Rolls-Royce Phantom Metropolitan Collection diluncurkan di Pameran Otomotif “Mondial de L’Automobile” di Paris

rolls-royce-phantom-metropolitan-collection-front-side-view

Rolls-Royce Motor Cars dengan gembira menampilkan karya terbaru dari penawaran Bespoke mewah yang paling sukses.

Phantom Metropolitan Collection yang diluncurkan pada Pameran Otomotif “Mondial de L’Automobile” di Paris menyajikan desain indah dan seni kerajinan tangan yang terinspirasi dari kota modern. Hanya 20 mobil dari koleksi yang diciptakan secara menyeluruh ini yang dapat dipesan oleh pelanggan.

Peluncuran Phantom pada 2003 secara tegas menandakan kebangkitan Rolls-Royce Motor Cars yang mampu memberikan pengalaman ultra-mewah nan sempurna kepada para pria dan wanita paling sukses dan cerdas di dunia.

Daya tarik utama dari janji unik yang ditawarkan adalah interior yang dibuat dari bahan-bahan mewah terbaik; yang pengerjaannya dilakukan dengan tangan para pengrajin ahli di markas Rolls-Royce di Goodwood, Inggris. Hal ini menciptakan suatu ruang yang memanjakan penumpang sekaligus tempat perlindungan paling mewah untuk melintasi dan mengamati suasana kota dalam kenyamanan tertinggi

Phantom Metropoliton Collection mengabadikan suasana kota-kota besar dunia melalui penerapan seni marquetry – kerajinan menata potongan-potongan kecil veneerkayu untuk membentuk motif-motif dekoratif, yang penuh dengan ketelitian tingkat tinggi.

Ketika dibuka, sebuah meja piknik yang menjadi ciri khas Phantom, akan menyajikan pemandangan atap gedung perkotaan yang seolah dilihat dari atas. Lukisan perspektif ini diciptakan melalui aplikasi 500 buah veneer kayu yang disusun satu per satu oleh ahlinya.

Tak dapat dipungkiri, proses pemotongan, pewarnaan, pembentukan, dan penerapan secara manual dari karya seni yang unik ini sangat kompleks sehingga dibutuhkan waktu satu hari penuh bagi seorang pengrajin kayu ahli untuk menyelesaikannya.

Jika meja ditutup, penumpang akan disajikan perspektif berbeda dari pemandangan kota – merefleksikan pemandangan yang dinikmati seseorang ketika bepergian dengan Phantom.

“Saya pikir tidak ada lokasi yang lebih cocok selain Paris untuk membuat debut mobil baru yang luar biasa ini. Inilah sebuah kota yang dapat menggemakan kemampuan istimewa Rolls-Royce dalam mengombinasikan nilai klasik dan modern secara sempurna dengan mengusung karya seni dari para pengrajin ahli,” kata Torsten Müller-Ötvös, Direktur Utama Rolls-Royce Motor Cars.

“Pelanggan kami di seluruh dunia senang menantang desainer dan pengrajin kami untuk menciptakan seni otomotif unik yang sesungguhnya. Koleksi terbaru ini dihadirkan sebagai sarana tak terbatas untuk personalisasi Bespoke yang dapat dinikmati oleh setiap pecinta model ini.” tambahnya.

Proses super cermat dilakukan dalam memilih veneer kayu satu per satu. Ketidaksempurnaan seperti tonjolan dan bintik-bintik akan langsung ditolak.

Pewarnaan masing-masing bagian kayu dilakukan secara tradisional menggunakan tangan untuk menciptakan shading dengan pasir panas (hot-sand shading), sebelum akhirnya di pemeriksaan akhir, veneer kayu akan diperiksa di bawah pembesaran kotak cahaya untuk memastikan kesempurnaan karya.

Tema pemandangan kota begitu kental terasa melalui permukaan-permukaan kayu yang terdapat di Phantom. Warna Aetherius Grey Leather yang dirancang secara khusus, diciptakan sesuai dengan palet warna khas kota modern.

Sedangkan 6.800 jahitan benang dua-warna yang terdapat pada kursi belakang tengah melukiskan gambar abstrak dari gedung pencakar langit. Jam Bespoke yang khusus dikembangkan, semakin menguatkan tema perkotaan hingga ke bagian depan mobil.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah mobil mewah ini, lingkaran jam (bezel) yang berputar mengekspresikan 24 kota-kota besar dunia beserta zona waktunya – termasuk Paris – menghiasi konsol tengah mobil Rolls-Royce.

Sebuah warna eksterior, Darkest Tungsten yang terinspirasi dari langit kota menjadi warna permukaan eksterior mobil yang dipamerkan di Paris.

Meski demikian, seperti yang diberikan kepada setiap pelanggan, Rolls-Royce menyediakan palet dengan 44.000 warna bagi mereka yang ingin memesan Phantom Metropolitan Collection.

Jika itu tidak cukup, pengrajin Bespoke akan membuat perpaduan warna atau obyek yang sempurna seperti harapan pelanggan. Bagian eksterior pun terlihat makin sempurna berkat sebuah coachline yang menggambarkan siluet abstrak pencakar langit modern yang dilukis dengan tangan.

Inilah koleksi terbaru dari sebuah lini mobil yang luar biasa, sebuah masterpiece Bespoke. Tahun 2014 ini juga menjadi momen menyenangkan bagi Phantom Drophead Coupé Waterspeed Collection yang merayakan pemecahan rekor Sir Donald Campbell serta Pinnacle Travel Phantom yang membuat debutnya di Beijing Auto Show.

Koleksi terbatas ini siap menginspirasi para pelanggan, dengan rekor pemesanan Bespoke yang tercatat pada September 2014, hampir setiap Phantom di seluruh dunia, 90% Wraith dan 80% Ghost, dipesan pelanggan dengan beberapa elemen desain Bespoke. Memang Bespoke adalah Rolls-Royce.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *