo FH dihadapkan dengan Koenigsegg One:1, dengan 1360 horsepower yang membuat mobil ini menjadi mega car pertama di dunia.

Agar tantangan ini adil, Volvo FH dikendarai sepanjang satu lap sedangkan Koenigsegg sepanjang dua lap. Meskipun begitu, hasil dari tantangan ini masih tidak bisa ditebak. Tujuan dari perlombaan ini adalah untuk melakukan tes pada gearbox I-Shift Dual Clutch milik Volvo.

“I-Shift Dual Clutch memiliki  sebuah dual-clutch yang terbilang unik dalam pasar kendaraan kelas berat. Namun, teknologi serupa sudah terdapat pada mobil sports. Maka, ini merupakan tantangan yang sempurna.” Ujar Jeff Bird, Press Test Director dari Volvo Trucks.

Kesamaan antara truk Volvo FH dengan I-Shift Dual Clutch dengan mobil sports termasuk kemudahan mengemudi yang dilengkapi dengan halusnya perpindahan gigi. Di sirkuit Knutstorp di Swedia Selatan, sebuah sirkuit yang dikenal dengan lekukan tanjakan dan belokan yang tajam, dan itu akan dapat dibuktikan segera.

“Mungkin ini terdengar seperti lingkungan yang berbeda untuk lingkungan truk berat pada umumnya, tapi nyatanya, berkat dual-clutch, I-Shift Dual Clutch sangat berguna dalam kondisi dimana banyak terjadi pergeseran pada gearbox. Gearbox yang mulus ini meningkatkan kualitas berkendara secara maksimal.” Ujar Jeff Bird.

Sosok di balik kemudi Volvo FH adalah seorang pembalap berpengalaman, Tiff Needell. Tanpa mengatakan hasil dari tantangan tersebut, Tiff – yang belum pernah membalap menggunakan truk sebelumnya – mengakui bahwa ia kagum akan performa kendaraan yang ia gunakan.

“I-Shift Dual Clutch sangat menakjubkan. Performanya sangat terasa pada jalan yang miring karena truk tidak terhambat dan bisa tetap berjalan dengan mulus tanpa merasakan perbedaan saat pergantian kopling.” Ujar Tiff Needell.

Volvo Trucks dual-clutch gearbox terbaru sudah diluncurkan di Eropa pada bulan Juni tahun ini dan tersedia di semua pasar Volvo FH dengan mesin Euro 6 D13 dengan kekuatan 460, 500 dan 540 horsepower.

FAKTA:

Mengenai I-Shift Dual Clutch

  • I-Shift Dual Clutch dapat dijabarkan saat dua gearbox terhubung secara paralel. Saat satu gigi dalam keadaan aktif di satu gearbox, gigi selanjutnya sudah siap di gearbox yang lainnya. Saat berganti gigi, hanya satu clutch yang harus dilepas pada saat yang bersamaan ketika clutch lainnya masih terhubung. Hal ini membuat penggantian gigi bisa dilakukan tanpa gangguan.
  • I-Shift Dual Clutch gearbox ini berdasarkan I-Shift gearbox. Diluar dari banyaknya komponen di dalamnya, gearbox terbaru ini 12 cm lebih panjang dibandingkan I-Shift yang standar, karena clutch yang dobel terbaru.
  • I-Shift Dual Clutch memindahkan gigi tanpa ada gangguan ketika dibutuhkan. Ketika mengemudi dimana lebih maksimal untuk memindahkan gigi, transmisi memindahkan gigi sebagai I-Shift yang regular.
  • I-Shift Dual Clutch memindahkan gigi tanpa gangguan di semua gigi kecuali untuk perpindahan gear range, yang terjadi ketika bergeser dari gigi keenam dan ketujuh.
  • I-Shift Dual Clutch tersedia di Volvo FH sebagai pelengkap terhadap I-Shift dan gearbox yang manual
  • I-Shift Dual Clutch Volvo Trucks terbaru akan diluncurkan di Eropa pada bulan Juni tahun ini dan tersedia di semua pasar Volvo FH dengan mesin Euro 6 D13 dengan kekuatan 460, 500 dan 540 horsepower.

Mengenai tantangan ini

Tantangan akan diselenggarakan di Knutstorp sirkuit balap di Swedia Selatan. Sebelum balap, truk ini diberikan waktu untuk melakukan tes kecepatan sebesar 90 km/h dalam melawan mobil sportnya. Untuk memberikan tantangan yang seru di dalam filmnya, Volvo FH akan berjalan selama 1 lap sedangkan Koenigsegg One:1 harus 2 lap. Pengambilan video dari belakang pagar yang sudah diamankan oleh sekuriti.

Mengenai Volvo FH terbaru di sirkuit balap

Truk ini, yang sudah pernah dikemudikan tanpa trailer, dengan bobot 8 ton, memiliki mesin dengan kekuatan 540 horsepower dan dilengkapi dengan I-Shift Dual Clutch. Sebelum balapan di mulai, pada awalnya batas kecepatannya 90 km/h dapat dilewati menjadi kecepatan 130 km/h di sirkuit

Mengenai Koenigsegg One:1

Koenigsegg One: adalah mobil sport yang paling banyak diproduksi dengan 1 kg horsepower, dengan julukan “Mega Car”. 1 kg horsepower sama dengan 1360 horsepower dengan berat 1360 kg – kesamaan ini tidak pernah dimiliki oleh produsen mobil sport mana pun.  Hal ini membuktikan bahwa mobil sport ini adalah yang tercepat. Mesin ini memiliki lebih dari 1000Nm torque, berada diantara 3,000 dan 7,500 rpm, dan mobil ini bisa berlari dari 0–400 km/h in dalam 20 detik.

Mengenai Tiff Needell

Tiff Needell bekerja sebagai pembawa acara TV di acara program motor di Inggris yaitu “Fifth Gear”. Dia memiliki karir sebagai pembalap dan telah mengemudi berbagai macam kendaraan dalam berbagai macam kompetisi – mulai dari ‘Formula One’ sampai kompetisi ‘Le Mans 24 Hours’.

_MG_0421

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *