IIMS 2014: The new Audi A8 L Product Improvement (PI)

IMG_20140618_125644

Audi, yang diwakili oleh PT Garuda Mataram Motor, hadir dalam ajang tahunan bergengsi IIMS 2014. Salah satu produk terbarunya yang menjadi highlight adalah The new Audi A8 L Product Improvement (PI).

Interior

Garis elegan dan aspek keluasan yang mewah sangat ditonjolkan pada sisi interior model unggulan Audi ini. Audi menawarkan berbagai pilihan pada kursi depan dan belakang, termasuk lubang udara untuk pemanas dan fungsi pemijat dalam lima pilihan khusus di versi luxury.

The new Audi A8 L juga dilengkapi dua buah power seat yang dilengkapi dengan konsol tengah berbahan kulit, dan kursi sandar dilengkapi dengan pijakan kaki yang bisa dilipat. Ada banyak fitur mewah tambahan, mulai dari fitur hiburan yang terintegrasi pada kursi belakang dan fitur ionizer yang terletak pada power-closing door dan kulkas pada bagian belakang kursi penumpang.   

Meskipun mempunyai fungsi yang berlimpah, the new Audi A8 L memiliki konsep operasi yang mudah, seperti kontrol MMI dengan tombol pemutar yang cukup besar dan juga kontrol MMI yang terdapat pada dashboard yang sudah dilengkapi dengan layar sentuh.

Pengemudi dapat memasukkan karakter huruf maupun angka melalui MMI untuk mengontrol berbagai menu dan fungsi multimedia. Standar komponen lain seperti sistem suara canggih dari Bose dan fungsi hiburan di kursi belakang melengkapi keunggulan the new Audi A8 L (PI).

Sementara khusus di versy luxury, new Audi A8 L PI menawarkan sistem audio menggunakan Bang & Olufsen Advance Sound System dengan total 19 speakers & subwoofer performa tinggi.

Tambahan fungsi pembantu (assistance system) bahkan memberikan pengendara pengendalian yang lebih baik pada saat mengendarai the new Audi A8 L PI. Sebuah sistem cruise control yang pintar dipadu dengan sistem keselamatan pre-sense basic yang telah disempurnakan.

Eksterior

The new Audi A8 memiliki panjang 5.135 mm, lebar 1.949 mm dengan sumbu roda yang lebih panjang (2.992 mm) dibandingkan dengan pesaingnya utamanya. Tetapi the new Audi A8 memiliki tinggi yang lebih rendah dibanding rivalnya, yaitu 1.460 milimeter, proporsi yang menyiratkan karakter sporty sebuah mobil.

Untuk mempertegas tampilannya, the new Audi A8 L PI dilengkapi dengan velg alumunium 19 inch berukuran 255/45 R19. Sementara untuk yang versi Luxury disematkan velg lebih besar 21 inch eksklusif Audi berbahan alumunium dengan disain 5-arm “Structure” berukuran 275/35/R21.

Aura sporty adalah bukti dari desain dinamis Audi A8 L. Sisi keanggunan pada mobil ini mencirikan interaksi antara setiap permukaan, garis dan volume. Bentuk ekstriornya homogen; garis atap yang mirip desain sebuah mobil coupe dapat membuat pancaran siluet. Permukaan mobil ini menegaskan sisi ketenangan dan prestise.

Bagian depan berkontur lebih kuat; gril Single-frame yang berbentuk heksagonal lebih  berkarakter dan lebih rinci. Palang ganda horizontal menekankan keluasan Audi A8 L, sementara  aplikasi krom menyiratkan keanggunan. Kap mesinnya memiliki empat lekukan, melintang hingga bagian pojok atas gril dan bagian dalam sudut lampu.

Lubang udara sekarang lebih panjang, mengelilingi seluruh sudut bagian depan dan dilapisi dengan bahan krom. Lampu depannya menjadi lebih datar dan lebar, terdapat satu set lampu siang hari (daytime running lights) yang menghiasi garis tepi atas dan bawah lampu utama.

Mesin 

The new Audi A8 L (PI) mengusung mesin V6 3.0 TFSI supercharged, yang dapat melontarkan tenaga hingga 310 hp, dan torsi sebesar 440 Nm.

Lontaran tenaga pada model baru ini sudah ditingkatkan dan lebih hemat bahan bakar hingga sepuluh persen. Mesin 3.0 TFSI yang tersemat dalam mobil ini dapat membuat Audi A8 L berakselerasi dari 0 sampai 100 kpj hanya dalam 5,9 detik. Sementara itu, konsumsi rata-rata bahan bakar nya 7,9 liter untuk 100 kilometer perjalanan, untuk rute dalam kota dan jalan tol. Mesin ini telah mempunyai standar emisi EURO2.

The new Audi A8 L juga dipersenjatai dengan transmisi delapan percepatan yang dilengkapi dengan teknologi tiptronic, sistem percepatan dengan perpindahan gigi yang cepat dan halus. Transmisi otomatis ini dipasangkan dengan sistem quattro, teknologi penggereak semua roda (all-wheel-drive) khas Audi.

Sasis: Karakter Sporty

Sedan ini memiliki karakter sporty yang dominan hingga pada bagian sasisnya. Mobil ini juga dilengkapi sistem pemilihan kendali standar Audi (drive system select), yang memilah berbagai komponen teknologi yang terdapat pada mobil. Sistem ini juga mampu mengatur tekanan udara termasuk peredam adaptif.

Audi menawarkan pemasangan suspensi udara dengan setting bernuansa sporty berdasarkan permintaan pelanggan. Power steering pada mobil ini juga sudah menggunakan mekanisme elektrik yang lebih efisien.

Keselamatan
Bodi Audi A8 melindungi penumpang terhadap berbagai jenis benturan. Pada benturan frontal, empat pipa solid yang memanjang di setiap sisi kendaraan akan menyerap daya bentur. Dua diantaranya terletak di bagian atas fender, sementara sisanya pada saluran longitudinal dan buffer di depan subframe mesin dan as roda depan.

Adanya sebuah palang rangka (cross member) yang terdiri dari dua kotak yang melengkung membentuk simbol omega memberikan perlindungan tambahan bagi kabin penumpang.  Ditempatkan sejajar pada lantai mobil, cross member tersebut mengarahkan daya benturan ke lantai dan rangka bagian depan mobil (A pillar).

Sementara rangka panjang (longitudinal members)  pada panel lantai dibentuk menyerupai panah tepat di bawah kursi bangku belakang. Bersama rangka utama, rangka tersebut berperan menjadi tulang punggung yang sangat kuat bagi mobil ini. Di bagian belakang, rangka yang lebih besar menjadi pelindung bagi kabin penumpang.

Sistem penahan adaptif berperan sebagai pelindung kabin Audi A8 L. Sistem yang mampu melindungi penumpang dengan berbagai macam ukuran tubuh ini sangat efektif karena mampu dengan cermat mengelola kolaborasi antara kantong udara (airbags) dan sabuk pengaman.

Untuk tabrakan dari belakang, sistem penahan kepala integral mampu mencegah resiko cedera kepala. Untuk benturan dari samping, empat sisi airbag dan sistem airbag kepala akan bekerja melindungi seisi mobil. Selain itu, sabuk pengaman otomatis tiga titik dengan kemampuan adaptive force limiters melengkapi sistem pengamanan pada mobil ini.

Bagasi the New Audi A8 L memiliki kapasitas 520 liter. Kegiatan loading pada mobil ini menjadi nyaman berkat bagian bawah kap bagasi yang rendah dan layout yang sudah diperbaharui. Bagasi Audi A8 L mampu memuat empat tas golf. Tutup bagasi mengayun ke atas saat dibuka. Cukup tekan tutup bagasi ke bawah, maka bagasi akan menutup dan mengunci secara otomatis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *