Volvo Trucks: Desain truk perlu wawasan masa depan

Mike MAc Isaac, seorang modeller yang membantu aktualisasi model truk

Proses pengembangan sebuah truk baru dimulai bertahun-tahun sebelum diluncurkan. Dalam kurun waktu itu, banyak perubahan yang bisa terjadi, perlunya wawasan luas ke depan dalam mengembangkan desain tidak hanya datang pada saat yang tepat, tetapi juga dianggap inovatif.

“Kami baru mulai bekerja kembali dengan Volvo FH pada tahun 2006,” kata Rikard Orell, Direktur Desain Volvo Truk.

“Di masa itu, belum pernah ada yang terlintas tentang yang namanya iPhone. Namun ketika Volvo FH diluncurkan pada tahun 2012, ponsel pintar itu tiba-tiba merupakan bagian penting dari masyarakat. Kita harus dapat memprediksi perubahan seperti ini.”

Intelijen bisnis yang komprehensif merupakan bagian penting dari proses desain, untuk memprediksi bagaimana masyarakat akan berkembang dalam kurun waktu lima, sepuluh dan lima belas tahun ke depan. Ini mencakup semuanya, berawal dari wawancara pengemudi sampai dengan menyelidiki tren dalam teknologi dan budaya.

“Dalam industri transportasi, siklus produk lebih lama dibandingkan pada industri lain. Karena kita adalah pemimpin industri, kita memiliki tanggung jawab yang besar dalam mempengaruhi pembangunan sehingga dapat mengarah pada upaya yang berkelanjutan, “kata Rikard Orell.

Setahun yang lalu, Volvo Truk menyelesaikan peluncuran terbesar dalam sejarahnya. Enam model truk baru diluncurkan dalam waktu kurang dari satu tahun. Setiap model memiliki tiga fitur desain yang sama: iron mark, yang kini memiliki posisi yang lebih menonjol di bawah kaca depan, semakin besar grille bermotif sarang lebah dan lampu depan yang berbentuk V. Namun, tantangan terbesar bagi tim desain adalah bagaimana mengidentifikasikan perbedaan di berbagai model.

“Truk seri terbaru kami adalah seperti keluarga. Mereka seperti sebuah individu dengan kepribadian masing-masing. Hal ini dapat dilihat dalam perbedaan-perbedaan model secara nyata. Bagi kami, ini adalah masalah bagaiaman menciptakan kepribadian yang unik bagi masing-masing model yang sesuai dengan tujuannya, penggunaan dan lingkungan kerja, “kata Rikard Orell.

Visualisi 3D yang canggih membantu aktualisasi

Desain yang tepat

Ketika mengembangkan seri truk baru, diawali oleh fokus yang kuat dalam memvisualisasikan lingkungan kerja yang spesifik bagi setiap model. Penggunaan gambar inspirasional telah menjadi alat yang penting dari bagian proses desain.

“Ini adalah teknik desain tradisional yang membantu kita menangkap esensi dari apa yang ingin kita ekspresikan,” kata Asok George, Kepala Desain Eksterior di Volvo Trucks.

“Dalam industri kami, ini merupakan aspek yang sangat penting karena kami menciptakan sebuah produk yang kompleks yang merupakan sebuah tempat kerja maupun rumah. Kita harus mempertimbangkan persyaratan teknis dan konsiderasi legal yang melebihi ekspektasi para pelanggan. Ini adalah tugas yang sulit, tapi karena desainer berpikir secara visual, kami menggunakan gambar inspiratif untuk merangsang proses kreatif kita,” tambahnya.

Ekspresi yang diinginkan dan kepribadian masing-masing model baru diwakili dalam proses oleh sejumlah gambar. Untuk unggulan Volvo FH16, salah satu gambar yang dapat merepresentasikannya adalah kawanan kuda liar.

“Volvo FH16 adalah truk seri yang paling kuat diproduksi di dunia dan secara alami harus memberi kesan kuat, tetapi pada saat yang sama kita tidak ingin terlihat agresif. Melainkan, harus bisa mengungkapkan kekuatannya dengan cara halus. Keanggunan seekor kuda liar adalah inspirasi besar – mereka mengekspresikan kekuatan dan kebebasan mereka dengan cara yang elegan, “kata Asok George.

Papan inspirasi untuk gambar Volvo FMX terbaru di ekspresikan pada lingkungan yang keras dan pada materi yang berkeseinambungan. Pada akhirnya tercipta sebuah truk yang sangat kokoh di bagian dalam maupun luar.

“Citra James Bond menggambarkan kepribadian Volvo FMX terbaru dengan baik. Agen 007 tampak hebat dalam balutan tuksedo, tapi dia juga tampil mempesona pada saat berada dalam sebuah perkelahian. Hal yang sama berlaku untuk baru Volvo FMX, harus terlihat keren bahkan setelah mengambil beberapa pukulan keras, “menurut Asok George.

Aspek lain dari pekerjaan ini adalah tentang pemahaman dan kolaborasi konsiderasi legal ke dalam proses desain, yang juga berkaitan dengan fungsi truk.

Grille besar di truk Volvo terbaru tampak seperti itu bukan karena tanpa suatu alasan. Desainnya mampu memberikan truk-truk yang baru dengan identitas keluarga yang khas, tapi juga mementingkan aspek pembentukan yang spesifik karena mesin Euro 6 membutuhkan lebih banyak udara. Jadi fakta bahwa truk kami sekarang lebih ramah lingkungan efisien telah ditentukan dari fondasi awal desainnya, “kata Asok George.

Dari sketsa hingga produk akhir

Setelah mendapatkan visi yang jelas bagi seluruh model, tantangan berikutnya adalah untuk mewujudkan masing-masing model, dengan mempertimbangkan semua kendala teknis dan persyaratan manufaktur tanpa kehilangan visi awal.

“Kami memulai membuat sketsa seri truk terbaru kami pada tahun 2006, dan kendaraan ini akan terlihat di jalanan selama beberapa tahun ke depannya. Beban yang sangat besar pada kemampuan kita dalam memvisualisasikan kebutuhan pelanggan di masa depan. Jadi benar, desain merupakan sebuah kreativitas dan bagaimana membawa masa depan yang diinginkan menjadi kenyataan. Ini merupakan metode paling dasar dalam mengetahui dan memahami kebutuhan para pelanggan kami dan masyarakat luas, “kata Rikard Orell.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *