Driving experience Volkswagen Tiguan 1.4L TSI

IMG_0854

Pada akhir pekan lalu, 13-14 September 2014 Volkswagen Indonesia mengajak OTOSL.com bersama keluarga ikut acara “Tiguan Safari 2014” menuju Taman Safari Indonesia di Kawasan Puncak Jawa Barat. Rombongan terdiri dari 10 mobil VW Tiguan yang terdiri dari 4 mobil untuk media, 4 mobil dari anggota Nuvolks, dan 2 mobil dari Volkswagen Indonesia.

Tentu saja acara ini menjadi kesempatan OTOSL.com untuk menjajal VW Tiguan 1.4L TSI dengan pengalaman berkendara (driving experience) bersama keluarga. Selayang pandang bodi VW Tiguan bisa dibilang sangat sederhana, tidak banyak lekukan, atau tampil minimalis tapi kenyamanannya yang luar biasa.

Yang unik dari VW Tiguan tipe Hiline ini, bodinya memasang lampu depan dengan model HID, sehingga tampilan mobil ini lebih mewah ditambah dengan ornamen krom. Apalagi dengan adanya daytime running light (DRL), mobil ini memberikan perbedaan diantara mobil SUV lainnya.

Tampilan grilnya sangat ikonik dengan logo VW yang besar seperti ingin menegaskan bahwa mobil ini Made in Germany.

Begitu sudah duduk di dalam mobil, yang terlihat secara langsung adalah bagian kemudi dan dashboard. Desain dashboardnya memang terasa biasa-biasa saja, tapi menawarkan sisi fungsional. Istilahnya ngga perlu ribet, yang penting letak tombol fitur-fitur yang dimilikinya sangat mudah dijangkau, dan dioperasikan.

Ruang kaki luas, dan segi kenyamanan kursinya juga bagus. Penyetelan kursi untuk maju mundur, ataupun pengaturan sandaran kursi sangat mudah. Penyetelan secara otomatis kaca spion juga mudah dilakukan, dan uniknya posisi tuas stelan spion di pintu kanan depan agak naik keatas, termasuk tuas penyetelan kaca jendelanya.

Oh ya.. mobil Tiguan 1.4L ini masuk kategori SUV (Sport Utility Vehicle) dengan kursi penumpang 5 orang. Pada kursi baris kedua dapat diisi 3 penumpang, namun dalam pengalaman berkendara kemarin kami membawa satu anak berusia 11 tahun sebagai penumpang dibelakang, tentu saja ruang kabin belakang terasa luas.

Bangku di bagian belakang bisa dimaju-mundurkan dan dilipat rata ke depan. Hal ini sangat membantu pengemudi jika memerlukan ruang bagasi yang lebih luas, apalagi saat keluarga belanja bulanan, piknik keluarga keluar kota, dijamin semua barang bawaan plus barang belanjaan semuanya bisa masuk.

Nah.. yang disukai oleh penumpang belakang bukan saja kenyamanan soal duduk dan kabin yang luas, tapi lebih dari itu, yaitu adanya colokan listrik hingga 230 Volt. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk charger smartphone seperti layaknya dirumah, sangat cepat dan tidak lemot seperti pakai power bank atau listrik 12 volt.

Dalam perjalanan, baik saat pergi dan pulang, kemudi VW Tiguan 1.4L TSI dipegang oleh istri. Sementara itu OTOSL duduk manis di sampingnya sebagai co-pilot.

Mengemudi dalam barisan konvoi 10 mobil tidak mudah, apalagi ketika membelah kemacetan walaupun sudah dibantu oleh mobil patwal. Dibutuhkan konsentrasi untuk mengatur jarak kendaraan agar konvoi tidak terbatas. Tapi untung saja sang-istri mampu mengatasi semua kendala dan tetap berada dalam konvoi.

Yang membuat betah dengan VW Tiguan 1.4L ini berkat dapupacunya yang sarat dengan teknologi canggih. Mesin yang diusung sangat kompak, hanya 1.390 cc 4-silinder TSI ditambah supercharger, turbocharger dan injeksi. Tentu saja tenaga dan akselerasinya benar-benar mantap, tembus 150 bhp dan torsi 240 Nm.

Untuk memudahkan akselerasi, mesin VW Tiguan 1.4L TSI menggunakan transmisi 6-speed DSG, bosan main diposisi D bisa bisa dipindahkan secara manual dan juga pindah ke mode sport. Yang tadinya terlihat kalem, tiba-tiba bisa berubah menjadi galak. Catatan akselerasi 0-100 km/jam bisa tembus 9.6 detik.

Tak heran istri OTOSL.com betah memacu WV Tiguan ini karena seluruh medan yang dilewati sangat mudah, mulai dari jalan tol yang digeber 140 KM/jam, kemudian membelah jalan macet ditanjakan, hingga memacu disetiap tikungan kebun teh. Semuanya terasa nikmat dan nyaman karena Tiguan sanggup melewati semua kondisi jalanan.

Saat dikemacetan, tombol Auto Start/Stop dapat dioperasikan dimana mesin Tiguan akan secara otomatis hidup dan mati. Teknologi ini merupakan bagian dari konsep Blue Motion. Ini sangat berguna untuk effisiensi bahan bakar saat mobil berhenti, mesin mobil akan mati secara otomatis, dan hidup kembali saat pengemudi injak gas.

One thought on “Driving experience Volkswagen Tiguan 1.4L TSI

  1. […] Safari 2014” lagi bersenan-senang ke Taman Safari Indonesia, Jawa Barat. Selain mendapatkan Driving Experience VW Tiguan, OTOSL.com bersama keluarga juga menikmati serunya berkendara VW di kawasan wisata Taman Safari […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *