IIMS 2014: Audi S3 Sedan hadir memukau

IMG_1428
PT Garuda Mataram Motor, pada hari pertama ajang The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung pada Kamis, 18 September 2014 di memperkenalkan mobil terbarunya Audi S3 Sedan.

Mobil sedan kompak dengan tenaga yang besar sekaligus efisien: Audi S3 Sedan menciptakan standard terbaru dikelasnya. Mengusung mesin tenaga besar 2.0 TFSI, mampu menghasilkan tenaga berlimpah 290 hp dari rentang putaran mesin 5.500 rpm hingga 6.200 rpm dengan torsi sebesar 380 NM pada rentang yang cukup lebar dari 1.800 rpm hingga 5.500 rpm serta konsumsi bahan bakar rata-rata hanya 6,9 liter per 100 km berkat transmisi automatic S Tronic.

Ditambah dengan konstruksi berbahan rigan dan casis kuat menggarisbawahi karakter dinamis mobil empat pintu tersebut. Dengan kekuatan mesin tersebut Audi S3 Sedan mampu melesat pada kecepatan hingga 100 km/j dari titik 0 dalam waktu hanya 4,9 detik dan top speed mampu mencapai 250 Km/j.

Mesin 2.0 TFSI-nya memiliki ciri khas sebuah mesin mobil sport dengan fitur unik terhadap suara knalpotnya yang bisa diubah sesuai keinginan si pengemudi sehingga mampu memberikan pengalaman lebih menyenangkan. Terutama pada mode dynamic, respon mesin bisa lebih langsung berkat perpindahan transmisi ganda yang sangat cepat.

Sistem turbo-nya juga ditingkatkan dengan menghasilkan tekanan hingga 1.2 bar dan tahan terhadap panas hingga 1.000 derajat celcius. Berikut dengan intercooler-nya yang juga sudah dimodifikasi sehingga mampu menurunkan udara panas sangat cepat sehingga mampu menghasilkan kualitas udara yang bagus untuk disalurkan kedalam ruang pembakaran dan menghasilkan tenaga yang mencengangkan.

Transmisi Super Cepat 6 Percepatan S Tronic

Transmisi telah didisain sedemikian rupa untuk mendapatkan performa yang sporty sehingga pengendara bisa memperoleh perpindahan gigi yang super cepat dan halus baik di mode D maupun di mode S atau bahkan dengan mode manual pada perpindahan gigi di stir menggunakan paddle shifts.

Fitur lainnya adalah pada start. Khusus pada model transmisi automatis S tronic telah menggunakan Launch Control sehingga mampu menyalurkan tenaga yang besar dari mesin ke ban tanpa ada gejala berdecit atau spinning.

Penggunaaan fitur quattro – penggerak empat roda permanen (permanent all-wheel drive) yang merupakan fitur standar Audi S3 Sedan memberikan performa tambahan lainnya terutama pada traksi, dinamis dan stabilitas.

Fitur yang baru saja diperbaharui ini diatur secara elektronik dan hidrolik terhadap transmisi gandanya yang disematkan tepat didepan gardan belakang sehingga memberikan distribusi beban yang efisien.

Dalam system ini kebanyakan tenaga disalurkan ke ban depan tetapi apabila traksi berkurang makan tenaga akan disalurkan ke ban belakang secara halus.

Rangka Alumunium dan Besi yang Super Kuat

Audi S3 Sedan ini tampil dengan sangat dinamis dalam pengendaliannya, itu berkat konstruksi super ringan yang terkenal dari Audi dengan beban kendaraan hanya seberat 1.430 kg. Penggunaan materi alumunium terdapat pada kap mesin.

Disainnya yang sangat atletis membuat Audi S3 Sedan ini terlihat sangat memukau. Garis pada kap mesin yang flat serta dibalut garis-garis tegas disekelilingnya membuat mobil terlihat lebih kokoh.

Dimensi panjangnya 4,4 meter dengan lebar 1,8 meter dan tinggi 1,4 meter. Sementara untuk wheelbase panjangnya 2,6 meter sehingga memberikan ruangan yang luas pada interior.

Bemper belakang dan spoiler juga telah disentuh ulang memberikan tampilan yang lebih atletis. Lampu belakang juga menggunakan teknologi LED. Ditambah diffuser memiliki tampilan alumunium berwarna abu-abu platinum dan empat corong oval knalpot belakang dibungkus warna krom.

Interior: Total Black

Desain interior Audi S3 Sedan dibalut warna hitam semua. Sementara untuk tombol-tombol pengaturan menggunakan nuansa tampilan alumunium. Untuk tampilan dashboard sendiri berwarna abu-abu gelap dengan tulisan berwarna putih.

Pada tachometer terdapat logo S3 tiga dimensi dan indicator untuk turbo boost-nya. Penggunaan lap timer pada system informasi pengendara sudah merupakan standar piranti. Semua itu menjanjikan tampilan MMI monitor dengan gaya khas S yang akan menyambut pengemudi seketika memulai kendaraan.

Multi Media Interface (MMI) Navigation Plus with MMI touch® (layar sentuh) dan fitur Connectivity Package (audio stream, bluetooth car phone text messaging dan email) memberikan kemudahan bagi si pengemudi untuk bisa menerima dan membalas pesan sms dan email melalui touch pad yang ada pada konsul tengah dengan terlebih dahulu menghubungkan perangkat handphone atau gadget lainnya ke fitur ini melalui Bluetooth.

Stir multifungsi dibungkus kulit dengan logo S3 menjadi fitur standar Audi S3 Sedan. Tempat duduk depan yang sporty dengan logo S3 pada headreast-nya mampu memeluk tubuh dengan maksimal sekaligus nyaman.

Standard fitur-fitur lainnya pada Audi S3 Sedan terdiri dari system alarm anti pencuri, air conditioner automatis, pemakaian lampu xenon plus. Mobil ini juga memberikan kenyamanan pada sisi bagasi di mana memiliki kapasitas hingga 390 liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *